Cara Melindungi Keluarga yang Tidak Bisa Mendapat Vaksinasi dari Virus

Minggu, 29 Agustus 2021 19:30 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Cara Melindungi Keluarga yang Tidak Bisa Mendapat Vaksinasi dari Virus Ilustrasi masker. ©Pixabay

Merdeka.com - Di beberapa orang dengan kondisi tertentu, vaksinasi Covid-19 mungkin saja tidak bisa diberikan. Lantas, apabila memiliki anggota keluarga dengan kondisi tersebut hal apa yang bisa dilakukan untuk melindunginya?

Untuk memaksimalkan perlindungan dari penularan virus dan mencegah kemungkinan penyebarannya ke orang lain, mintalah setiap orang di keluarga Anda bahkan mereka yang sudah divaksinasi untuk selalu tertib menerapkan protokol kesehatan. Pastikan untuk selalu mengenakan masker bahkan di dalam rumah apabila baru saja pergi ke area penularan yang substansial atau tinggi.

Anggota keluarga yang tidak divaksinasi, termasuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas, harus mengenakan masker di semua tempat umum atau dalam ruangan. Lalu, bagaimana cara melindungi anggota keluarga yang memiliki kondisi atau sedang mengonsumsi obat yang melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka?

Orang yang memiliki kondisi atau sedang mengonsumsi obat yang melemahkan sistem kekebalan tubuh mungkin tidak terlindungi bahkan jika mereka telah divaksinasi lengkap. Mereka harus terus mengambil semua tindakan pencegahan yang direkomendasikan untuk orang yang tidak divaksinasi, termasuk mengenakan masker.

Jika Anda tinggal dengan seseorang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah atau berisiko tinggi terkena penyakit parah, Anda dapat memilih untuk mengenakan masker di semua tempat umum termasuk dalam ruangan.

Disarankan untuk melakukan cek kesehatan secara berkala. Jika sudah memungkinkan, segeralah lakukan vaksinasi Covid-19. Jika Anda telah sepenuhnya menerima vaksin Covid-19, Anda telah mengambil langkah pertama untuk melindungi diri sendiri dan keluarga untuk kembali ke banyak aktivitas yang bisa dilakukan sebelum pandemi.

Untuk memaksimalkan perlindungan dari virus Covid-19 dan mencegah kemungkinan penyebarannya ke orang lain, kenakan masker di dalam ruangan serta di tempat umum jika Anda berada di area dengan transmisi substansial atau tinggi.

Mengenakan masker paling penting jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah atau karena usia dan kondisi medis yang mendasarinya. Pastikan juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di manapun Anda berada.

[khu]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini