Foto-foto Presiden Jokowi saat Pemakaman Ibunda Tercinta, Masuk ke Liang Lahat

Jumat, 27 Maret 2020 09:15 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Foto-foto Presiden Jokowi saat Pemakaman Ibunda Tercinta, Masuk ke Liang Lahat Pemakaman Ibunda Jokowi. ©2020 antaranews.com

Merdeka.com - Kabar duka tengah menyelimuti keluarga besar Presiden Joko Widodo. Sang ibunda Sudjiatmi Notomiharjo menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (25/3) lalu, di usia 77 tahun.

Sudjiatmi meninggal akibat kanker yang dideritanya sejak empat tahun terakhir. Setelah disemayamkan di rumah duka, jenazah dimakamkan pada Kamis, (26/4) kemarin. Suasana haru pun mengiringi prosesi pemakaman.

Dalam beberapa foto terlihat Presiden Joko Widodo turut serta melepas kepergian sang ibunda untuk selamanya. Ia juga terlihat ikut turun ke liang lahat. Berikut potretnya:

1 dari 6 halaman

Menuju Pemakaman

pemakaman ibunda jokowi

Sumber: Istimewa 2020 Merdeka.com

Presiden Jokowi terlihat memimpin rombongan menuju ke pemakaman. Jenazah Sudjiatmi Notomiharjo dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga di Mundu Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Proses pemakaman juga hanya dihadiri keluarga terdekat saja mengingat saat ini masyarakat Indonesia tengah diserang wabah Corona Covid-19.

2 dari 6 halaman

Disalatkan di Masjid

sumber liputan6

Sumber: Liputan6 2020 Merdeka.com

Sebelum dikebumikan, jenazah ibunda Jokowi disalatkan terlebih dahulu di Masjid Baturracham yang berjarak kurang lebih sekitar 100 meter dari rumah duka.

3 dari 6 halaman

Ikut Turun Ke Liang Lahat

pemakaman ibunda jokowi

Sumber: Istimewa 2020 Merdeka.com


Sebagai anak lak-laki tertua, Presiden Jokowi ikut serta turun ke liang lahat untuk meletakkan jenazah ibunya ke pembaringan terakhir.

Makam sang ibunda juga diketahui berada persis di samping makam sang ayah, Notomiharjo.

4 dari 6 halaman

Menutup Liang Lahat

pemakaman ibunda jokowi

Sumber: Istimewa 2020 Merdeka.com


Presiden Jokowi terlihat menggunakan kemeja putih, celana hitam serta kopiah. Tak lupa ia juga mengenakan masker. Presiden juga ikut memasukkan tanah ke liang lahat sambil memegang cangkul.

5 dari 6 halaman

Berdoa

pemakaman ibunda jokowi

2020 antaranews.com

Setelah melakukan prosesi pemakaman dan tabur bunga, Presiden Jokowi terlihat bersimpuh di depan pusara sang ibunda untuk berdoa.

6 dari 6 halaman

Presiden Duduk Usap Mata

pemakaman ibunda jokowi

Sumber: Istimewa 2020 Merdeka.com


Di foto lain menunjukkan potret pilu Presiden Jokowi duduk terdiam menggunakan kemeja putih dan sarung sambil mengusap matanya. Aura kesedihan sangat terpancar darinya karena ditinggal oleh orang yang sangat dikasihi.

Foto tersebut juga sempat viral di media sosial. Ucapan doa dan belasungkawa tak henti-hentinya diberikan oleh masyarakat Indonesia kepada Presiden Jokowi, mengingat permasalahan yang kini juga tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia. [khu]

Baca juga:
Presiden Jokowi Ikut Kuburkan Jenazah Ibunda
Dari JK hingga Ganjar Pranowo, 5 Pejabat Ini Kenang Sosok Ibunda Jokowi
Presiden Jokowi Dampingi Jenazah Ibunda ke Pemakaman
Jenazah Ibunda Jokowi Dimakamkan di Samping Pusara Suami

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini