Karier Naik Hingga Jadi Pejabat, Mantan Menteri Ini Rupanya Pernah Jadi Calon Tentara

Rabu, 10 Februari 2021 11:24 Reporter : Mutia Anggraini
Karier Naik Hingga Jadi Pejabat, Mantan Menteri Ini Rupanya Pernah Jadi Calon Tentara Kabinet Indonesia Maju. ©BPMI

Merdeka.com - Para pejabat yang masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi tentu memiliki latar belakang berbeda. Ada kisah menarik dari mantan menteri yang pernah mengisi kabinet periode 2019-2024.

Cerita ini tak lepas dari sosok Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio. Wishnutama ternyata pernah menempuh pendidikan militer.

Hal ini lah yang mengantarkan Wishnutama menjadi pribadi penuh percaya diri hingga memiliki sederet karier gemilang.

Seperti apa ceritanya? Berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 5 halaman

Karier Menanjak

Suami dari Gista Putri ini memiliki karier yang cemerlang di bidangnya. Berdasarkan informasi yang dihimpun, pekerjaannya di industri televisi Tanah Air diketahui berjalan mulus.

wishnutama

©2021 Merdeka.com/Instagram @wishnutama

Usai menempuh pendidikan di luar negeri, Wishnutama disebut bekerja sebagai Supervisor On Air Production, naik menjadi Executive Producer News and Production Divison, dan beralih menjadi Production Manager di salah satu TV swasta.

Tak berselang lama, ia dipercaya penuh untuk menjadi Kepala Divisi Produksi di TV swasta lain. Kemampuannya semakin terbukti tatkala ia menjabat sebagai Direktur Utama hingga Komisaris Utama sebuah TV swasta bergaya anak muda.

3 dari 5 halaman

Jadi Menteri

Tak berselang lama, Wishnutama dilirik oleh Presiden Jokowi. Ia ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di awal periode Jokowi menjabat sebagai Presiden yang kedua kalinya.

penampilan angela tanoesoedibjo kerja bareng wishnutama
Instagram/@angelatanoesoedibjo ©2020 Merdeka.com

Ia resmi menjabat pada tanggal 23 Oktober 2019 hingga keputusan besar Jokowi untuk melakukan reshuffle kabinet pada tanggal 23 Desember 2020 lalu. Wishnutama dicopot dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

4 dari 5 halaman

Tempuh Pendidikan Militer

Tak banyak yang tahu, mantan menteri yang satu ini rupanya jebolan pendidikan militer semasa muda. Usai lulus dari bangku sekolah menengah di Kooralbyn International School di Australia dan International School of Singapore, ia lantas memutuskan untuk berkuliah di Liberal Arts, Amerika Serikat.

wishnutama

©2021 Instagram/wishnutama

Ia mendapatkan ajaran militer ala barat di lembaga pendidikan The Military College of Vermont, Norwich University, Amerika Serikat. Di sana, pria berusia 50 tahun ini ditempa menjadi sosok yang berkarakter kuat.

5 dari 5 halaman

Pelajaran Berharga

Tama menyebut, ia mendapatkan banyak pelajaran berharga kala mendapatkan pendidikan militer ala Amerika Serikat. Hal ini diungkapkannya saat berbincang dengan salah satu staf khusus Presiden Jokowi, Putri Tanjung dalam kanal YouTube CXO Media.

mantan menteri ternyata pernah jadi calon tentara
YouTube CXO Media ©2021 Merdeka.com

"Selain fisik, sebenarnya apa sih secara mental, secara pelajaran, apa yang didapatkan mas?" tanya Putri.

"Ya, pertama adalah leadership, kepemimpinan. Yang kedua disiplin, ya kan. Ini kan juga tantangan zaman sekarang, bukan hal yang mudah apalagi disiplin di era sekarang kan berbeda dengan zaman dulu. [...] Lalu masalah loyalty (kesetiaan) ya kan, terus team work yang paling utama. Kalau dalam militer itu, team work adalah segala sesuatu," terang Tama. [mta]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini