Inilah 6 Bos Mafia Paling Kejam dan Haus Darah di Luar Amerika Serikat

Jumat, 20 Desember 2019 15:51 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Inilah 6 Bos Mafia Paling Kejam dan Haus Darah di Luar Amerika Serikat Penangkapan El Chapo. ©Reuters

Merdeka.com - Berbicara mengenai kejahatan terorganisasi seperti mafia, sebagian besar masyarakat langsung tertuju pada Amerika Serikat. Bagaimana tidak, di kawasan ini ada sejumlah nama pemimpin yang bahkan identik dengan kebengisan mereka.

Namun, hampir semuanya nyaris lolos dalam kejaran polisi. Salah satu yang paling terkenal dan melegenda yaitu Al Capone. Tak hanya ada di kawasan Amerika Serikat. Buktinya ada begitu banyak mafia yang tersebar di seluruh dunia.

Lantas siapa saja bos mafia paling kejam dan haus darah tersebut? Langsung saja simak informasinya berikut ini.

2 dari 7 halaman

El Chapo Guzman

Joaquin 'El Chapo' Guzman, pria asal Meksiko inilah yang bertanggung jawab atas perang antar kelompok sepanjang 2007 lalu. Akibat perbuatannya tersebut, setidaknya ada lebih dari 100 ribu orang tewas, termasuk warga negara Amerika Serikat.

El Chapo juga diketahui menjadi pemimpin kartel Sinaloa, jaringan pemasok narkoba paling berkuasa di dunia. Bahkan, disebut-sebut El Chapo memiliki akses untuk mengancam presiden Meksiko.

chapo
Reuters

El Chapo juga telah berkali-kali mendekam di balik jeruji besi, namun sebanyak itu juga dirinya berhasil kabur. Mengingat betapa licik dan cerdasnya El Chapo untuk keluar dari penjara, Badan Anti-Narkotika Amerika Serikat (DEA) langsung meningkatkan kewaspadaan.

Berkat El Chapo juga, situasi di perbatasan kedua negara tersebut jadi meregang. El Chapo sendiri merupakan mafia narkoba paling diburu DEA selama dua dekade terakhir. Sejak lama juga, Amerika Serikat menuntut pemerintah Meksiko untuk mengekstradisi El Chapo.

3 dari 7 halaman

Dawood Ibrahim

mafia berbahaya dari luar amerika serikat
The Richest dari Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Dawood diduga menjadi pemimpin dari organisasi kriminal 'D-Company'. Sekaligus sebagai pengendali sistem keuangan hawala, memungkinkan pengiriman uang tanpa bisa dilacak oleh pemerintah. Tak berhenti di situ, Dawood juga diduga menjadi dalang di balik insiden rangkaian ledakan bom di Bombay tahun 1993.

Tak hanya sekali, sejumlah ledakan besar mengguncang Bombay. Akibatnya setidaknya 257 orang meninggal dunia dan 717 orang lainnya mengalami cidera. Rangkaian ledakan besar itu juga menjadi insiden paling menghancurkan dalam sejarah India.

4 dari 7 halaman

Dario Antonio

mafia berbahaya dari luar amerika serikat
The Richest dari Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Dari semua aksi penyelundupan, ada nama 'Otoniel' yang paling terkenal bagi kalangan mafia narkoba. Dario Usuga alias Otoniel merupakan pemimpin organisasi penyelundupan narkoba terbesar di Kolombia. Selain itu, Usuga juga dipandang sebagai penyelundup narkoba paling licin dan belum pernah masuk ke dalam penjara.

Usuga dan anak buahnya dilaporkan telah menyebarkan zat haram itu setidaknya selama 2 tahun. Parahnya, mereka menyebarkannya di setiap minggu. Keuntungan total yang diperolehnya ditaksir mencapai USD60 juta atau Rp840 miliar untuk setiap minggunya. Diketahui pula Usuga menggunakan geng lokal untuk melakukan pemerasan serta pembunuhan pada siapa saja yang menghalanginya.

5 dari 7 halaman

Osiel C

mafia berbahaya dari luar amerika serikat
The Richest dari Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Ada dua kandidat terkuat yang akan menggantikannya yaitu, Osiel dan sahabat baiknya, Salvador Gomez. Karena tidak mau ambil pusing, Osiel menembak kepala Gomez untuk mengambil kursi kosong tersebut. Akibat insiden inilah yang membuat Osiel mendapatkan julukan 'Sang Sahabat Pembunuh'.

Di bawah kekuasaannya, Kartel Teluk mulai berani merekrut mantan anggota militer Meksiko untuk menjadi tentara pribadi. Dengan kekuasaannya itu, kartel ini sukses mengerahkan 20 ton kokain setiap bulannya.

6 dari 7 halaman

Salvatore Riina

mafia berbahaya dari luar amerika serikat
The Richest dari Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Julukan tersebut sangat cocok menilik sepak terjangnya di dunia mafia ini. Riina telah mencapai kekuasaan pada 1970an, ketika Sisilia menjadi tumpuan dari perdagangan heroin. Sejak menjadi tokoh utama dunia kejahatan, Riina tidak segan-segan untuk membunuh siapa saja dengan dalih agar bisa melanjutkan kegiatannya dalam melawan hukum.

Tak hanya itu, strategi permainan Riina juga terlihat begitu cantik. Saat dedengkot mafia tampil di muka umum dengan terlihat bersama para pejabat, Riina memilih di belakang layar. Bukan berleha-leha, tindakannya tersebut sejalan dengan strategi yang sedang dibangunnya. Ketika Riina membunuh sejumlah pimpinan polisi, politisi dan media, media akan lebih berfokus pada mafia yang sebelumnya tengah dekat pada para korban.

7 dari 7 halaman

Sandra Avila Beltran

mafia berbahaya dari luar amerika serikat
The Richest dari Liputan6.com 2019 Merdeka.com

Jangan pernah meremehkannya, sebab Sandra akan selalu menggunakan taktik keji untuk menghabisi lawannya. Bahkan, dua mantan kekasihnya, dua mantan kapten polisi yan menjadi pengedar narkoba telah dihabisinya secara misterius.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini