Doa Ketika Dipuji Seseorang Agar Terhindar dari Rasa Sombong

Kamis, 30 Juni 2022 11:50 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Doa Ketika Dipuji Seseorang Agar Terhindar dari Rasa Sombong ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman

Merdeka.com - Doa ketika dipuji bisa dibacakan saat Anda mendapatkan pujian dari seseorang. Pujian sendiri merupakan sebuah kebaikan sekaligus ujian bagi seseorang. Sebab, dengan pujian seseorang tanpa sadar bisa bersikap takabur.

Selain itu, pujian juga dapat menimbulkan sifat sombong atau ria. Untuk menghindari sikap takabur setelah dipuji, Anda bisa membaca doa seperti yang dilakukan oleh Abu Bakar Ash -Shiddiq.

Lalu, bagaimana doa ketika dipuji yang bisa diamalkan? Simak ulasannya dilansir dari laman islampos dan berbagai sumber, Kamis (30/6/2022).

2 dari 4 halaman

Doa Abu Bakar saat Dipuji

Ketika mendapatkan pujian, sahabat Rasulullah SAW yakni Abu Bakar memanjatkan doa agar terhindar dari sifat sombong. Doanya adalah:

اللَّهُمَّ أَنْتَ أَعْلَمُ مِنِّى بِنَفْسِى وَأَنَا أَعْلَمُ بِنَفْسِى مِنْهُمْ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ وَاغْفِرْ لِى مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ وَلاَ تُؤَاخِذْنِى بِمَا يَقُوْلُوْنَ

Allahumma anta a’lamu minni bi nafsiy, wa anaa a’lamu bi nafsii minhum. Allahummaj ‘alniy khoirom mimmaa yazhunnuun, wagh-firliy maa laa ya’lamuun, wa laa tu-akhidzniy bimaa yaquuluun.

Artinya: "Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka"

(Diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 4: 228, no.4876. Lihat Jaami’ul Ahadits, Jalaluddin As Suyuthi, 25: 145, Asy Syamilah). [khu]

Baca juga:
Manfaat dan Efek Samping Chia Seed bagi Kesehatan, Perlu Diketahui
Cara Menghapus Akun Youtube Sementara dan Permanen

3 dari 4 halaman

Doa saat Dipuji

Selain itu, doa ini juga dapat menjadi permohonan agar dirimu lebih baik dari pujian yang diucapkan orang lain. Berikut doanya:



    اَللَّهُمَّ لاَ تُؤَاخِذْنِيْ بِمَا يَقُوْلُوْنَ، وَاغْفِرْلِيْ مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ [وَاجْعَلْنِيْ خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ

Allahumma laa tu akhidzni bima yaquuluuna, waghfirlii maa laa ya'lamuuna Waj 'al nii khairommimmaa yazhunnuun

Artinya: "Ya Allah, semoga Engkau tidak menghukumku karena apa yang mereka katakan. Ampunilah aku atas apa yang tidak mereka ketahui. Dan jadikanlah aku lebih baik daripada yang mereka perkirakan".

Baca juga:
Manfaat dan Efek Samping Chia Seed bagi Kesehatan, Perlu Diketahui
Cara Menghapus Akun Youtube Sementara dan Permanen



4 dari 4 halaman

Adab saat Dipuji Dalam Islam

Saat dipuji oleh orang lain, kita harus menghindari sifat takabur, sombong, dan ujub. Sifat ujub ini merupakan rasa takjub pada diri sendiri yang dapat merusak kebaikan. Dalam hadits yang ma’ruf disebutkan:



ثَلَاثٌ مُهْلِكَاتٌ : شُحٌّ مُطَاعٌ وَهَوًى مُتَّبَعٌ وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ

Artinya: "Tiga hal yang membawa pada jurang kebinasaan: (1) tamak lagi kikir, (2) mengikuti hawa nafsu (yang selalu mengajak pada kejelekan), dan ujub (takjub pada diri sendiri)" (HR. Abdur Rozaq 11: 304. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shahihul Jaami’ 3039).

Ujub juga tidak merealisasikan ‘iyyaka nasta’in’ (Hanya kepada Allah kita mohon pertolongan). Karena ia merasa dirinya-lah yang berbuat. Untuk itu, saat dipuji oleh seseorang ada baiknya untuk membaca doa dan beristighfar agar terhindar dari sifat yang dibenci Allah SWT.

Baca juga:
Manfaat dan Efek Samping Chia Seed bagi Kesehatan, Perlu Diketahui
Cara Menghapus Akun Youtube Sementara dan Permanen






Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini