Hasil Lengkap Penelitian Jambu Biji Jadi Kandidat Terampuh Obati Virus Corona

Jumat, 20 Maret 2020 08:50 Reporter : Addina Zulfa Fa'izah
Hasil Lengkap Penelitian Jambu Biji Jadi Kandidat Terampuh Obati Virus Corona ilustrasi jambu biji. ©www.healthyfoodadvice.net

Merdeka.com - Virus corona yang tengah mewabah membuat banyak negara berusaha untuk mengatasinya. Berbagai penelitian dilakukan untuk mencari tahu vaksin yang ampuh menangkal virus tersebut.

Para ilmuwan di Indonesia pun sedang berusaha meneliti berbagai bahan alami untuk menangkal virus corona (covid-19), salah satunya yaitu jambu biji. Jambu biji dikabarkan menjadi kandidat ampuh untuk mencegah virus corona. Berikut penelitian lengkapnya.

1 dari 6 halaman

Penelitian UI dan IPB

ilustrasi penelitian

Â2012 Shutterstock/Levent Konuk

Dilansir dari ui.ac.id, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) tengah mengembangkan penelitian tentang jambu biji yang dipercaya dapat mencegah virus corona atau covid-19.

Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MM, Dekan Fakultas Kedokteran UI menjelaskan bahwa jambu biji memiliki kandungan senyawa yang cukup lengkap untuk menangkal penyebaran virus corona atau covid-19.

"Dari riset bioinformatika, kandungan dalam jambu biji mampu mencegah atau paling tidak mengurangi virus tersebut," kata Ari dikutip dari ui.ac.id.

Berdasarkan hasil penelitian, dalam jambu biji, terdapat golongan senyawa yang berpotensi untuk mencegah atau menghambat virus corona (covid-19), di antaranya esperidia, rhamnetin, kaempferol, kuersetin dan myricetin.

2 dari 6 halaman

Membutuhkan Pemeriksaan Lanjutan

Meski demikian, Ari menegaskan bahwa hasil penelitian tersebut masih membutuhkan pemeriksaan lanjutan guna mengetahui komponen yang tepat untuk pengobatan virus corona atau covid-19.

Ari mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di antaranya mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bagi yang sakit dan menerapkan etika batuk dan bersin.

3 dari 6 halaman

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

ilustrasi jambu biji

Shutterstock/irabel8

Jambu biji memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Jambu biji pun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan di antaranya:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jambu biji diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, terdapat penelitian yang mengatakan jika kandungan vitamin c dalam jambu lebih banyak daripada vitamin c pada buah jeruk.

Menjaga Kesehatan Mata

Jambu biji juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi jambu biji dapat menyehatkan mata dan timbulnya gangguan pada mata.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Risiko Infeksi dan Peradangan

ilustrasi diare

Shutterstock.com/ Alliance

Vitamin c yang terdapat dalam buah jambu tak hanya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga dapat mengurangi risiko infeksi dan peradangan.

Mengatasi Diare

Manfaat jambu biji lainnya yaitu dapat membantu mengatasi diare. Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

5 dari 6 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

darah

2015 Merdeka.com/shutterstock

Jambu biji memiliki sifat antioksidan. Sifat antioksidan tersebut dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dengan cara memperlebar pembuluh darah.

Menurunkan Kolesterol

Jambu biji mengandung kalium dan kaya akan serat. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Mengatasi Diabetes

ilustrasi diabetes

Shutterstock/travellight

Manfaat selanjutnya dari jambu biji yaitu dapat mengatasi diabetes. Hal ini karena serat yang tinggi dalam jambu biji dapat meminimalisir kandungan gula yang menumpuk di tubuh.

Mencegah Demam Berdarah

Biasanya, pasien demam berdarah akan disarankan untuk mengonsumsi jambu biji. Hal ini karena sari dari buah jambu memiliki sifat anti virus yang dapat menghambat pertumbuhan virus dengue.

Mencegah Kanker

Kandungan zat antioksidan, fitonutrien dan flavoid pada biji jambu biji dapat membantu mencegah kanker. Vitamin C dalam jambu biji juga berperan penting untuk manfaat yang satu ini. [add]

Baca juga:
Wabah Corona dan Suasana Kampus UI yang Tak Biasa
Mendikbud Nadiem Makarim Negatif Covid-19
Cegah Corona, Keuskupan Agung Jakarta Gelar Misa Harian & Mingguan Secara Online
Menko Mahfud Usul Pelanggar Aturan Pemerintah Terkait Corona Diberikan Sanksi
Mendagri Tito Sindir Gubernur Banten: Pantai Carita Padat, Rawan Penularan Corona
Kasus Positif Corona di Depok Bertambah Jadi Sembilan Orang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini