Hipertiroid Adalah Penyakit Disebabkan Produksi Hormon Berlebih, Ini Penjelasannya

Senin, 11 Januari 2021 10:44 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Hipertiroid Adalah Penyakit Disebabkan Produksi Hormon Berlebih, Ini Penjelasannya Ilustrasi Penyakit Tiroid. ©health.clevelandclinic.org

Merdeka.com - Hipertiroid adalah penyakit yang disebabkan karena kadar hormon tiroid terlalu tinggi di dalam tubuh. Hipertiroid atau yang bisa disebut juga dengan hipertiroidisme merupakan kondisi di mana tubuh kelebihan hormon tiroid yang mengakibatkan gejala berupa jantung berdebar, tangan gemetar, dan berat badan yang turun dengan drastis.

Kelenjar tiroid sendiri terletak di bagian depan leher, yang berperan sebagai penghasil hormon tiroid. Hormon tersebut, berfungsi untuk mengendalikan proses metabolisme, seperti mengubah makanan menjadi energi, mengatur tubuh, serta mengatur denyut jantung.

Ketika kadar hormon tiroid dalam tubuh terlalu tinggi, maka proses metabolisme akan berlangsung semakin cepat dan memicu berbagai gejala. Untuk itu, jika muncul beberapa gejala hipertiroid, perlu untuk segera dilakukan penanganan untuk mencegah efek lain yang bisa ditimbulkan. Berikut informasi selengkapnya dilansir dari Alodokter dan berbagai sumber:

Baca Selanjutnya: Gejala Hiperteroid...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini