Lingkar Perut Normal pada Anak, Ketahui Cara Menghitungnya

Sabtu, 25 Desember 2021 12:09 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Lingkar Perut Normal pada Anak, Ketahui Cara Menghitungnya ilustrasi anak. ©erwinreviews.com

Merdeka.com - Lingkar perut normal pada anak tentu berbeda-beda sesuai dengan usia dan postur tubuh mereka. Mengamati lingkar perut normal pada anak memang bisa dijadikan sebagai acuan untuk melihat optimalnya tumbuh kembang si kecil.

Selain lingkar perut, ada pula beberapa indikator fisik lain yang bisa dilihat. Seperti tinggi badan, berat badan, hingga lingkar kepala. Dengan mengacu beberapa indikator tersebut, para ibu bisa melihat apakah si kecil tumbuh sesuai dengan usianya atau tidak.

Lalu, berapa lingkar perut normal pada anak dan bagaimana cara menghitungnya? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman friso dan berbagai sumber, Jumat (24/12/2021):

2 dari 4 halaman

Lingkar Perut Anak

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa lingkar perut anak yang normal tergantung pada usia. Biasanya ukuran tersebut akan berubah sedikit demi sedikit seiring bertambahnya umur.

1. Usia 1 Tahun

Lingkar perut normal pada anak biasanya mulai bisa dihitung sejak si kecil berusia 1 tahun. Mengacu pada ukura standar, lingkar perut normal anak usia 1 tahun adalah 52 cm untuk laki-laki dan 43 untuk anak perempuan.

2. Usia 3 Tahun

Memasuki usia 3 tahun, lingkar perut anak biasanya akan mulai berubah. Pada usia ini, lingkar perut normal anak akan bertambah sekitar 2 cm menjadi 54 cm untuk anak laki-laki dan 45 cm untuk anak perempuan.

3. Usia 5 Tahun

Lingkar perut anak normal akan kembali mengalami perubahan saat memasuki usia 5 tahun. Di usia ini, ukurannya mungkin akan bertambah menjadi 55 cm pada anak laki-laki dan 48 cm untuk anak perempuan.

4. Usia 7 Tahun

Pada usia 7 tahun, lingkar perut normal anak juga akan mengalami peningkatan menjadi 56 cm untuk anak laki-laki, sementara anak perempuan menjadi 50 cm. Namun, ukurannya biasanya disesuaikan dengan tinggi dan berat badan anak.

5. Usia 9 Tahun

Ukuran lingkar pinggang anak akan kembali mengalami perubahan saat memasuki usia 9 tahun. Untuk anak laki-laki biasaya akan bertambah menjadi 59 cm. Sementara itu, anak perempuan menjadi 56 cm.

6. Usia 12 Tahun

Saat anak memasuki usia 12 tahun, artinya mereka akan segera memasuki usia remaja memiliki lingkar perut 60 cm untuk anak laki-laki dan 57 cm pada anak perempuan.

Namun, ukuran-ukuran tersebut hanyalah acuan ideal dan tak menutup kemungkinan setiap anak memiliki perbedaan. Hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor genetik.

3 dari 4 halaman

Cara Mengukur Lingkar Perut Normal

Berikut cara mengukur lingkar perut anak:

  1. Lepas pakaian anak
  2. Pastikan si kecil tidak menggunakan pakaian saat akan diukur lingkar perutnya
  3. Siapkan pita ukur atau meteran
  4. Ajak anak berdiri di depan Moms dalam posisi tegak dan rileks
  5. Cari tulang rusuk paling bawah dan tulang pinggang anak paling atas
  6. Tentukan bagian tengah antara kedua tulang, yaitu sejajar dengan pusar
  7. Tempatkan ujung meteran angka 0 pada spot yang sejajar dengan pusar
  8. Lingkarkan meteran ke tubuh si kecil
  9. Pastikan pita meteran melintang dalam posisi horizontal dan tidak menekan kulit perutnya
  10. Periksa nomor pada pita meteran di mana angka 0 bertemu dengan angka terakhir yang melingkar pinggang
  11. Angka terakhir tersebut merupakan ukuran lingkar pinggang atau perut si kecil

Tinggi Badan si Kecil

Selain lingkar perut, melihat optimal tidaknya tumbuh kembang anak juga bisa dilihat dari tinggi badan. Pada usia 1 tahun, tinggi badan ideal anak adalah sekitar 65 sampai dengan 70 centimeter. Sedangkan pada usia 2 tahun, tinggi badannya akan berada di kisaran angka 87 sampai dengan 94 centimeter.

Untuk ukuran tinggi badan sendiri sebenarnya akan sangat bergantung pada rangsangan yang diberikan pada si kecil. Bisa saja pada usia tersebut si Kecil memiliki tinggi badan yang kurang atau lebih dari angka tersebut.

Selama seilisihnya tidak terlalu besar, sebenarnya si kecil tetap dianggap memiliki tinggi badan yang ideal. Yang perlu dipastikan adalah bahwa si kecil tetap mengalami pertambahan tinggi badan dari tahun ke tahun. Sebab tinggi badan anak juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik.


4 dari 4 halaman

Lingkar Kepala

Satu lagi ukuran yang bisa menjadi acuan optimalnya tumbuh kembang anak adalah ukuran lingkar kepala. Ketika anak berusia 1 tahun, idealnya ukuran lingkar kepala yang dimiliki adalah 43 sampai dengan 46 centimeter.

Sedangkan ketika usianya menginjak 2 tahun, ukuran kepala anak adalah 44 sampai dengan 47 centimeter. Idealnya ukuran lingkar kepala ini akan bertambah sebanyak 2 centimeter setiap tahunnya. Ukuran lingkar kepala bisa menjadi acuan untuk melihat perkembangan ukuran otak.

Berbagai ukuran yang disampaikan di atas tentu sangat relatif dengan keadaan dan faktor genetik dari si Kecil. Ukuran yang disampaikan hanya sebagai acuan ideal saja sehingga tidak bisa dijadikan patokan pasti.

[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini