Jangan Asal Klik Link di HP, Cewek ini Menangis Seharian Rekening Banknya Dibobol

Rabu, 18 Mei 2022 09:59 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Jangan Asal Klik Link di HP, Cewek ini Menangis Seharian Rekening Banknya Dibobol Wanita Jadi Korban Pembobolan Rekening. Tiktok/@callme_syu ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kejahatan pembobolan rekening kembali terjadi. Kali ini, korbannya ialah seorang wanita yang sembarangan meng-klik link tautan di ponselnya.

Karena hal sepele tersebut, korban pun harus kehilangan uang senilai Rp16 juta di rekeningnya.

Video merekam momen wanita menangis tersedu-sedu setelah mengetahui saldo di rekeningnya terus berkurang. Kejadian itu viral beredar di media sosial. Simak ulasan selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Rekening Bank Dibobol Gara-Gara Link

Kasus kejahatan pembobolan rekening memang cukup sering terjadi. Para pelaku biasanya punya banyak cara untuk mencuri data dan kemudian dimanfaatkan guna menguras tabungan korban.

Salah satu cara yang marak dilakukan ialah melalui nomor HP. Hal ini dikarenakan nomor biasanya terhubung dengan akun perbankan, seperti mobile banking dan internet banking.

Jika pelaku berhasil mendapatkan data korban seperti nomor rekening, user ID, dan lain sebagainya, maka mereka akan dengan mudah menggasak uang korban.

Hal itulah seperti yang terjadi pada wanita satu ini. Asal meng-klik tautan link yang dikirim ke nomor ponselnya, ia justru berakhir kehilangan tabungan senilai Rp16 juta di rekening.

wanita jadi korban pembobolan rekening

Tiktok/@callme_syu ©2022 Merdeka.com [khu]

Baca juga:
Ngadu Uang Pembatalan Tiket Dikembalikan 50%, Ini Tindakan Tegas Bos PO Haryanto
Kata-Kata Bijak tentang Melamun, Jadikan Sumber Inspirasi untuk Jalani Kehidupan
Bang Jago Bawa Mobil Pakai Strobo Ugal-ugalan di Jalan, Ditilang Nunduk & Minta Maaf

3 dari 4 halaman

Viral Video Wanita Menangis Usai Kehilangan Uang

Video yang merekam potret wanita tersebut tengah menangis setelah menyadari uangnya mendadak menghilang dari rekening dibagikan oleh akun Tiktok @callme_syu, dan menjadi viral di media sosial.

wanita jadi korban pembobolan rekening

Tiktok/@callme_syu ©2022 Merdeka.com

Pemilik akun pun menceritakan kronologi bagaimana temannya tersebut bisa tertipu hingga harus kehilangan tabungannya. Disebutkan, bahwa awal kejadian itu bermula ketika korban asal meng-klik link tautan yang mengatasnamakan bank milik korban.

Dalam pesan tertulis bahwa pihak bank akan melakukan pembaharuan biaya transaksi, sehingga meminta korban untuk mengupdate data melalui link yang dikirim.

Tak disangka, usai korban memasukkan beberapa data yang diminta otomatis mobile banking miliknya pun langsung terkena hack. Kemudian, saldo di rekeningnya pun perlahan mulai berkurang.

4 dari 4 halaman

Komentar Netizen

Setelah mengetahui saldo rekeningnya terus berkurang, korban pun langsung histeris. Wanita tersebut tak berhenti menangis dan menyalahkan dirinya sendiri. Terlebih uang tersebut diketahui bukan miliknya, namun milik sepupunya.

"Ga tega lihat dia yang terus terusan nyalahin diri sendiri," tulis keterangan video.

wanita jadi korban pembobolan rekening
Tiktok/@callme_syu ©2022 Merdeka.com

Usai dibagikan, unggahan itupun langsung ramai mendapat komentar dari warganet. Hal ini tentu menjadi pelajaran bagi semua orang untuk lebih bijak dan berhati-hati memberikan informasi mengenai data pribadi.

"Ini salah satu alasan kenapa aku gak pernah mau angkat telpon dari no yg tidak dikenal , apalagi sampai disuruh klik link," kata @noranov***

"Karena maraknya kejadian begini, aku buka rekening khusus yg ga pake mbanking, dan kartu atm ny ga pernah aku bawa bawa di tinggal aja di rumah, jdi emg punya rekening yg buat nabung gt, klo buat transaksi pake rekening lain dan nominalnya ga terlalu besar cukup untuk sebulan gt, takut aja kejadian di hack begini begini," ungkap @sefya***

"Yuk semua lebih hati-hati lagi skrg orang-orang makin ada aja cara nyurinya. Lebih baik waspada apalagi terkait data pribadi jangan asal kasih ke orang lain," kata @gupin***

"Nah.. pentingnya jgn suka main asal isi link sembarangan. info yg dishare ga selalu benar jd mesti ada waspadanya jgn terlalu percaya sama siapapun/apapun," kata @hifatt***

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini