Imbas Corona, Begini Situasi Kabah & Masjidil Haram Jelang Idul Adha

Kamis, 30 Juli 2020 12:32 Reporter : Kurnia Azizah
Imbas Corona, Begini Situasi Kabah & Masjidil Haram Jelang Idul Adha Begini Situasi Kabah dan Masjidil Haram Jelang Idul Adha. Twitter hsharifain ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Idul Adha menjadi sebuah perayaan membahagiakan bagi umat Islam. Hari raya yang diperingati sebagai peristiwa kurban, yakni saat Nabi Ibrahim AS dengan ikhlas bersedia mengorbankan putranya, Ismail untuk Allah SWT.

Namun, rupanya itu hanya ujian keimanan dari Allah kepada Ibrahim. Allah lantas mengganti Ismail dengan seekor domba untuk disembelih menjadi kurban. Sejak itu, setiap 10 Dzulhijjah umat muslim merayakan Idul Adha.

Namun, Idul Adha tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebabnya, dunia tengah dilanda pandemi Covid-19. Kota suci Makkah pun ditutup oleh pemerintah Saudi dari pelaksanaan Umrah dan Haji. Meski begitu, bagi warga lokal alias masyarakat Saudi diperkenankan melaksanakan haji dengan sejumlah syarata.

Lantas bagaimana kondisi dan situasi Kabah dan Masjidil Haram menjelang Idul Adha tahun ini? Berikut ulasannya:

1 dari 7 halaman

Jarak Antar Shaf dalam Tawaf

Melansir dari Makkah Live, setiap jemaah diharuskan menjaga jarak minimal dua meter saat prosesi Tawaf. Menjelang Idul Adha, hanya menerima seribu orang saja demi mencegah penyebaran virus Covid-19.

Selain itu, jemaah juga wajib mengenakan masker. Para penjaga selalu siap mengawasi ritme kecepatan, supaya tetap konsisten dalam menjaga jarak.

begini situasi kabah dan masjidil haram jelang idul adha

Twitter hsharifain ©2020 Merdeka.com

Dikutip dari unggahan video Haramain Sharifain di Twitter yang viral di berbagai media sosial menampilkan situasi Kabah dan Masjidil Haram yang baru pertama kali menerapkan cara baru tersebut.

"Tawaf yang luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya di Masjid Al Haram dilakukan oleh Hujjaj hari ini di Hari Tarwiyah," tulis dari akun Twitter hsharifain.

2 dari 7 halaman

Jarak Antar Shaf saat Salat

begini situasi kabah dan masjidil haram jelang idul adha

Instagram makkah__madinah ©2020 Merdeka.com


Sama halnya dengan tempat ibadah salat, setiap jemaah tetap harus menjaga protokol kesehatan dengan menjaga jarak. Telah disediakan minuman botol di beberapa titik, supaya tidak ada antrian saat mengambil air zam-zam.

Melansir dari akun Instagram makkah__madinah, melalui unggahan insta story nampak umat Islam yang menjalankan ibadah salat kala itu tak sanggup menahan deru air mata.

3 dari 7 halaman

Pembatasan Jumlah Jemaah di Arafah dan Lempar Jumrah

begini situasi kabah dan masjidil haram jelang idul adha

Twitter hsharifain ©2020 Merdeka.com


Keberadaan Kabah di luar ruangan, tak menjadi kekhawatiran yang besar untuk menampung seribu jemaah. Sedangkan dalam proses lempar jumrah diwajibkan tidak lebih dari 50 jemaah per kelompok.

Kemudian selama bermalam di Arafah dan Muzdalifah, tidak lebih dari 10 orang di setiap tenda yang berukuran 50 meter persegi. Pihak Masjidil Haram telah berusaha mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19 dengan sangat apik.

4 dari 7 halaman

Syarat Menjadi Jemaah Haji di Masa Pandemi

jemaah haji tawaf menjaga jarak di masjidil haram

©2020 Saudi Ministry of Media/Handout via REUTERS


Melihat kondisi dunia saat ini yang masih rawan dengan wabah corona, sejatinya belum bisa menerima semua umat Islam untuk menjalani ibadah Haji maupun Umrah.

Sehingga dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Saudi, menyampaikan beberapa syarat, yakni warga lokal atau ekspatriat. Serta mayoritas jemaah berusia kurang dari 65 tahun, dan memiliki riwayat kesehatan yang bagus, atau tidak memiliki penyakit bawaan yang mengkhawatirkan.

5 dari 7 halaman

Kabah Diguyur Hujan Deras

begini situasi kabah dan masjidil haram jelang idul adha

Instagram makkah__madinah ©2020 Merdeka.com

Menjelang Idul Adha, Masjidil Haram kembali diguyur hujan sangat deras sekitar Kamis 23.20 waktu Makkah. Terlihat potret petir menyambar di dekat Makkah Royal Clock Tower, serta dekat bukit di samping tenda.

begini situasi kabah dan masjidil haram jelang idul adha

Instagram makkah__madinah ©2020 Merdeka.com

6 dari 7 halaman

Pergantian Kiswah

begini situasi kabah dan masjidil haram jelang idul adha

Instagram makkah__madinah ©2020 Merdeka.com


Malam itu juga dilakukan prosesi pergantian Kiswah atau kain hitam yang selama ini menutupi Kabah. Pada waktu yang bersamaan dengan menginap di Arafah, para pekerja mengganti Kiswah di bawah guyuran hujan deras.

7 dari 7 halaman

Video Live Makkah

Berikut video situasi jemaah umat Islam menjalankan tawaf mengelilingi Kabah di masa pandemi menjelang Idul Adha.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini