Cerita Eks OPM Kembali ke NKRI

Cerita Eks OPM Kembali ke NKRI, 7 Tahun di Hutan 'Sekarang Enak di Kasih Rumah'

Senin, 21 November 2022 12:30 Reporter : Thomas Wardhana
Cerita Eks OPM Kembali ke NKRI, 7 Tahun di Hutan 'Sekarang Enak di Kasih Rumah' Cerita Exs OPM Kembali ke NKRI. Youtube Ulagay Tingginambut21 ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang pria yang sempat menjadi pelaku separatis OPM membagikan pengalamannya saat memutuskan kembali ke NKRI. Masa kelamnya saat masih di hutan berbanding terbalik dengan kondisinya saat ini.

Pria tersebut sempat mengatakan bahwa keputusannya kembali ke NKRI tidak pernah disesali, karena keadaannya selama di hutan tidak membuatnya bahagia.

Melansir dari kanal Youtube Ulagay Tinggin Selasa (21/11), berikut informasi selengkapnya.

2 dari 5 halaman

Tinggal di Hutan Selama 8 Tahun

Mantan OPM yang biasa dipanggil Kakak Supir Murib menceritakan pengalamannya saat masih menjadi tentara OPM.

Karena harus menghabiskan setengah hidupnya di hutan, ia merasa bahwa perjuangannya sia-sia dan semakin jauh dari kata merdeka.

Kakak Supir Murib mengatakan ia pertama kali ada di hutan pada 2004 silam dan memutuskan untuk turun gunung pada 2012. Saat ini ia tinggal di Kecamatan Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya.

3 dari 5 halaman

Sempat Rasakan Hidup Susah di Hutan

cerita exs opm kembali ke nkri
Youtube Ulagay Tingginambut21 ©2022 Merdeka.com

Selama tinggal di hutan, ia mengatakan, harus setengah mati mencari makanan dan tinggal di sana.

Belum lagi, beberapa anggota TNI dan Polri yang silih berganti masuk ke dalam hutan sehingga membuat ia dan teman-temannya dulu harus pindah tempat di dalam hutan.

"Ya mau makan juga susah, kan anggota TNI Polri sudah muncul mereka kabur di hutan. Macam kaya babi hutan," ujar Kakak Supir Murib.

Penampilannya dulu juga sangat berbeda dengan saat ini. Ia mengatakan bahwa rambutnya sempat panjang dan sampai ke kaki.

"Tapi itu dulu itu rambut gondrong sekali ya?" Tanya host acara.

"Rambut sampai kaki di bawah," ucap Kakak Supir Murid.

4 dari 5 halaman

Pola Pikir Membawa Dia Kembali ke NKRI

Saat memutuskan kembali ke NKRI, ia sempat berdebat dan menentang keputusannya untuk turun dari gunung.

Ia mengatakan bahwa teman-temannya marah. Meski demikian beberapa mantan anggota OPM juga mengikuti keputusannya untuk turun.

"Itu mereka tidak memikirkan to, bagaimana masyarakat ini punya anak, ada punya keluarga istri. Kasih jamin keluarga makan juga susah," lanjut kata Kakak Supir Murib.

Kebiasaan OPM yang suka merampas barang membuatnya berpikir bahwa hal tersebut tidak akan membuat OPM akan merdeka.

"Anggaplah itu pencuri, kakak pikir itu, ini kalau merampas alat milik negara Indonesia jadi kalau mereka rampas di pos, ambil senjata, barang, tidak mungkin merdeka. Kakak pikir begitu, banyak korban. Kakak pikir langsung turun dari atas."

5 dari 5 halaman

Hidup Nyaman Setelah Kembali ke NKRI

Setelah ia memutuskan untuk kembali ke NKRI, ia sempat diundang langsung ke Jakarta. Setelah menyatakan tulus dan siap kembali ke NKRI, pemerintah mmeberikan bantuan rumah dan fasilitas lain untuk ia dan warga setempat.

"Kan Kakak minta sendiri to, minta tolong dibangunkan Pak Luhut Panjaitan sekretaris ketua menteri di pusat." Ucap Kakak Supir Murib.

Pemerintah membangun rumah tersebut sebagai hadiah atas keputusannya kembali ke NKRI.

Berikut video selengkapnya.

[thw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini