Indonesia Batal Tampil di Pildun U-20, Eks Pelatih Spanyol U-23 Beri Pesan Mendalam

Jumat, 31 Maret 2023 15:58 Reporter : Thomas Wardhana
Indonesia Batal Tampil di Pildun U-20, Eks Pelatih Spanyol U-23 Beri Pesan Mendalam Pelatih baru Persib, Luis Milla. ©2022 laman resmi Persib Bandung/ Merdeka.com

Merdeka.com - Batalnya gelaran Piala Dunia U-20 2023 Indonesia menarik simpati dari banyak pihak. Salah satunya dari mantan pelatih Timnas Indonesia dan Spanyol U-21, Luis Milla.

Pelatih yang kini menukangi Persib Bandung tersebut prihatin karena kesempatan Indonesia unjuk gigi di mata dunia harus pupus.

Luis Milla juga sempat memberi motivasi dan pesan kepada anak asuhnya di Persib Bandung yang memperkuat Timnas U-20 Indonesia.

Kecintaanya dengan Indonesia nampak dari komentarnya terhadap nasib Indonesia yang batal tampil di Piala Dunia U-20 2023. Bagaimana ulasan selengkapnya? Simak informasi berikut ini.

2 dari 4 halaman

Kesedihan Luis Milla

FIFA resmi membatalkan gelaran Piala DUnia U-20 2023 di Indonesia. Dalam laman resminya, FIFA mengumumkan mencoret Indonesia sebagai tuan rumah gelaran dua tahunan tersebut.

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla turut mengomentari keputusan tersebut. Milla menyebut bahwa berita itu menjadi kabar buruk bagi sepak bola Indonesia.

"Bagi saya negara ini sudah menjadi negara kedua saya, dan saya sangat sedih. Ini kabar yang sangat buruk bagi Indonesia karena gagal menyelenggarakan Piala Dunia U-20," ucap Luis Milla, Kamis (30/3) di Bandung.

3 dari 4 halaman

Beri Motivasi Anak Asuhnya

Beberapa anak asuhnya di Persib Bandung tergabung sebagai punggawa Timnas U-20, di antaranya Robi Darwis, Kakang Rudianto, dan Ferdiansyah.

Milla berharap para pemainnya masih dapat mendapatkan karier yang cemerlang di masa depan.

"Tetapi hidup harus berlanjut dan pemain muda seperti Robi Darwis, Kakang Rudianto, dan Ferdiansyah masih punya karier yang panjang," ujar Luis Milla.

Lebih lanjut mantan pemain Barcelona dan Real Madrid itu juga memberi pesan kepada ketiga pemainnya itu. Ketiganya masih memiliki masa depan yang panjang termasuk di Timnas Indonesia.

"Mereka harus dimotivasi dan mengontrol pikirannya karena masih menjadi bagian dari Persib. Sebagai pelatih, saya harus memberi dukungan bagi mereka saat ini," tambah Luis Milla.

"Saya yakin Kakang, Robi dan Ferdi akan melakukan tugasnya dengan baik dan memainkan laga dengan sangat bagus jika dimainkan dalam sisa laga kami di Liga 1. Saya yakin itu," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Timnas U-20 Batal Tampil di Piala Dunia U-20 2023

Kabar dibatalkannya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menjadi sorotan semua pihak di tanah air.

Polemik yang berkembang sejak 2 minggu terakhir tersebut lantaran keikutsertaan Timnas Israel U-20 di edisi tahun ini. Banyak penolakan hingga berujung ancaman menjadi sorotan utama FIFA.

Pertemuan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar pada Kamis (30/3) nyatanya tak membuahkan hasil.

Dalam pernyataanya, FIFA resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Menyusul pertemuan hari ini (29/3/2023) antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," tulis keterangan FIFA.

Dalam waktu dekat, badan otoritas sepak bola dunia itu akan segera mengumumkan tuan rumah pengganti. Menurut info yang berkembang, Argentina terdepan menjadi calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia.

[thw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini