Inilah Alat Pertahanan Buatan Indonesia yang Dipamerkan Menhan Prabowo

Rabu, 4 Desember 2019 10:25 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Inilah Alat Pertahanan Buatan Indonesia yang Dipamerkan Menhan Prabowo Pameran Alutsista 2019. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Halaman kantor Kementerian Pertahanan dipenuhi berbagai jenis peralatan pertahanan atau alutsista, pada Selasa (3/12). Alutsista itu dalam rangka Pameran Produk Industri Pertahanan Swasta Dalam Negeri 2019. Menhan, Prabowo Subianto hadir dan membuka acara tersebut.

Prabowo didampingi Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono, dan Kepala Staf Angkatan Darat dan Laut, membuka pameran tersebut.

pameran alutsista 2019

©2019 Twitter Kemenhan RI

Pameran ini digelar oleh Perkumpulan Industri Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan Nasional (Pinhantanas). Pameran ini dimaksudkan untuk membangun kepercayaan pada pelaku industri swasta dalam negeri (BUMS) dalam penyediaan alutsista.

Prabowo dan rombongan juga menyempatkan diri untuk berkeliling meninjau jenis-jenis produk pertahanan yang dipamerkan. Apa saja produk-produk yang dipamerkan? Berikut kami telah rangkumkan beberapa di antaranya:

1 dari 5 halaman

Produk Bom P-100 dari PT. Sari Bahari

Bom menjadi salah satu alutsista penting dalam pertahanan dan keamanan. Di pameran produk ini, ada satu produk bom yang menarik perhatian. Stafsus Menhan, Danhil Anzar berpose di samping peraga bom ini.

pameran alutsista 2019

2019 PT. Sari Bahari

Bom P-100 adalah bom buatan PT. Sari Bahari Malang, beratnya mencapai 100-125 kilogram dengan panjang 1.100 milimeter dan berdiameter 273 milimeter.

pameran alutsista 2019

2019 Twitter Danhil A. Simanjuntak

Bom ini biasa digunakan untuk latihan pilot perang dengan standar pesawat Rusia. Ketika ditembakkan dari pesawat, bom ini akan menghasilkan asap putih tebal yang memudahkan pilot untuk mengoreksi keberhasilan tembakan.

2 dari 5 halaman

Produk Bom P-100 Live dari PT. Dahana

Selain produk bom P-100 dari PT. Sari Bahari, PT. Dahana juga memamerkan produk bom P-100L mereka. Secara ukuran, P-100L tak jauh berbeda dari P-100 milik PT. Bahari.

Bedanya, P-100L termasuk dalam jenis High Drags General Purpose (HDGP) yang mampu meledakkan dan menghancurkan pondasi gedung dan bunker. Bahkan, bom ini juga mampu menghancurkan area yang luas.


pameran alutsista 2019

2019 PT. Dahana

Kalau P-100 milik PT. Sari Bahari bisa digunakan untuk pesawat dengan standar Rusia, P-100L lebih cocok untuk pesawat jenis Sukhoi dan bisa digunakan untuk pesawat tempur lainnya.

3 dari 5 halaman

Produk Missil Target Drone Jalak

PT. Sari Bahari tidak hanya memamerkan produk bom saja. Mereka juga memajang Missil Target Drone yang diberi nama Jalak. Missil berbentuk seperti pesawat kecil ini memiliki berat kurang lebih 30 kilogram.


pameran alutsista 2019

2019 PT. Sari Bahari

Kecepatan tembak missil ini mencapai 360 kilometer per jam dan disertai parasut untuk pendaratannya. Missil ini merupakan pesawat tanpa awak yang digunakan untuk mencari target atau sasaran.

Missil tanpa awak ini mampu ditargetkan untuk mencari sasaran di daerah panas, dan dilengkapi dengan launcher Hydraulic Pneumatic.

4 dari 5 halaman

Kendaraan Jihandak Zeni TNI AD

Tak hanya memamerkan peralatan perang dan senjata saja, pameran alutsista ini juga menampilkan kendaraan berat yang digunakan untuk pertahanan dan keamanan, salah satunya Jihandak Zeni TNI AD.


pameran alutsista 2019

2019 PT. Merpati Wahana Raya

Kendaraan ini adalah produksi PT. Merpati Wahana Raya, dan merupakan solusi pelengkap untuk tim Jihandak (Penjinakan Bahan Peledak). Kendaraan ini dilengkapi dengan evakuasi, proteksi, disposal, deteksi dan alat bantuk jihandak lainnya.

Rancangan kendaraan ini juga dibuat spesifik untuk mempermudah pekerjaan teknisi penjinak bahan peledak. Salah satunya seperti solusi antisipasi taktis dan operasional dalam menghadapi ancaman peledak.

5 dari 5 halaman

Produk Perlengkapan Senjata KOMODO

Selain memamerkan peralatan perang dan pertahanan jarak jauh, pameran alutsista kali ini juga memamerkan perlengkapan senjata jenis KOMODO.

Mulai dari bagian-bagian senapan, seperti Carbine Adjustable Butt Stock, Mount System, KM1 Grip, hingga peluru. Perlengkapan senjata ini berfungsi untuk memperkuat tembakan.


pameran alutsista 2019

2019 Twitter Danhil A. Simanjuntak

[snw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini