Goyang Istana, Ini Profil Farel Prayoga yang Nyanyikan Ojo Dibandingke Depan Jokowi

Kamis, 18 Agustus 2022 09:52 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Goyang Istana, Ini Profil Farel Prayoga yang Nyanyikan Ojo Dibandingke Depan Jokowi Farel Prayoga tampi di HUT ke-77 Kemerdekaan RI. ©2022 Istimewa

Merdeka.com - Perayaan peringatan HUT RI ke-77, di Istana Negara, Rabu (17/8), berjalan meriah. Para pejabat dan tamu undangan tampak bergoyang saat anak Banyuwangi, Farel Prayoga, menyanyi membawakan lagu "Ojo Dibandingke" yang viral di berbagai kanal media sosial.

Presiden Jokowi tampak terkekeh. Ekspresi wajahnya penuh kegembiraan. Tampak juga Ibu Negara, Iriana, bergoyang santai. Bahkan para menteri seperti Menteri Pertahanan Prabowo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah, Menteri BUMN Erick Thohir, para seniman diundang, dan tamu undangan lainnya turun mendampingi dan terlihat asyik bergoyang bersama Farel.

Lantas siapakah Farel Prayoga yang nyanyikan Ojo Dibandingke di depan Presiden Joko Widodo? Melansir dari berbagai sumber, Kamis (18/8), simak ulasannya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Siswa Sekolah Dasar

farel prayoga

©2022 Merdeka.com/Liputan6.com

Bocah kelahiran Banyuwangi pada 8 Agustus 2010 ini dikenal memiliki suara khas dangdut koplo Jawa Timur. Tidak jarang, orang-orang terkesan dan kagum atas penampilan Farel Prayoga yang berhasil menyanyikan lagu-lagu dangdut jawa.

Apalagi diketahui Farel merupakan siswa Sekolah Dasar kelas VI. Penyanyi cilik ini bersekolah di SDN 2 Kepundungan, Kecamatan Srono. Ia tinggal di Dusun Sumberjo, Desa Kepundungan, Kecamatan Srono.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bangga melihat Farel yang tetap tenang dan tidak grogi tampil di depan Presiden Jokowi dan tamu kehormatan.

"Saya lihat semua enjoy. Menteri-menteri pun ikut berdendang. Terima kasih semuanya telah mengapresiasi talenta seni Banyuwangi," ujar Ipuk saat dihubungi.

3 dari 5 halaman

Tampil di Banyuwangi Art Week

farel prayoga yang nyanyikan ojo dibandingke di depan jokowi
Instagram farelprayoga__official ©2022 Merdeka.com

Rupanya sebelum tampil di Istana Negara, pada Senin malam (15/8), Farel tampil di penutupan Banyuwangi Art Week di Gelanggang Seni Budaya (Gesibu) Banyuwangi. Farel menghibur di ajang untuk membangkitkan sektor UMKM dan ekonomi kreatif Banyuwangi tersebut.

"Senin malam tampil di Banyuwangi, Rabu pagi di Istana Negara. Warga Banyuwangi bangga. Terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mengundang Farel ke Istana Negara," paparnya.

"Ini menunjukkan kekuatan seni-budaya daerah. Talenta seni Banyuwangi tidak pernah ada habisnya. Sebelumnya ratusan anak muda Banyuwangi juga diundang tampil dalam upacara detik-detik Proklamasi di Istana pada 2017," imbuh Ipuk.

4 dari 5 halaman

Seniman dari Pelosok Bisa Berkarya

farel prayoga yang nyanyikan ojo dibandingke di depan jokowi
Instagram farelprayoga__official ©2022 Merdeka.com

Lebih lanjut Ipuk mengatakan, penampilan Farel menunjukkan bahwa dengan kekuatan digital, semua seniman dari berbagai pelosok daerah bisa berkarya. Farel sendiri viral di media sosial atau kanal YouTube.

"Saat ini, tidak harus ke Jakarta untuk bisa jadi musisi terkenal. Peluang untuk berkarya sekarang semakin mudah. Tidak seribet dulu. Industri musik semakin mudah dimasuki. Kalian punya karya lagu, bisa masuk ke Youtube, bisa dimasukkan ke Spotify. Dari sana jika lagunya digemari, ada pendapatan yang masuk," ujar Ipuk.

"Seperti Farel yang juga sempat viral di Youtube karena penampilannya membawakan lagu Ojo Dibandingke. Semoga tambah sukses untuk Farel," pungkas Ipuk.

5 dari 5 halaman

Perjalanan Karier Farel Prayoga

farel prayoga yang nyanyikan ojo dibandingke di depan jokowi

Instagram farelprayoga__official ©2022 Merdeka.com

Farel mengawali karier sebagai musisi alias penyanyi jalanan. Ia kerap kali mengamen di sejumlah tempat. Seiring berjalannya waktu, seorang produser musik melirik bakat yang ada pada diri Farel Prayoga. Hingga akhirnya manajemen Wandra mengajak Farel untuk berkolaborasi memproduksi lagu.

Tidak tanggung-tanggung, video-video yang menampilkan Farel Prayoga sudah ditonton hingga berjuta-juta orang di akun YouTube Aneka Safari Record. Karena hal inilah, lambat laun mampu membawa nama Farel Prayoga terangkat dan semakin dikenal masyarakat luas.

Salah satu prestasi yang patut dibanggakan yaitu bisa menjadi salah satu pengisi acara dalam perayaan peringatan HUT RI ke-77, di Istana Negara, Rabu (17/8). Bahkan, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana terlihat sangat menikmati penampilan Farel Prayoga. Saking menikmatinya, Iriana sampai berjoget kala Farel menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke'.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini