Gejala Kanker Usus Besar Stadium Awal dan Pencegahannya dengan Alami

Selasa, 14 Januari 2020 15:05 Reporter : Kurnia Azizah
Gejala Kanker Usus Besar Stadium Awal dan Pencegahannya dengan Alami Ilustrasi kanker usus besar. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Juan Gaertner

Merdeka.com - Gejala kanker usus besar stadium awal patut Anda waspadai, termasuk jenis tumor ganas yang tanda-tandanya sering diabaikan. Penyakit kanker usus besar atau kanker kolorektal merupakan penyakit ganas yang menyerang rectum dan usus besar (kolon).

Memiliki gejala ringan seperti nyeri pada perut, darah pada feses, kelelahan, anemia, selera makan menurun, dan berat badan berkurang.

Di Amerika didapatkan insiden kanker terbanyak yang hampir sama kasusnya dengan negara-negara lain. Insiden terbanyak menurut American Cancer Society (ACS) tahun 2017, kanker payudara, kanker paru, kanker prostat, kanker kolorektal (usus besar), dan seterusnya.

Sebagian besar kanker usus besar dialami oleh para lanjut usia. Namun berdasarkan perkembangannya dengan banyaknya makanan cepat saji dan lingkungan hidup yang tidak sebersih zaman dahulu, kanker usus besar juga menimpa anak muda. Berdasarkan data Surveillance, Epidemiology and End Result (SEER) Programme, dewasa muda usia 20–29 mengalami peningkatan kasus kanker usus besar hingga 2,4 persen.

1 dari 8 halaman

Gejala Kanker Usus Besar Stadium Awal

1. Sakit Perut Tiba-Tiba, Datang dan Pergi

Munculnya rasa sakit perut mendadak yang kadang datang lalu sembuh, selang beberapa jam sakit lagi namun tidak tahu penyebabnya. Sakit perut yang hebat, bisa jadi sebagai pertanda ada masalah di pencernaan hingga batu empedu.

Periksalah ke dokter bila sakit perut ini berkepanjangan dan sesekali datang tiba-tiba tanpa sebab yang pasti.

2. Perut Kram, Kembung, dan Nyeri

Selain sakit perut yang berlebihan, terkadang merasakan perut kram seperti kencang ototnya, juga kembung seperti kosong padahal sudah makan, serta nyeri.

Ketidaknyamanan kronis pencernaan mulai muncul sebagai tanda ada yang tidak beres di dalam perut.

2 dari 8 halaman

3. Tekstur Feses Berubah

Gejala kanker usus besar selanjutnya ialah feses yang berubah-ubah teksturnya. Terkadang feses Anda terlalu padat atau keras hingga menyebabkan sembelit, kemudian kadang terlalu encer hingga menyebabkan diare.

Merasa sesudah buang air besar (BAB) seperti belum lega selesai dibuang semuanya dari dalam. Serta adanya perubahan warna feses yang berbeda dari biasanya.

Perhatikan pula bentuk feses, pernahkah mengalami bentuk memanjang seperti pensil? Penghalang di usus besar memaksa feses berubah bentuk memanjang berusaha melewatinya. Ketika merasa bentuknya aneh atau berserabut, segera periksa diri Anda secara medis.

3 dari 8 halaman

4. Refluks Asam

Gejala kanker usus besar stadium awal ketika asam yang dihasilkan dalam perut naik ke tenggorokan. Dimana posisi katup bawah esofagus tidak tertutup sempurna. Naiknya asam akan membuat penderita merasa panas di bagian dada.

5. Anus dan Feses ada Darahnya

www.scarysymptoms.com


Gejala kanker usus besar stadium awal selanjutnya ialah anus berdarah dan ada bercak darah di tinja. Jika hanya sedikit kemungkinan ada ambeien kecil atau sobekan kecil di dalam yang tidak terlalu berbahaya.

Perlu segera Anda konsultasikan ketika darah sudah nampak banyak dan berwarna gelap. Tidak semua orang yang mengalami kanker usus besar akan mengalami gejala ini, sehingga apabila Anda sudah merasakan gejala yang lain, bisa konsultasikan dahulu secara medis untuk memastikan kesehatan Anda.

4 dari 8 halaman

6. Konstipasi Selama 4 Minggu

Apakah Anda pernah mengalami konstipasi atau susah buang air besar? Mungkin setiap orang sudah pernah mengalaminya. Namun bagaimana rasanya bila konstipasi atau susah buang air besar hingga 4 minggu.

Berawal dari tinja yang sebenarnya lembut, namun tertahan oleh tumor di ujung rectum hingga tinja menjadi keras dan susah keluar.

5 dari 8 halaman

Gejala Kanker Usus Besar Stadium Lanjut

  • Sering BAB namun tidak lega dan tuntas.
  • Mudah lelah.
  • Perubahan bentuk tinja lebih dari sebulan.
  • Berat badan turun drastis.
6 dari 8 halaman

Gejala Kanker Usus Besar Bila Sudah Menyebar

Ketika kanker usus besar atau kanker kolorektal sudah menyebar ke bagian tubuh lain, akan muncul tanda seperti:

  • Pandangan kabur
  • Sakit kuning (ikterus)
  • Sakit kepala
  • Patah tulang
  • Sesak napas
  • Pembengkakan pada lengan dan tungkai.
7 dari 8 halaman

Segera Periksa ke Dokter

Anda dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ketika sudah mengalami beberapa hal berikut,

  • Mengalami perubahan bentuk dan warna tinja.
  • Sering BAB tidak tuntas.
  • BAB berdarah
  • Mengalami diare atau sembelit berulang.
8 dari 8 halaman

Pencegahan Kanker Usus Besar dengan Alami

Pentingnya pola hidup sehat demi menjaga sistem pencernaan dan tubuh Anda. Beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan sebagai pencegahan kanker usus besar, adalah

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayur.
  • Berhenti merokok.
  • Olahraga secara rutin.
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol.


Pemeriksaan skrining bisa Anda lakukan sebagai antisipasi apabila memiliki keluarga dengan riwayat kanker usus besar dan atau mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas. Terutama bagi yang usia lanjut, terkadang gejala dianggap penyakit lain biasa.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dalam menjaga pola hidup sehat dan kewasadaan terhadap gejala kanker usus besar stadium awal dan pencegahannya dengan alami.

[kur]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini