Hindari 3C Ini, Anjuran WHO untuk Cegah Covid-19 dengan Menciptakan Lingkungan Aman

Kamis, 25 November 2021 17:30 Reporter : Kurnia Azizah
Hindari 3C Ini, Anjuran WHO untuk Cegah Covid-19 dengan Menciptakan Lingkungan Aman Ilustrasi masker. ©PixabayShutterstock

Merdeka.com - Sejak pandemi Covid-19, banyak sektor kehidupan yang mengalami perubahan. Selain aspek kesehatan, masyarakat mulai menyesuaikan diri dengan perubahan ekonomi, sosial, serta pembangunan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Perkembangan menapaki kehidupan baru atau new normal, menjadi tantangan yang harus dihadapi bersama. Termasuk disiplin terhadap 5M serta menerima vaksin, menjadi tanggung jawab setiap orang. Hingga pandemi benar-benar bisa dinyatakan usai.

Melansir dari kanal resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyarankan untuk menjadikan lingkungan kita lebih aman. Apalagi jika pekerjaan atau aktivitas yang memaksa untuk harus bertemu orang lain.

Risiko terpapar Covid-19 lebih tinggi di tempat yang ramai serta ventilasi yang tidak memadai. Di mana orang akan lebih mudah terinfeksi kala menghabiskan waktu bersama, dalam jarak dekat dan cukup lama.

Sejumlah wabah Covid-19 dilaporkan terjadi di tempat di mana orang-orang berkumpul. Acap kali terjadi di ruangan yang ramai dengan orang yang saling berbicara dengan keras, bernapas berat atau bernyanyi. Sebut saja kelas kebugaran, klub malam, restoran, latihan paduan suara, kantor dan tempat ibadah.

Demi membuat lingkungan Anda lebih aman, WHO menganjurkan untuk menghindari 3C, yakni closed, crowded, dan close contact.

Maksudnya, hindari ruang yang tertutup, ramai atau melibatkan kontak fisik jarak dekat. Sebaiknya temui orang-orang di luar ruangan. Pertemuan di luar ruangan lebih aman daripada di dalam. Apalagi jika ruangan kecil dan akses udara luar susah masuk.

Apabila tidak bisa menghindari keramaian atau dalam ruangan, lakukan tindakan pencegahan lain. Anda bisa membuka jendela untuk meningkatkan jumlah udara alami dari luar, serta tetap mengenakan masker. [kur]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini