Jawaban Menohok Nadiem Makarim Ditanya Kekayaan dan Gaji Menteri

Selasa, 3 Desember 2019 12:09 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jawaban Menohok Nadiem Makarim Ditanya Kekayaan dan Gaji Menteri Nadiem Makarim. ©2019 Instagram Kemdikbud RI

Merdeka.com - Program acara yang dipandu Najwa Shihab, Mata Najwa on Stage hadir di Semarang dengan topik Muda Berkuasa. Acara yang digelar pada Sabtu (30/11) lalu ini mengundang sederet sosok muda di jajaran pemerintahan Jokowi, salah satunya Mendikbud Nadiem Makarim.

Selain Nadiem Makarim, ada juga Jerry Sambuaga, Slamet Ariyadi dan Taj Yasin Maimeon. Sosok Nadiem menjadi sorotan, mantan bos Gojek ini mengejutkan masyarakat dengan dipilihnya dia menjadi Mendikbud.

Sebelum Nadiem menjadi menteri, dia dikenal sebagai sosok anak muda sukses dengan perusahaan start up-nya. Di usia 35 tahun, dia sudah berhasil mendirikan perusahaan sendiri dan masuk ke daftar orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia 2018.

Ditanya soal awal ditawari jabatan menteri oleh Presiden Jokowi, hingga perihal kekayaan dan gajinya, Nadiem memberi jawaban menohok.

1 dari 5 halaman

Tanggapan Awal Nadiem Saat Diminta Jadi Menteri

Di awal perbincangan, Najwa Shihab menanyakan bagaimana perasaan Nadiem setelah menjadi menteri yang belum genap satu bulan bertugas. "Awalnya saya grogi...," jawab Nadiem sambil tersenyum.

 /></p>
<p style=2019 Youtube Najwa Shihab

Obrolan berlanjut ke awal mula Nadiem ditawari jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh Presiden Jokowi. Nadiem menceritakan, dia banyak berpikir sebelum akhirnya menerima tawaran itu.

"Menurut saya, tak ada cara lain kita melakukan lompatan ke depan untuk negara ini, tanpa mencetak dan membentuk generasi berikutnya agar mereka kreatif, adaptif dan unggul di panggung dunia, bukan Indonesia aja. Kuncinya adalah pendidikan," jelas Nadiem disambut tepuk tangan penonton.

2 dari 5 halaman

Pentingnya Pendidikan Bagi Nadiem Makarim

Nadiem juga menceritakan bagaimana dia dan Presiden Jokowi berdiskusi soal beragam hal, dan selalu berujung ke persoalan SDM. Bagi Nadiem, menunjang SDM yang berkualitas pendidikan memiliki peran penting.

"Pendidikan bukan hanya di kelas saja. Orang tua, guru, murid, semuanya...," imbuh Nadiem.

Menurutnya, dibutuhkan ekosistem pendidikan yang mempuni untuk menciptakan SDM yang berkualitas.

"Sebuah ekosistem, bukan hanya sekolah saja ya?" tanya Najwa memastikan jawaban Nadiem.

Jawaban Nadiem membuat penonton bertepuk tangan.

3 dari 5 halaman

Cerita Nadiem dari GOJEK ke Kemendikbud

Seperti yang kita tahu, Nadiem tidak memiliki latar belakang di dunia politik, pemerintahan maupun pendidikan. Menjadi satu hal yang cukup mengejutkan ketika Nadiem ditunjuk menjadi Mendikbud menggantikan Muhajir Effendy.

Nadiem lantas menjelaskan bagaimana ia akhirnya berani melepas perusahaan yang membesarkan namanya, dan melawan ketakutannya untuk mencoba hal baru.


 /></p>
<p style=2019 Instagram Kemdikbud RI


"Saya cukup sedih ya meninggalkan (GOJEK), itu keluarga saya, dari mitra-mitra driver, tim saya sebelumnya, ya sedih. Terus terang, saya ada rasa takut melakukan sesuatu yang baru," ujar Nadiem.

Menteri termuda era Jokowi ini menambahkan, "Tapi setelah saya pikir lagi, menurut saya itu namanya keberanian, untuk bisa mengakui ketakutan tapi tetap bisa melangkah ke depan."

4 dari 5 halaman

Kekayaan Nadiem Makarim Sebelum Jadi Menteri

Sosok Nadiem sudah dikenal publik sebagai sosok anak muda yang sukses dan berprestasi. Lulusan Harvard Business School ini memulai kariernya sebagai konsultan hingga akhirnya mendirikan dan mengembangkan GOJEK sejak 2011.

Dari perusahaan start-up ini, Nadiem meraih banyak kesuksesan. Bahkan, ia masuk dalam daftar 100 tokoh masa depan dunia versi Majalah Time.

Tak hanya itu, Nadiem Makarim masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia tahun 2019. Total kekayaan mencapai US$100 juta atau sekitar Rp1.4 triliun.

5 dari 5 halaman

Jawaban Nadiem Soal Gaji Menteri

Dengan kekayaan yang dimiliki Nadiem, Najwa Shihab membandingkan dengan gaji yang diperoleh Nadiem saat jadi menteri.

"Gaji Menteri KEPRES Nomor 68 2001, Tunjangan Jabatan yang Diterima Menteri Negara Rp13.608.000 setiap bulannya, belum termasuk tunjangan lain yang nilainya berkisar ratusan juta," ungkap Najwa.


 /></p>
<p style=2019 Instagram Kemdikbud RI


Nadiem tersenyum mendengar fakta yang diungkap Najwa soal gaji menteri. Najwa kembali menanyakan, "Apa arti angka-angka ini bagi Nadiem?"

"Kalau mau jadi menteri untuk cari uang, mending nggak usah jadi menteri. Ya kalau mau jadi menteri ya melayani," jawab Nadiem dengan percaya diri dan disambut tepuk tangan penonton.

"Yang penting dalam kehidupan kita, belum lengkap kepemimpinannya kalau belum melayani," imbuh Mas Menteri, Nadiem Makarim.

[snw]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini