Contoh Doa HUT PGRI 2022 untuk Upacara Hari Guru Nasional, Penuh Harapan Mendalam

Kamis, 24 November 2022 14:15 Reporter : Mutia Anggraini
Contoh Doa HUT PGRI 2022 untuk Upacara Hari Guru Nasional, Penuh Harapan Mendalam Ilustrasi guru. ©Shutterstock.com/ Chris Howey

Merdeka.com - Hari Ulang Tahun atau HUT PGRI 2022 jatuh pada tanggal 25 November 2022. Tahun ini, momen HUT PGRI pun akan berlangsung pada Hari Jumat.

Momen HUT PGRI 2022 kali ini bakal mengusung tema "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar". Tema tersebut mengandung harapan bangsa yang diletakkan tepat di setiap pundak para tenaga pendidik.

Namun, rasanya seluruh guru di penjuru tanah air pantas mendapatkan apresiasi mendalam atas pengorbanan, perjuangan, serta kerja keras mereka mencerdaskan generasi muda selama ini. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara memberikan doa mulia.

Salah satunya yakni pada saat Upacara HUT PGRI 2022. Dari serangkaian agenda, pembacaan teks doa HUT PGRI 2022 pun dapat berisi narasi yang sarat harapan.

Bacaan doa HUT PGRI 2022 tersebut dapat mengikuti instruksi lengkap dari Kemendikbud Ristek atau menyusunnya secara mandiri. Melansir dari berbagai sumber, Kamis (24/11/22), berikut ulasan selengkapnya mengenai contoh doa HUT PGRI 2022 yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi.

2 dari 3 halaman

Doa HUT PGRI 2022

ilustrasi membaca alquran
Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Beberapa waktu lalu, laman resmi kemdikbud.go.id mengungkap salah satu contoh doa HUT PGRI yang dapat dilafalkan. Adapun bacaan lengkap doa HUT PGRI 2022 tersebut antara lain sebagai berikut.

Alhamdulillahirabbil 'alamin, hamdan syaakiriin, hamdan naa'imiin, hamdan yuwaafii ni'amahuu wa yukaafiu maziidah, yaa rabbana lakalhamdu kama yambaghii lijalaali waj-hika wa 'azhiimi sulthanik. Allahumma shalli wa shallim 'alaa muhammad, wa'alaa ali muhammad.

Yaa Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Segala puji serta syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas segala kenikmatan yang telah Engkau berikan. Ya Allah, ya Rahman ya Rahim, pada saat berbahagia nan khidmat ini kami berhimpun dalam mengikuti Upacara Bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2022 seraya berdoa dan berserah diri kepada-Mu yaa Rabb.

Ya Allah Ya Aziz Ya Adhim (Dzat yang Maha Perkasa lagi Maha Agung)

Jadikanlah Hari Guru Nasional Tahun ini sebagai momentum untuk melakukan refleksi diri agar terus meningkatkan kompetensi serta kualitas pembelajaran semata-mata demi mendidik putra putri kami menjadi Pelajar Pancasila yang unggul, maju, berbudi pekerti luhur, dan berdaya saing.

Ya Allah Ya Jabbar Dzat yang Maha Kuasa

Berikanlah kepada para guru-guru kami petunjuk-Mu yang nyata, ketajaman mata hati, kesabaran yang membaja, kerendahan hati, keikhlasan, dan rasa syukur yang tinggi dalam berkarya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Kokohkan kesungguhan kami, bersihkan hati kami agar kami mampu mencari solusi dari setiap persoalan dan tantangan, serta bersikap bijak atas kekurangan.

Ya Allah, Ya Rahman Ya Rahim

Muliakan guru-guru kami. Kami sangat mendambakan guru-guru kami menjadi pendidik-pendidik sejati yang dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat. Sosok teladan yang selalu mendidik dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, menebar semangat dan inspirasi bagi sekitarnya, sehingga terlahir orang-orang hebat untuk mewujudkan peradaban Indonesia yang unggul dan mulia.

Yaa Allah yang Maha Pengampun

Ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dosa Bapak dan Ibu kami, dosa guru-guru kami, dosa para pemimpin kami, serta dosa para pendahulu kami. Janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau khilaf, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami, janganlah engkau bebankan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.

Allahumma Ya Allah Ya Hadi, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk

Tunjukkanlah yang benar itu tampak benar dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat melaksanakannya, dan tunjukkanlah yang salah tampak salah dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat menjauhinya., sebagaimana jalaninya orang-orang yang Engkau berikan kenikmatan dan bukan jalannya orang-orang tersesat yang Engkau hinakan. sehatkan kami, kuatkan dan bahagiakan kami.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar, kabulkanlah doa dan permohonan kami.

Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina 'adzabannar. Alhamdulillahi rabbil alamin.

3 dari 3 halaman

Contoh Teks Doa HUT PGRI 2022

ilustrasi mikrofon

©Pixabay/Nachrichten_muc

Ya Allah, Tuhan Semesta Alam,

Kami memanjatkan rasa syukur kepada-Mu karena telah mengizinkan kami untuk meramaikan peringatan Hari Guru atau HUT PGRI 2022 yang berbahagia ini dengan tema "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar".

Ya Allah, Ya ‘Azizi Ya Sattar Ya Fa’alullima yurid,

Sesungguhnya tugas sebagai guru adalah tugas yang mulia dan murni sepanjang zaman. Maka dari itu, karuniakanlah kepada guru-guru kami hati yang ikhlas dalam menyempurnakan tanggung jawab berat ini dengan sebaiknya-baiknya.

Lapangkanlah hati guru-guru kami, jadikan seluruh aktivitasnya di dunia pendidikan ini sebagai ladang ibadah yang senantiasa mengharapkan rahmat dan keridhaan-Mu.

Ya Allah, Ya Mudabbiral amri,

Pada saat ini, kami memohon keridhaan-Mu agar Engkau anugerahkan rasa kasih sayang kepada barisan pendidik yang budiman terhadap anak-anak didik mereka sebagaimana mereka mengasihi dan menyayangi anak-anak mereka sendiri.

Karuniakanlah kepada mereka kesabaran, ketabahan, semangat kerja sama yang tinggi , semangat juang yang tidak mengenal putus asa dalam memikul tanggung jawab sebagai seseorang pendidik dan seseorang yang memiliki tugas untuk memperbaiki kualitas pendidikan setiap anak.

Ya Allah , Ya Mukawwiral laili wan nahar ,

Pada kesempatan ini, kami mohon atas kebesaran-Mu ya Allah sudilah kiranya Engkau memberi karunia kepada kami sifat yang mulia dan akhlak yang luhur.

Mudah-mudahan kami turut menjadi anak didik yang sentiasa menghormati guru-guru kami, mendengar petunjuk daripada guru-guru kami, serta sentiasa mengharapkan teguran dan bimbingan guru-guru.

Semoga kami menjadi insan yang sempurna dan berguna kepada agama bangsa dan negara tercinta. Aamiin aamiin Ya Rabbal 'Alamiin.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini