Inilah Amalan Malam Nuzulul Quran Beserta Keutamaannya

Kamis, 7 Mei 2020 08:07 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Inilah Amalan Malam Nuzulul Quran Beserta Keutamaannya INDONESIA RAMADHAN. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Amalan malam Nuzulul Quran bisa dijadikan sebagai motivasi bagi umat Islam. Khususnya untuk mengamalkan pedoman yang tertulis dalam Al-Quran. Bagi yang belum tahu, Nuzulul Quran merupakan hari di mana wahyu pertama Al-Quran diturunkan.

Untuk itu, tidak lengkap rasanya bila umat Islam tidak membaca Al-Quran di malam Nuzulul Quran. Tak heran, amalan malam Nuzulul Quran mampu membuat orang muslim bisa lebih memaknai salah satu hari terpenting dalam sejarah umat Islam.

Berikut amalan malam Nuzulul Quran yang dilansir dari Liputan6.com, Kamis (7/5/2020).

1 dari 6 halaman

Amalan Malam Nuzulul Quran: Istiqomah

Amalan malam Nuzulul Quran yang pertama yakni istiqomah. Tentu saja, sebagai umat Islam, kalian harus mengisi malam Nuzulul Quran dengan amalan-amalan baik. Salah satunya dengan istiqomah membaca Al-Quran.

Al-Quran sendiri merupakan pedoman utama bagi seluruh umat Islam di dunia. Al-Quran untuk pertama kalinya diwahyukan atau diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Maka dari itu, sebaiknya kalian bisa khatam membaca Al-Quran selama di Bulan Ramadhan. Minimal, kalian bisa khatam Al-Quran satu kali.

2 dari 6 halaman

Iktikaf

Iktikaf merupakan amalan malam Nuzulul Quran yang bisa dilakukan selanjutnya. Layaknya amalan malam Lailatul Qadar, saat Nuzulul Quran kalian juga bisa melakukan iktikaf. Iktikaf sendiri merupakan berdiam di dalam masjid dengan syarat tertentu dan niat beribadah semata-mata hanya untuk Allah SWT.

masjid at taqwa bekasi

©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Ini adalah momen di mana umat Islam bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Terdapat beberapa syarat yang harus dilakukan sebelum melakukan iktikaf. Adapun syarat untuk sahnya iktikaf seperti, beragama Islam, baligh, dan memiliki niat iktikaf. Selain itu, iktikaf juga harus dilakukan di masjid, baik itu di masjid jami' ataupun di masjid biasa.

3 dari 6 halaman

Perbanyak Bacaan Doa

Kemudian, amalan malam Nuzulul Quran yang bisa kalian lakukan yakni perbanyak bacaan doa. Dengan melakukannya, kalian bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tidak hanya itu, memperbanyak bacaan doa juga bisa membuat kalian lebih menghayati betapa pentingnya Nuzulul Quran. Apalagi, Nuzulul Quran merupakan peristiwa diturunkannya Al-Quran yang di mana menjadi pedoman utama bagi umat Islam.

4 dari 6 halaman

Perbanyak Salat Malam

Selain ketiga amalan tersebut, terdapat satu lagi amalan Nuzulul Quran yang bisa diterapkan. Memperbanyak salat malam merupakan amalan malam Nuzulul Quran berikutnya.

ilustrasi salat

©Shutterstock

Untuk melakukan salat malam, kalian bisa tidur terlebih dahulu setelah menunaikan salat tarawih dan tadarusan. Saat menjelang sahur atau tengah malam, kalian bisa bangun kembali. Tujuannya tentu untuk menunaikan salat malam. Dengan melakukannya, kalian bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memaknai Nuzulul Quran sebagai hari terpenting.

5 dari 6 halaman

Keutamaan Membaca Al-Quran di Malam Nuzulul Quran

Di malam Nuzulul Quran terdapat beberapa keistimewaan yang bisa diperoleh oleh umat Islam. Salah satunya yakni mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlimpah. Alih-alih berdiam diri di rumah, lebih baik kalian memperbanyak membaca Al-Quran.

Tahukah kalian, hikmah membaca Al-Quran di malam Nuzulul Quran yakni mendapatkan pahala serta syafaat di hari kiamat. Dari Abu Umamah Al Bahili ra, Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi,

Bacalah Alquran. Sesungguhnya Alquran kelak akan datang pada Hari Kiamat untuk memberikan Syafa’at kepada penganutnya”. (Hadist Riwayat Muslim).

Lalu dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi

Barangsiapa yang membaca satu huruf dalam Kitabullah (Alquran) maka ia akan memperoleh 1 kebaikan. Satu kebaikan itu nantinya akan dibalas dengan 10 kali lipatnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim Satu Huruf, tetapi alif Satu Huruf, Lam satu huruf dan mim satu huruf”. (Hadist Riwayat Tirmidzi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Al-Quran merupakan cahaya dan petunjuk yang memang telah dijelaskan dalam firman Allah SWT di Al-Quran, Surat Asy Syura ayat 52,

Dan demikianlah kami wahyukan kepadamu Wahyu (Alquran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu. Namun kamu menjadikan Alquran itu cahaya, yang kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba kami dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus” (QS Asy-Syura: Ayat 52).

6 dari 6 halaman

Keistimewaan Membaca Al-Quran

Keistimewaan membaca Al-Quran berikutnya yakni sebagai obat dan Rahmat. Informasi lebih jelasnya telah dituliskan dalam firman Allah SWT di Al-Quran, Surat Al-Israa ayat 82,

Dan kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidak lah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (QS Al-Isra: Ayat 82).

bertadarus alquran di masjid agung sanaa

©2020 AFP/MOHAMMED HUWAIS

Kemudian, dijelaskan pula dalam firman Allah SWT di Al-Quran, Surat Yunus ayat 57,

Hai Manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhan mu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit yang berada di dalam dada, petunjuk, dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS Yunus: ayat 57).

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini