Langkah Penting yang Perlu Dilakukan Saat Alami Keluhan Usai Pergi dari Lokasi Vaksin

Kamis, 29 Juli 2021 13:23 Reporter : Billy Adytya
Langkah Penting yang Perlu Dilakukan Saat Alami Keluhan Usai Pergi dari Lokasi Vaksin Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS

Merdeka.com - Efek samping vaksin covid-19 pada setiap individu berbeda-beda tergantung terhadap sistem kekebalan tubuh masing-masing. Beberapa orang akan mendapati efek samping seperti demam hingga rasa nyeri pada bekas suntikan.

Namun tidak sedikit pula orang yang tak mendapatkan efek samping dari vaksin tersebut. Ini akan terjadi pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang bagus. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa efek samping ini sangatlah beragam bentuknya tergantung pada jenis vaksin yang diberikan.

Bagi Anda yang mendapati reaksi atau keluhan usai mendapatkan vaksin sebenarnya tak perlu khawatir. Seperti dikutip dari laman covid19.go.id, berikut adalah langkah penting yang perlu dilakukan saat alami keluhan atau efek samping setelah meninggalkan lokasi vaksinasi:

1. Tetap tenang.

2. Jika terjadi reaksi seperti nyeri, bengkak atau kemerahan di tempat suntikan, kompres dengan air dingin pada tempat suntikan tersebut.

3. Jika demam, kompres/mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih dan istirahat.

4. Jika dibutuhkan, minum obat sesuai anjuran petugas kesehatan.

5. Laporkan semua reaksi/keluhan yang terjadi setelah vaksinasi ke petugas kesehatan.

Untuk mengantisipasi terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius, sasaran diminta untuk tetap tinggal di tempat pelayanan vaksinasi selama 15 menit*) sesudah vaksinasi. [bil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini