Cerita Bang Yos Taklukan Dedengkot GAM Gunakan Trik Pertemukan dengan Keluarganya

Selasa, 14 Desember 2021 08:38 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Cerita Bang Yos Taklukan Dedengkot GAM Gunakan Trik Pertemukan dengan Keluarganya Cerita Bang Yos Taklukan Dedengkot GAM. YouTube voidotid ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Siapa yang tidak mengenal Sutiyoso. Pria yang akrab disapa Bang Yos ini dikenal akan pengabdiannya di bidang pertahanan. Setelah melakukan sejumlah Operasi pengintaian, Bang Yos berakhir sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pada tahun 2016.

Saat memikul jabatan tersebut, Sutiyoso mampu menorehkan satu cerita atau kisah yang menarik. Bagaimana dirinya mampu menaklukkan dedengkot GAM, Din Minimi. Bahkan dengan menggunakan trik mempertemukan Din Minimi dengan keluarganya.

Lantas bagaimana cerita Bang Yos taklukkan dedengkot GAM dengan trik pertemukan dengan keluarganya? Melansir dari akun YouTube voidotid, Selasa (14/12), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 7 halaman

Gunakan Trik Keluarga

Segala bujuk rayu telah diusahakan oleh Bang Yos, namun tidak membuahkan hasil. Hingga akhirnya dia menyinggung soal keluarga saat berbicara dengan dedengkot GAM. Bang Yos bertanya sudah berapa lama dia tidak bertemu anak dan istrinya.

"Din, kamu ini sudah berapa tahun ya enggak ketemu anak istrimu?," tanya Bang Yos.

cerita bang yos taklukan dedengkot gam
YouTube voidotid ©2021 Merdeka.com

"Ini 4 tahun Pak, jalan 5 tahun Pak," jawab Din Minimi.

"Kamu apa enggak rindu sih sama mereka?," tanya Bang Yos lagi.

"Walah Pak gimana, saya kan pengin lihat anak saya itu sudah segede apa sekarang," kata Din Minimi.

"Din, aku punya usul nih. Kenapa kita berembuk lagi atau saya berembuk di rumahmu saja?," kata Bang Yos mencoba menaklukkan dedengkot GAM.

3 dari 7 halaman

Nyawa Din Dijamin Bang Yos

Awalnya dedengkot GAM ini kaget dengan usulan Bang Yos. Melihat hal itu, Bang Yos lantas memberikan jaminan keamanan bagi Din Minimi saat hendak pulang ke rumah.

"Loh pak, kalau saya suruh turun ke kampung saya, siapa yang menjamin keselamatan saya Pak?," tanya Din Minimi kaget.

"Aku yang jamin kamu, aku Din. Kamu pasti aman kalau dengan saya," jawab Bang Yos meyakinkan.

cerita bang yos taklukan dedengkot gamYouTube voidotid ©2021 Merdeka.com

Din Minimi lantas berpikir dan memutuskan untuk mengumpulkan anak buahnya. Akhirnya dedengkot GAM tersebut berbicara ke Bang Yos bahwa dia setuju dengan usulannya. Namun, Din kembali menekankan jika nyawanya berada di Bang Yos.

"Pak nyawa saya di Bapak," kata Din sekali lagi menekankan.

"Iya, kalau kalian diserang kan aku ikut mati juga. Kalau tentara nyerang kamu," kata Bang Yos yang sudah berharap sudah berkoordinasi dengan pasukan Kodam dan Polda.

4 dari 7 halaman

Ancaman Keamanan

Din Minimi lantas mencari truk untuk mengangkut anak buahnya. Karena jumlah yang begitu banyak, sebagian anak buah dedengkot GAM ini bahkan ikut di belakang bersama Bang Yos.

Namun siapa sangka, mereka terus menyuarakan yel-yel dan benderanya di tengah jalan. Hal itu membuat Bang Yos berhenti di jalan dan menyuruh Din Minimi untuk menghadapnya.

cerita bang yos taklukan dedengkot gamYouTube voidotid ©2021 Merdeka.com

"Din, kalau kamu kaya gini ya sepanjang jalan ribut kaya gini, aku enggak jamin keamanan kamu lagi. Aku minta semua diam, diam saja sudah sampai ke tempatmu. Nanti kalau mau teriak-teriak di sana saja," kata Bang Yos ke Din Minimi.

5 dari 7 halaman

Bujukan Bang Yos

Begitu sampai di rumah, Bang Yos bisa melihat pemandangan yang dramatis. Din Minimi menangis dengan keluarga hingga kurang lebih selama 30 menit.

"Kamu lihat anakmu tadi, apa tega kamu tinggalkan lagi? Terus anak buahmu saya lihat anak-anak yang remaja kaya begitu, dia harus sekolah, dia ada yang harus bantu orang tuanya bertani. Enggak kasihan kamu, mau bawa lagi ke gunung? Kamu menuntut 5 hal, semua sudah saya akomodir dan yang 4 oleh pemerintah daerah, sekarang apa lagi?," tanya Bang Yos.

cerita bang yos taklukan dedengkot gamYouTube voidotid ©2021 Merdeka.com

"Din, kamu tahu enggak sih perjuangan itu selalu ada akhirnya, ada selesainya. Bukan terus-terusan kaya begitu. Percaya lah Din, aku ini Kepala BIN, kamu yakin aku nanti akan ngomong sama Panglima Polda, kamu enggak akan apa-apa. Asal kamu tidak anu senjata lagi, tetapi Din kalau kamu masih bawa ini, aku enggak bisa jamin keamananmu lagi. Karena senjata ini kan, senjata gelap. Lagian kamu DPO, bawa kaya begini, mana bisa ditolerir sama aparat," ujarnya sambil menepuk dada Din Minimi yang terdapat tulisan nomor 1.

"Wah enggak bisa Pak, ini nyawa saya Pak dan anak buah saya di sini Pak," kata Din Minimi.

6 dari 7 halaman

Berhasil Taklukan Dedengkot GAM

Setelah dibujuk kembali, Din Minimi lantas memikirkannya. Akhirnya kira-kira pada pukul 2 pagi, Bang Yos berhasil menaklukkan dedengkot GAM.

cerita bang yos taklukan dedengkot gamYouTube voidotid ©2021 Merdeka.com

"Baik Pak, sekali lagi Pak saya akan kembali ke kampung. Anak-anak tak suruh kembali juga ke rumah masing-masing, senjata akan diserahkan ke Bapak. Tapi sekali lagi nyawa Din ada di tangan Bapak," kata Din Minimi.

"Sudah percaya sama saya kamu," kata Bang Yos sembari merangkul Din Minimi.

7 dari 7 halaman

Video Cerita Bang Yos Taklukan Dedengkot GAM

Saat memikul jabatan Kepala BIN, Sutiyoso mampu menorehkan satu cerita atau kisah yang menarik.

Bagaimana dirinya mampu menaklukkan dedengkot GAM, Din Minimi.

Bahkan dengan menggunakan trik mempertemukan Din Minimi dengan keluarganya.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini