Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan 5 Jenis Diet

Selasa, 26 November 2019 13:39 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Dengan 5 Jenis Diet diet . shutterstock

Merdeka.com - Cara cepat menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan beberapa jenis diet. Penurunan berat badan terjadi saat tubuh membakar lebih banyak kalori daripada jumlah yang dikonsumsi. Hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi kalori yang dimakan dan meningkatkan kalori yang terbakar dengan melalui aktivitas fisik.

Tidak dipungkiri, jika memiliki tubuh yang langsing atau kurus menjadi dambaan hampir semua orang khususnya kaum hawa. Beberapa orang bahkan menempuh jalur praktis untuk membantu menurunkan berat badan seperti melakukan operasi atau sedot lemak. Namun, beberapa hal tersebut tentunya menimbulkan beberapa efek samping.

Kini, kita bisa menurunkan berat badan dengan melakukan beberapa program diet yang tersedia. Baik untuk alasan penampilan ataupun kesehatan diet menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan. Berikut Merdeka.com merangkum 5 jenis diet yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

1 dari 6 halaman

Diet Mayo

Diet ini menganjurkan untuk membatasi ukuran porsi makan dan melakukan perencanaan makanan menggunakan pola piramida yang telah dibuat oleh The Mayo Clinic Diet.

Piramida berat badan yang di sarankan Mayo Clinic cukup standar. Batasan kalori yang di makan antara 1.200-1.800 tergantung jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan. Dalam sehari setidaknya konsumsi empat porsi sayuran dan buah-buahan.

Makanlah karbohidrat dalam bentuk nasi merah atau gandum, fokus pada lemak sehat, batasi lemak jenuh, dan hindari lemak trans,membatasi konsumsi gula, dan diwajibkan juga untuk melakukan olahraga selama 30 menit atau lebih setiap hari.

Diet mayo tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan saja, tetapi bermanfaat juga untuk kesehatan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa diet tinggi buah dan sayuran menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker. Olahraga yang teratur juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga menurunkan kadar gula darah.

2 dari 6 halaman

Contoh Menu Diet Mayo

Berikut contoh menu diet mayo yang bisa di coba :

Sarapan

  • Teh atau kopi dengan gula rendah kalori
  • Dua lembar roti gandum dengan sedikit mentega

Makan Siang

  • Rebus dada ayam
  • Rebus wortel, brokoli, jagung, dan kentang

Makan Malam

  • Daging tanpa lemak yang di panggang dengan minyak zaitun
  • 1 buah kentang rebus
3 dari 6 halaman

Diet 5:2

Diet ini di lakukan dengan cara dalam seminggu, kita makan normal dalam lima hari kemudian melakukan puasa selama dua hari. Prinsipnya, pada saat puasa di diet 5:2 ini, kita hanya mengonsumsi 25 persen dari total asupan kalori yang seharusnya di makan.

Misal target kalori seseorang sehari sebesar 2000 kalori, maka pada saat melakukan puasa diet 5:2 kita hanya bisa memasukan kalori sebesar 500 saja.

Di lansir dari Healthline, diet 5:2 juga bisa membantu mengurangi resiko penyakit diabetes karena dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, diet ini juga di klaim mampu meningkatkan fungsi kognitif.

4 dari 6 halaman

Diet Tinggi Protein

Sesuai namanya, program diet ini juga menganjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Diet ini secara tidak langsung menganjurkan untuk memangkas konsumsi karbohidrat.

Untuk jenis diet ini, perlu untuk konsultasikan dengan dokter untuk membuat rencana diet. Mengingat beberapa efek samping yang bisa di timbulkan akibat tubuh tidak menerima asupan karbohidrat seperti biasanya.

5 dari 6 halaman

Diet Paleo

Diet paleo merupakan jenis diet yang mengharuskan kita untuk mengonsumsi makanan alami. Seperti buah-buahan, sayuran, telur, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging tanpa lemak. Diet jenis ini cenderung membosankan karena menghindari gula, garam, dan makanan olahan sehingga makanan yang di makan selalu terasa hambar.

6 dari 6 halaman

Diet Shake

Diet shake merupakan alternatif bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengatur atau menyiapkan makanan diet. Biasanya, orang akan meminum shake di pagi hari sebagai pengganti sarapan. Efeknya kita akan merasakan kenyang lebih lama. Diet shake mengandung nutrisi makro esensial bagi tubuh yang mampu membantu menurunkan berat badan.

Meskipun tampak sederhana, namun nyatanya sulit untuk mengimplementasikan penurunan berat badan yang praktis, efektif, dan berkelanjutan. Kunci berhasilnya diet merupakan komitmen untuk konsisten melakukan perubahan pola makan dan olahraga.

Sangat di anjurkan untuk melakukan penurunan berat badan secara bertahap, mulailah dengan banyak konsumsi buah dan sayur untuk mengganti kalori dan perbanyak air putih.

[khu]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini