Fungsi Obat Antibiotik Bukan untuk Flu, Wajib Ketahui Alasan & Efeknya

Senin, 2 Agustus 2021 10:39 Reporter : Kurnia Azizah
Fungsi Obat Antibiotik Bukan untuk Flu, Wajib Ketahui Alasan & Efeknya Ilustrasi antibiotik. ©Shutterstock.com/the goatman

Merdeka.com - Antibiotik adalah kelompok obat yang dikenal juga sebagai antibakteri. Fungsi obat antibiotik adalah membunuh atau memperlambat pertumbuhan bakteri berkembang biak. Oleh sebab itu, antibiotik tidak mengatasi infeksi akibat virus, seperti seperti pilek, flu, dan sebagian besar batuk.

Sejatinya infeksi akibat bakteri tergolong ringan dan mampu pulih dengan sendirinya. Sementara antibiotik termasuk obat kuat, sehingga penggunaannya harus dengan anjuran dokter. Selain parahnya kondisi infeksi, ada sejumlah pertimbangan lain untuk pasien mengonsumsi antibiotik.

Sehingga dokter akan menyesuaikan dosis dengan keadaan pasien. Dalam kondisi tertentu, ada pasien yang akan mengalami efek samping ataupun resistensi antibiotik karena berlebihan. Mengobati pasien dengan antibiotik menyebabkan mikroba beradaptasi atau mati.

Artikel ini akan membahas fungsi obat antibiotik lainnya. Simak ulasannya berikut seperti dilansir dari berbagai sumber, Senin (2/8).

Baca Selanjutnya: Antibiotik Adalah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini