Hasil Skor Jepang vs Jerman

Hasil Skor Jepang vs Jerman & para Pemain Terbaik Samurai Biru

Kamis, 24 November 2022 12:15 Reporter : Thomas Wardhana
Hasil Skor Jepang vs Jerman & para Pemain Terbaik Samurai Biru Timnas Jepang. Instagram japanfootballassociation ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Timnas Jepang secara mengejutkan mampu menekuk Juara Dunia 2014 Jerman dengan skor 2-1 di Matchday 1 Grup E Piala Dunia, Rabu (24/11) kemarin.

Sempat tertinggal 1 gol melalui penalti Ilkay Gundogan (33') di babak pertama, Samurai Biru mampu comeback dalam kurun waktu 8 menit melalui gol Ritsu Doan (75') dan Takuma Asano (83').

Secara statistik, Jepang kalah segalanya dari Jerman. Tim Samurai Biru hanya mampu meraih 26 persen penguasaan bola, berbanding 74 persen penguasaan bola dari Jerman.

prediksi jerman vs jepang
Instagram japanfootballassociation ©2022 Merdeka.com

Kai Havertz dkk juga lebih unggul dalam hal percobaan tembakan ke gawang dengan total 26 tembakan berbanding 12 milik Jepang. Total 9 tembakan ke arah ke gawang dikumpulkan Jerman dengan hanya menghasilkan 1 gol melalui titik putih. Jepang hanya mampu mencetak 4 tendangan ke gawang namun lebih efektif dengan mencetak 2 gol.

Kemenangan Jepang bukan terjadi secara kebetulan. Kerja keras para pemain Jepang menjadi faktor keberhasilan Samurai Biru dalam mengungguli Der Panzer. Berikut adalah 5 pemain Terbaik Jepang berdasarkan rating WhoScored pada laga menghadapi Jerman.

2 dari 6 halaman

1. Shuichi Gonda - 7,66

timnas jepang
Instagram fifaworldcup ©2022 Merdeka.com

Shuichi Gonda menjadi Man of The Match pada laga Jepang vs Jerman. Kiper yang bermain untuk Shimizu S Pulse tersebut meraih rating paling tinggi dari pemain Jepang lain.

Jerman tercatat melepaskan 26 tembakan ke gawang Timnas Jepang dengan 9 shots on target. Shuichi Gonda menggagalkan 8 di antaranya.

Satu-satunya tembakan yang tidak mampu digagalkan adalah tendangan penalti Ilkay Gundogan. Gawang Jepang kebobolan pada menit 33'.

Koper berusia 33 Tahun tersebut membayar kepercayaan Hajime Moriyasu dengan penampilan impresifnya dalam menahan gempuran para pemain Timnas Jerman.

Gonda lebih dipercaya menjaga gawang Samurai Biru meski ada nama Eiji Kawashima yang lebih berpengalaman.

3 dari 6 halaman

2. Ritsu Doan - 7,47

timnas jepang
Instagram doanritsu ©2022 Merdeka.com

Ritsu Doan dianggap sebagai pembuka keran gol Timnas Jepang. Golnya di menit 75' tak hanya menyamakan kedudukan, namun juga menciptakan momentum bagi Timnas Jepang untuk membalikan keadaan.

Gelandang yang bermain di SC Freiburg tersebut masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Ao Tanaka pada menit ke-71.

Penampilan Ritsu Doan terbilang spartan terutama saat membantu serangan melalui sisi sayap pertahanan Jerman.

Statistik mencatat bahwa eks pemain PSV tersebut hanya mampu melepaskan 1 tembakan ke arah gawang Timnas Jerman dan berbuah gol. Kedisiplinannya menjaga ritme, membuatnya layak menjadi pemain kunci bagi Jepang.

4 dari 6 halaman

3. Ko Itakura - 7,34

timnas jepang
Instagram japanfootballassociation ©2022 Merdeka.com

Berduet bersama Maya Yoshida di bek tengah, Ko Itakura tampil lugas dalam menghalau setiap serangan Der Panzer.

Ko Itakura beberapa kali mengunci pergerakan dua penyerang Jerman, Kai Havertz dan Jamal Musiala. Tampak ia sering membayangi pergerakan dua pemain tersebut saat mencoba masuk ke daerah pertahanan Jepang.

Secara statistik, stopper Borussia Monchengladbach tersebut mencatatkan 3 tekel dan 7 sapuan. Dia juga melakukan jebakan offside sebanyak 2 kali.

Ko Itakura juga membantu Timnas Jepang membobol gawang Jerman lewat 1 assist. Dia mengirim umpan gol kepada Takuma Asano pada menit 83'.

5 dari 6 halaman

4. Wataru Endo - 7,24

timnas jepang
Instagram endowataru ©2022 Merdeka.com

Wataru Endo menjadi pemain tengah tersibuk di Timnas Jepang. Serangan sporadis Tim Der Panzer beberapa kali mampu ia baca.

Peran Wataru Endo semalam adalah menjaga keseimbangan di lini tengah dan belakang. Ia beberapa kali juga memberikan umpan terupas ke sisi sayap Jepang.

Gelandang bertahan VfB Stuttgart tersebut mencatatkan 4 tekel, 1 intersep dan 3 sapuan dalam mengawal pertahanan Timnas Jepang. Dia dua kali memblok serangan lawan.

Pada menit 73', Wataru Endo juga melepaskan umpan jarak jauh ke kotak penalti yang hampir berbuah gol. Tapi sepakan Daichi Kamada masih digagalkan Manuel Neuer.

6 dari 6 halaman

5. Junya Ito - 7,11

timnas jepang
Instagram 1409junya ©2022 Merdeka.com

Winger lincah yang bermain untuk Reims di Ligue 1, Junya Ito tampil mengesankan sepanjang laga. Pergerakannya sering merepotkan para bek Timnas Jerman.

Pada laga menghadapi Jerman, Ito dipasang sebagai Fullback kanan dan sering berduel dengan David Raum dan Antonio Rudiger.

Sepanjang pertandingan, Junya Ito melepaskan 2 umpan kunci 1 tembakan. Bahkan, pada awal babak pertama umpannya hampir berbuah assist jika Daizen Maida tak terjebak offside.

Aksi bertahan Junya Ito juga cukup mengagumkan. Dia membukukan 2 tekel, 2 intersep dan 2 sapuan.

[thw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini