Lakukan Langkah-Langkah Ini untuk Kembali Produktif Usai Libur Lebaran

Jumat, 29 Mei 2020 10:27 Reporter : Mutia Anggraini
Lakukan Langkah-Langkah Ini untuk Kembali Produktif Usai Libur Lebaran Ilustrasi bekerja di luar kantor. © PicJumbo

Merdeka.com - Lebaran memang menjadi momen menyenangkan. Sebab, lebaran merupakan waktu yang tepat untuk menyambung silaturahmi kepada sanak saudara. Selain itu, menikmati libur lebaran juga merupakan salah satu hal yang menyenangkan.

Namun, kini libur lebaran telah usai. Saatnya Anda dituntut untuk kembali produktif. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengembalikan semangat usai libur lebaran? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 7 halaman

Penuhi Waktu Istirahat Sebelum Memulai Aktivitas

dengan sarung bantal satin

© iStock

Dikutip dari Halodoc, langkah pertama yakni dengan mencukupi kebutuhan waktu istirahat sebelum memulai beraktivitas seperti biasanya. Apabila selama libur lebaran Anda memiliki waktu berlebih untuk tidur larut malam, namun kali ini Anda perlu untuk mengubah rutinitas.

Memang cukup sulit untuk mengembalikan rutinitas tidur yang normal dan sehat. Namun, waktu istirahat yang cukup akan membantu Anda lebih fokus untuk beraktivitas di pagi hari.

Selain itu, buat pikiran dan perasaan senang menjelang libur lebaran usai. Hal tersebut akan membuat semangat kembali hadir untuk memulai berbagai aktivitas yang produktif.

2 dari 7 halaman

Buat Jadwal Kegiatan

ilustrasi bekerja

©2019 Merdeka.com/Pexels

Untuk mengembalikan semangat dan produktivitas usai libur lebaran yakni dengan membuat jadwal kegiatan maupun pekerjaan. Sebab, pikiran yang telah cukup lama tidak digunakan untuk bekerja perlu membutuhkan adaptasi terlebih dahulu.

Tidak ada salahnya untuk membuat jadwal kegiatan untuk seharian penuh. Jadwalkan kegiatan yang membuat Anda lebih produktif maupun kegiatan yang harus diselesaikan sesegera mungkin.

Membuat jadwal pekerjaan dapat membantu meringankan proses adaptasi serta merangsang otak dan pikiran untuk kembali fokus dalam bekerja hingga akan membuat Anda lebih produktif.

3 dari 7 halaman

Mendengarkan Musik

musik

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Menciptakan suasana yang menyenangkan untuk beraktivitas juga perlu untuk dilakukan usai libur lebaran. Salah satunya yaitu dengan mendengarkan musik kesukaan.

Berdasarkan penelitian terkait, mendengarkan musik kesukaan dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih positif. Jadi, melakukan salah satu langkah ini tidak ada salahnya untuk mengembalikan semangat dan produktivitas Anda kembali.

4 dari 7 halaman

Ciptakan Lingkungan yang Menyenangkan

ilustrasi meja kerja

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/terekhov igor 

Hari pertama usai libur lebaran dapat Anda gunakan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung guna meningkatkan produktivitas. Salah satunya yakni dengan membersihkan lingkungan atau meja tempat Anda melakukan kegiatan yang produktif.

Lingkungan kerja yang bersih, rapi, dan tertata akan membuat pikiran lebih positif hingga membuat Anda dapat produktif kembali.

5 dari 7 halaman

Sapa Rekan Terdekat

ilustrasi bekerja di kantor

©Shutterstock.com/auremar

Apabila Anda memiliki rekan kerja atau rekan bersama untuk melakukan kegiatan produktif, tidak ada salahnya pula bagi Anda untuk menyapa rekan. Hal ini dapat membuat lingkungan kerja yang lebih menyenangkan bagi Anda.

Hal ini tentu juga dapat berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas Anda. Selain menyapa, Anda juga dapat bersikap baik terhadap orang lain di sekitar yang sering membantu pekerjaan Anda.

6 dari 7 halaman

Diskusi Kecil

ilustrasi bekerja

©Shutterstock.com/ Pressmasterv

Selain menyapa, Anda juga dapat memulai hari dengan mengobrol atau diskusi kecil tentang hal yang menyenangkan bagi Anda dan rekan. Bahkan, Anda juga dapat memulai diskusi dengan membahas pekerjaan yang akan dilakukan.

Berdiskusi kecil dengan orang lain akan meningkatkan fokus sehingga Anda akan lebih siap untuk kembali bekerja dan produktif. Sebab, diskusi mengenai berbagai hal akan membuat otak tetap siaga.

Apabila hal tersebut dirasa terlalu berat, Anda pun juga dapat berdiskusi kecil mengenai berbagai hal yang Anda dan rekan pahami seperti film, musik, hobi, dan lain sebagainya.

7 dari 7 halaman

Mulai Bekerja

010 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Langkah terakhir untuk meningkatkan produktivitas usai libur lebaran yakni dengan mulai bekerja. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih dan mengerjakan pekerjaan yang ringan serta mudah terlebih dahulu.

Namun, yang perlu diperhatikan yakni hindari untuk mengerjakan berbagai kegiatan dalam satu waktu. Pasalnya, hal ini justru dapat menurunkan kualitas dari pekerjaan yang sedang dilakukan.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini