Cerita Pemuda Israel Dihukum Karena Tolak Jadi Tentara, Alasannya Tak Terduga

Kamis, 20 Mei 2021 12:05 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Cerita Pemuda Israel Dihukum Karena Tolak Jadi Tentara, Alasannya Tak Terduga Cerita Pemuda Israel Menolak Wajib Militer. Youtube/Cordova Media ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang pemuda Israel bernama Mattan Helman, blak-blakan mengaku pernah dihukum karena menolak bergabung mengikuti wajib militer yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Dalam wawancaranya di kanal Youtube Cordova Media, Mattan mengatakan alasannya menolak bergabung bersama militer Israel ialah karena kemanusiaan. Berikut informasi selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Menolak Ikut Wajib Militer

Israel merupakan salah satu negara yang mewajibkan warganya untuk mengikuti wajib militer. Di Israel, wajib militer berlaku untuk laki-laki dan perempuan.

Tentara Israel yang secara resmi bernama Pasukan Pertahanan Israel (IDF) didirikan tahun 1948 oleh Perdana Menteri pertama, David Ben-Gurion. Ia berprinsip bahwa seluruh warganya adalah tentara. Semua warga negara Yahudi dan Druze Israel yang berusia di atas 18 tahun diharapkan melapor untuk bertugas di militer.

Namun, hal berbeda justru dilakukan oleh Mattan. Pemuda berusia 20 tahun itu justru menolak peraturan wajib militer yang harus dijalaninya. Mattan menyebut, ia memiliki alasan tersendiri untuk menolak bergabung bersama tentara Israel.

cerita pemuda israel menolak wajib militer
Youtube/Cordova Media ©2021 Merdeka.com

"SAya menolak bergabung wajib militer karena alasan hati nurani. Setelah melakukan penelitian dengan membaca buku, artikel, dan testimoni para tentara. Saya kemudian menarik kesimpulan bahwa pemerintah Israel dan rakyatnya telah melakukan penindasan terhadap rakyat Palestina," kata Mattan.

3 dari 4 halaman

Alasan Menolak Wajib Militer

cerita pemuda israel menolak wajib militer
Youtube/Cordova Media ©2021 Merdeka.com

Menurut Mattan, keputusannya untuk menolak mengikuti wajib militer merupakan hal yang tepat. Meski ia sadar bahwa sikapnya termasuk dalam tindakan melawan hukum, Mattan mengaku hal itu didasarkan pada hati nuraninya.  

"Saya tahu bahwa menolak wajib militer adalah pelanggaran hukum. Namun, melawan hukum tersebut merupakan tindakan bermoral, sesuai dengan hati nurani dan penolakan yang tepat," kata Mattan.

"Telah banyak terjadi ketidakadilan sosial di masa lalu yang dilegalkan pemerintah. Peraturan (Israel) menuntut adanya wajib militer untuk menindas orang banyak," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Dihukum Karena Menolak Wajib Militer

cerita pemuda israel menolak wajib militer
Youtube/Cordova Media ©2021 Merdeka.com

Karena hal itu, Mattan pun harus menjalani masa hukuman di penjara selama 20 hari pada 18 Desember 2017. Meski begitu, Mattan menyebut dirinya tak pernah menyesali keputusannya.

"Itu bukanlah peraturan yang bermoral dan aku tak mau dipaksa untuk mematuhinya," pungkasnya.

[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini