Cerita Preman Pasar Insaf, Kini Sukses Punya 700 Ha Tambak Udang Diresmikan Jokowi

Kamis, 1 Desember 2022 11:46 Reporter : Mutia Anggraini
Cerita Preman Pasar Insaf, Kini Sukses Punya 700 Ha Tambak Udang Diresmikan Jokowi Cerita Preman Pasar Senen Insaf. YouTube kasisolus ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Pria bernama Muhammad Iksan memiliki sederet pengalaman hidup luar biasa. Depresi tinggal di kampung halaman, dia memilih pergi dan tumbuh menjadi preman pasar.

Tak terkira, berbagai momen pahit sejak saat itu justru membuatnya bertaubat. Dia memilih pulang kampung dan membuka usaha hingga sukses.

Seperti apa kisahnya? Simak ulasan berikut, dilansir dari kanal YouTube kasisolusi, Kamis (1/12/22).

2 dari 5 halaman

Kabur dari Kampung Halaman

Cerita Iksan berawal dari masa remajanya yang mulai bergejolak. Kala itu, Iksan menyebut jika dirinya terpaksa putus sekolah lantaran keterbatasan biaya dari kedua orangtua.

Merasa depresi tak sanggup melanjutkan sekolah, dia lantas menjadi sosok yang tak takut pada segala hal. Iksan mulai mengenal kenakalan remaja hingga membuat kedua orangtua merasa kewalahan.

"Saya kabur dari kampung bukan karena krisis sebenarnya. Tapi karena bosan di kampung diuber-uber polisi terus, cari perkara terus. Jadi orangtua kesusahan dengan ulah saya, jadi ya saya pilih pergi saja lah dari kampung," ceritanya.

cerita preman pasar senen insaf
YouTube kasisolus ©2022 Merdeka.com

Alhasil, Iksan pun lantas memilih pergi dari kampung halaman. Tepat pada tahun 1998, Iksan lantas wara-wiri di kawasan Pasar Senen sebagai preman.

"Saya ke Pasar Senen itu mulai pasca kerusuhan, persis, 1998 itu ya," ungkapnya.

3 dari 5 halaman

Pilih Taubat jadi Preman

Kehidupan keras serta berbagai pengalaman di jalanan yang dihadapinya membuat Iksan kian kebingungan. Terlebih, saat dirinya melihat banyak pegawai dengan kehidupan normal yang lebih menjanjikan.

"Dari kenakalan dan pengaruh pergaulan keras itu, ada sudut-sudut keadaan yang kita merasa batin itu bergejolak. Jadi saya bertanya, apakah hidup memang harus seperti ini terus dan tidak ada perubahan?" terangnya.

cerita preman pasar senen insaf
YouTube kasisolus ©2022 Merdeka.com

Nurani yang terus bergejolak membuat Iksan akhirnya memutuskan berhenti dari dunia gelap. Iksan lantas memilih bertaubat dan ingin kembali menjalankan upaya miliknya untuk meraih cita-cita sedari kecil.

"Seya pengen punya kehidupan normal dan merilis cita-cita sejak kecil, begitu. Gua kalau begini terus bisa mati jadi sampah terminal ini kalau lama-lama begini," imbuh Iksan.

4 dari 5 halaman

Pulang Kampung & Bangun Usaha Tambak Udang

Namun, Iksan tak sepenuhnya beralih secara langsung. Usahanya mencapai kesuksesan dan berbenah diri tersebut dimulainya dengan menjadi sosok calo tanah.

Tak berselang lama, pengalaman yang diperolehnya dari usaha tersebut membuat Iksan memberanikan diri untuk bergerak lebih. Iksan lantas mengakuisisi sejumlah lahan berkat kepiawaiannya berbisnis.

cerita preman pasar senen insaf
YouTube kasisolus ©2022 Merdeka.com

"Awalnya sebelum saya terjun ke tambak udang kan bisnisnya jadi calo tanah sampai akuisisi lahan sendiri," ungkapnya.

Merasa cukup dengan pengalaman demikian, Iksan tak mau berpuas diri. Sosok pria yang dulunya dikenal garang itu kemudian memilih kembali ke kampung halaman.

Dengan bekal sederet pengalaman berbisnis, Iksan memberanikan diri untuk membuka usaha tambak udang. Bukan tanpa alasan, rupanya Iksan turut menyesuaikan kondisi di sekitar kediamannya untuk membuka usaha tersebut.

"Lalu saya pulang kampung dan saya coba bangun ekonomi dari kultur kita yang ada di situ yang memang kulturnya air payau," terangnya.

5 dari 5 halaman

Didatangi Jokowi

Tak terkira, usaha tersebut berhasil mengantarkan Iksan menjadi sosok pebisnis yang sukses. Hingga saat ini, Iksan pun berhasil meraup keuntungan berlipat-lipat serta membangun yayasan dengan gedung bertingkat.

Total, Iksan kini telah memiliki lebih dari 700 hektar lahan tambak udang sendiri. Berkat jerih payahnya, Iksan turut mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang terdekat hingga tetangga.

cerita preman pasar senen insaf
YouTube kasisolus ©2022 Merdeka.com

Usaha luar biasa milik Iksan tersebut bahkan berhasil menarik atensi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tercatat, RI-1 tersebut pernah bertandang ke tambak udang milik Iksan sebanyak dua kali.

"Pak Jokowi sudah dua kali datang ke kawasan tambah kita pada waktu itu. Saat peresmian percontohan dari track project beliau terus saat panen raya," katanya.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini