Fakta-fakta Wuhan Jadi Kota Mati Akibat Virus Corona, Ini Videonya

Selasa, 28 Januari 2020 14:55 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Fakta-fakta Wuhan Jadi Kota Mati Akibat Virus Corona, Ini Videonya Wuhan Menjadi Kota Mati. YouTube @South China Morning Post ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kota Wuhan mendadak sepi usai menyebarnya virus corona di sana. Padahal, Wuhan merupakan salah satu kota metropolis namun ini berubah layaknya seperti kota mati.

Hal ini lantaran pemerintah China telah memutuskan untuk menutup akses dari dan menuju kota Wuhan. Bukan tanpa alasan, upaya ini dilakukan agar virus corona tidak menjadi pendemik global.

Lantas, bagaimana potret Kota Wuhan sejak terkena virus corona saat ini? Simak ulasan informasi yang dihimpun dari beberapa sumber berikut ini.

1 dari 7 halaman

Jalanan Kota Wuhan Sepi

Melansir dari video akun YouTube South China Morning Post, Selasa (28/1), terlihat Kota Wuhan saat ini sepi layaknya kota mati. Hampir semua jalanan di kota ini sepi dan sangat jarang terlihat masyarakat melewatinya.

wuhan menjadi kota mati

YouTube @South China Morning Post 2020 Merdeka.com

Hal ini lantaran penyebaran virus corona masih belum membaik hingga Senin (27/1). Dilansir dari Liputan6.com, Selasa (28/1), setidaknya sudah ada 80 orang meninggal dunia akibat terjangkit virus corona baru ini.

2 dari 7 halaman

Sejumlah Toko Tidak Membuka Gerainya

Berdasarkan kesaksian mahasiswi S2 asal Aceh, Siti Mawaddah seperti dilansir dari Liputan6.com, masyarakat Wuhan dilarang pergi atau mengunjungi tempat-tempat ramai.

wuhan menjadi kota mati

YouTube @South China Morning Post 2020 Merdeka.com

"Sepi. Toko-toko masih banyak yang tutup ataupun buka di jam-jam tertentu," papar Siti yang berasal dari Kota Sigli, Aceh, dilansir dari Liputan6.com melalui pesan singkat, Senin (27/1).

Melansir dari South China Morning Post, pemerintah telah menutup kota sejak 23 Januari lalu. Terlihat pula, sejumlah toko memilih untuk menutup gerainya. Selain tidak memungkinkan ada yang membeli, masyarakat Wuhan cenderung khawatir dengan virus corona yang bisa tersebar melalui kontak fisik itu.

3 dari 7 halaman

Sedikit Transportasi yang Melintas

Bahkan, sejumlah kendaraan bermotor juga jarang sekali terlihat di jalanan kota Wuhan. Tak ayal, jalanan di Kota Wuhan terlihat seperti tak berpenghuni. Akses ke transportasi umum juga semakin sulit didapatkan. Taksi atau kendaraan pribadi menjadi pilihan mereka, sebelum akhirnya ikut dilarang oleh pemerintah.

wuhan menjadi kota mati

YouTube @South China Morning Post 2020 Merdeka.com

Sejak menutup akses, sebagian besar masyarakat Wuhan lebih memilih berada di dalam rumah bersama keluarga mereka. Mereka akan keluar rumah bila mendapati keadaan yang darurat. Mulai membeli bahan makanan hingga ke rumah sakit untuk memeriksakan diri atau keluarga.

4 dari 7 halaman

Tidak Ada Aktivitas Luar Ruangan

Tak mengherankan, Kota Wuhan kini tidak menampakkan aktivitas luar ruangan seperti pada umumnya. Padahal, saat tahun baru China di Kota Wuhan kerap menyelenggarakan pesta kembang api. Namun, kini pemerintah melarang keras mengadakan perayaan tersebut.

wuhan menjadi kota mati

YouTube @South China Morning Post 2020 Merdeka.com

Imlek atau tahun baru China di Wuhan pada akhirnya hanya dilalui tanpa adanya perayaan. Tak hanya itu saja, sejumlah aktivitas luar ruangan lainnya juga terpaksa dihentikan.

5 dari 7 halaman

Kota Kian Gelap

Berjalannya waktu, Kota Wuhan terlihat semakin gelap. Tak ada kehidupan yang tampak di kota metropolis ini. Hampir semua toko memilih untuk menutup gerainya. Kondisi ini imbas dari adanya virus corona baru yang menyebar secara cepat.

wuhan menjadi kota mati

YouTube @South China Morning Post 2020 Merdeka.com

Selain itu, virus corona juga dipercaya berasal dari Kota Wuhan. Untuk mengatasi penyebaran itu, pemerintah China terpaksa menutup segala akses dari dan menuju ke Kota Wuhan.

"Saya melewati kota, sepanjang jalan saya melihat keadaan sepi enggak seperti biasanya kota Wuhan ramai dan penuh. Tapi ini waktu itu sudah sepi seperti kota mati," ujar Siti.

6 dari 7 halaman

Puluhan WNI Terjebak di Wuhan

Melansir dari Liputan6.com, setidaknya hampir 100 Warga Negara Indonesia saat ini berada di Kota Wuhan. Tentu saja, mereka semua turut merasakan dampak penutupan akses yang terjadi di kota itu.

wuhan menjadi kota mati

YouTube @South China Morning Post 2020 Merdeka.com

Menurut catatan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Wuhan, hampir sekitar 93 warga Indonesia (WNI) seluruhnya merupakan seorang mahasiswa. Angka tersebut belum termasuk masyarakat Indonesia yang secara kebetulan berada di Wuhan saat lockdown diterapkan.

7 dari 7 halaman

Video Wuhan jadi Kota Mati

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini