Gara-gara Jalan Rusak Menuju Persalinan, Wanita Ini Melahirkan di Pinggir Jalan

Rabu, 1 Desember 2021 06:47 Reporter : Mutia Anggraini
Gara-gara Jalan Rusak Menuju Persalinan, Wanita Ini Melahirkan di Pinggir Jalan Ibu Hamil Melahirkan di Pinggir Jalan. Instagram/@memomedsos ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menanti buah hati lahir ke dunia merupakan suatu kebahagiaan yang tak terkira bagi setiap pasangan orangtua. Begitu pula yang dirasakan oleh seorang ibu bernama Venita Ngedes (26).

Venita yang tengah menantikan kelahiran buah hati keduanya justru harus mengalami kejadian tak terduga. Niat hati ingin melakukan persalinan di fasilitas kesehatan terdekat, Venita justru terpaksa melahirkan di pinggir jalan.

Hal itu semata-mata disebut karena akses jalan yang dilaluinya rusak cukup parah. Akibatnya, mobil tak mampu mendekat dan membawa dirinya ke lokasi.

Venita terpaksa ditandu oleh warga setempat hingga tak kuasa menahan untuk melahirkan di perjalanan. Seperti apa cerita selengkapnya? Berikut ulasannya.

2 dari 4 halaman

Ibu Hamil Dibantu Warga

Beberapa waktu lalu, beberapa foto yang diunggah pada akun Instagram @memomedsos cukup menyita perhatian publik. Di tengah area hijau penuh semak belukar, nampak sejumlah warga tengah menggotong tandu yang membawa Venita Ngedes.

ibu hamil melahirkan di pinggir jalan
Instagram/@memomedsos ©2021 Merdeka.com

Tepat di pinggir jalan dalam kondisi berlubang yang digenangi air, semua mata tertuju pada seorang Venita. Momen tersebut berubah menjadi kian menegangkan usai Venita terpaksa melahirkan di pinggir jalan dan menjadi pusat perhatian.

Momen tersebut diketahui terjadi di Kampung Ba'ang, Desa Golo Ndari, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada Senin (29/11/2021) pukul 14.00 WITA.

3 dari 4 halaman

Perjalanan ke Puskesmas Terdekat

Tak pernah terbayang di benak Venita, ia harus melahirkan anak keduanya di pinggir jalan. Sebelumnya, Venita dibantu oleh warga untuk menuju ke tempat perhentian mobil ambulans milik Puskesmas Datak.

Mobil ambulans tak memiliki banyak pilihan selain menunggu kedatangan Venita lantaran tak mampu memasuki perkampungan. Sebab, akses jalan menuju perkampungan Ba'ang yang berjarak 6 km dari Puskesmas Datak cukup rusak parah.

ibu hamil melahirkan di pinggir jalanInstagram/@memomedsos ©2021 Merdeka.com

Penuh perjuangan, sejumlah pria yang membantu Venita tersebut pun harus berjalan kaki menempuh perjalanan berjarak 4 km.

"Karena jalan jelek sekali, mobil tidak bisa masuk," ucap bidan Puskesmas Datak Ernesty Suharni, dikutip dari keterangan unggahan.

4 dari 4 halaman

Melahirkan di Jalan

Setelah menempuh perjalanan cukup panjang, Venita tak mampu lagi menahan rasa sakit. Mengalami kontraksi hebat, Venita lantas ditepikan ke bahu jalan.

ibu hamil melahirkan di pinggir jalanInstagram/@memomedsos ©2021 Merdeka.com

Beruntung, kedua bidan yang turut di dalam mobil ambulans pun segera menghampiri sekaligus membawa peralatan bersalin.

Akhirnya, Venita dibantu kedua bidan Puskesmas Datak untuk melakukan persalinan di pinggir jalan. Venita pun berhasil melahirkan buah hati keduanya dengan selamat.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini