Cara Menerapkan Protokol Kesehatan di Klaster Keluarga, Demi Cegah Penularan Covid-19

Jumat, 16 Oktober 2020 16:41 Reporter : Kurnia Azizah
Cara Menerapkan Protokol Kesehatan di Klaster Keluarga, Demi Cegah Penularan Covid-19 Ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama. Diperlukan kesadaran untuk menerapkan kebiasaan baru. Baik di keluarga, maupun di tempat umum. Hal tersebut menjadi salah satu yang diwajibkan dari pemerintah.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) merilis protokol kesehatan keluarga untuk mencegah dan mengendalikan penularan Covid-19 di klaster keluarga.

Protokol kesehatan ini disusun sesuai dengan arahan Presiden kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga. Supaya segera melakukan langkah strategis guna mencegah peningkatan kasus Covid-19.

Juru bicara Kemen PPPA, Ratna Susianawati menjelaskan protokol kesehatan keluarga. Disusun oleh Kemen PPPA bersama dengan Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sebagai panduan melakukan prinsip pencegahan dan pengendalian penularan Covid-19 di keluarga.

"Protokol ini mencakup 4 hal, yakni protokol kesehatan dalam keluarga secara umum, protokol kesehatan ketika ada anggota keluarga yang terpapar, protokol kesehatan keluarga ketika beraktivitas di luar rumah, dan protokol kesehatan di lingkungan sekitar ketika ada warga yang terpapar," kata Ratna seperti dikutip merdeka.com dari akun Youtube Kemen PPPA, Sabtu (10/10/2020).

Protokol kesehatan keluarga dapat diakses di berjarak.kemenpppa.go.id dan di website Kemen PPPA Kemenpppa.go.id. Adapun isi dari protokol kesehatan keluarga, sebagai berikut:

Baca Selanjutnya: Protokol Kesehatan Keluarga Secara Umum...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini