Cuaca Terkini Senin 12 Juli 2021, Langit Cerah di Daerah Jabodetabek

Senin, 12 Juli 2021 11:03 Reporter : Billy Adytya
Cuaca Terkini Senin 12 Juli 2021, Langit Cerah di Daerah Jabodetabek Ilustrasi Cuaca Cerah. ©2018 Merdeka.com/Abdul Aziz Rasjid

Merdeka.com - Cuaca terkini memang menjadi informasi paling banyak dicari. Khususnya bagi orang-orang yang mempunyai banyak aktivitas atau kegiatan di luar rumah sehingga perlu mengetahui kondisi cuaca terkini sebelum menjalankan aktivitasnya.

Selain mengetahui informasi cuaca terkini, Anda juga perlu memahami apa yang dimaksud dengan cuaca. Karena sebenarnya cuaca ini juga memiliki pengaruh untuk kesehatan tubuh Anda loh. Cuaca terbagi menjadi beberapa unsur.

Tak hanya itu, cuaca juga dibagi dalam berbagai jenis. Bagi Anda yang ingin mengetahuinya lebih dalam, Merdeka.com akan segera memberikan informasinya untuk Anda sebelum mengetahui cuaca terkini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan lengkapnya.

2 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Cuaca

Cuaca merupakan sebuah keadaaan yang terjadi pada atmosfer, langit atau udara di bumi. Cuaca sendiri adalah fenomena perubahan suhu, angin, curah hujan dan juga sinar matahari.

Perlu diketahui bahwa cuaca ini ternyata memiliki unsur-unsur. Unsur cuaca yang pertama adalah tekanan udara yang merupakan gaya yang timbul akibat keberadaan berat lapisan udara yang memiliki kerapatan massa udara sehingga dalam suatu wilayah bisa berubah.

Unsur selanjutnya adalah kelembapan udara yang merupakan kandungan uap air yang ada di udara pada waktu tertentu, kelembapan ini bisa berubah-ubah tergantung pada suhu di suatu tempat dan diukur menggunakan higrometer. Selanjutnya ada suhu atau temperatur dan tentunya di setiap tempat akan memiliki suhu yang berbeda-beda.

Selain itu, angin juga merupakan salah satu unsur dari cuaca dan diakibatkan oleh rotasi bumi serta adanya perbedaan tekanan udara di sekitar yang diukur menggunakan anemometer. Curah hujan menjadi salah satu unsur cuaca yang terakhir, yang merupakan jumlah atau intensitas air hujan yang turun pada suatu tempat dalam kurun tertentu. Tingginya curah hujan ini di setiap wilayah berbeda tergantung pada garis lintang, ketinggian tempat, arah angin, suhu udara luas daratan dan biasanya diukur menggunakan ombrometer.

3 dari 4 halaman

Cuaca Terkini Senin 12 Juli 2021

Setelah mengetahui apa itu cuaca dan berbagai unsurnya, kini Anda bisa mengetahui cuaca terkini, Senin 12 Juli 2021. Di rangkum dari laman resmi BMKG, cuaca cerah berawan akan menyinari seluruh wilayah Jakarta dan siang harinya di beberapa titik diprediksi akan turun hujan ringan serta berawan.

Berikut adalah informasi prakiraan cuaca yang berhasil dikutip dari laman resmi BMKG:

cuaca terkini senin 12 juli 2021 langit cerah di daerah jabodetabek
Liputan6.com ©2021 Merdeka.com

Setelah mengetahui unsur dan juga cuaca terkini, tidak ada salahnya Anda memahami jenis-jenis cuaca.

4 dari 4 halaman

Jenis Cuaca

- Cerah

Cuaca cerah diakibatkan oleh sinar matahari yang masuk ke dalam bumi. Pada saat cuaca cerah ini, udara yang dirasakan tidak begitu panas dan tidak ada pula hujan yang turun.

- Panas

Cuaca panas menyebabkan keadaan terasa sangat gerah dan juga kering. Hal ini terjadi lantaran cahaya matahari tegak lurus masuk ke dalam bumi.

- Berawan

Cuaca berawan merupakan cuaca yang muncul akibat sejumlah awan bergerombol di langit. Akhirnya berkas sinar matahari akan terhalang, dan tidak terasa panas.

- Sejuk

Cuaca sejuk ini bisa saja terjadi ketika humiditas udara cukup tinggi, angin bertiup cepat dan juga suhu udara yang rendah.

- Berangin

Selanjutnya adalah cuaca berangin yang disebabkan oleh gerakan angin yang cukup kuat. Saat cuaca berangin ini biasanya langit agak terlihat berawan dan suhu udara cenderung rendah.

- Hujan

Cuaca hujan akan berlangsung ketika titik-titik air yang berada di atas langit atau awan berubah menjadi tetesan air. Titik-titik air yang berasal dari penguapan air akibat sinar matahari di permukaan bumi, seperti danau, sungai, laut dan sebagainya.

[bil]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cuaca Panas
  3. Trending
  4. BMKG
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini