Kebiasaan Cuci Tangan Diharapkan Jadi Materi Pembelajaran Sejak Dini

Kamis, 15 Oktober 2020 21:57 Reporter : Kurnia Azizah
Kebiasaan Cuci Tangan Diharapkan Jadi Materi Pembelajaran Sejak Dini Ilustrasi cuci tangan. ©Pixabay

Merdeka.com - Sejak wabah Covid-19, mencuci tangan menjadi sebuah kewajiban bagi setiap orang. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti berharap materi pelajaran tentang upaya mencegah penularan Covid-19, diterapkan sejak jenjang pendidikan tingkat PAUD/TK.

Hal ini bertujuan menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan sejak dini. Baik sebagai materi pelajaran utama, maupun ekstrakurikuler di sekolah.

"Kami berharap bahwa pembelajaran sejak dini melalui anak-anak sekolah, sejak mulai PAUD, sudah harus mulai diajarkan tentang gerakan ini," kata Widyastuti seperti dikutip melalui siaran langsung melalui Channel Kementerian Kesehatan, Kamis (15/10).

Dirinya berharap lebih, supaya Kementerian Pendidikan memasukkan materi terkait pencegahan Covid-19, dalam modul pembelajaran tingkat PAUD/TK. Disampaikan secara efektif dan sederhana terhadap para murid.

"Akan lebih baik lagi kalau di tingkat pusat, mungkin Kementerian Pendidikan sudah bergerak untuk memasukkan dalam ekstrakurikuler atau modul pembelajaran yang mengajak sejak PAUD untuk selalu memasukkan, tentang ajaran cuci tangan ini dengan baik dan benar," paparnya.

Tentunya, Widyastuti ingin masyarakat bisa memahami momen wabah ini sebagai pencetus kebiasaan baru yang lebih baik. Apalagi bila sudah diterapkan sejak dini, sudah pasti akan ikut menular ke orang lain. Mungkin sebelumnya kurang mawas diri dan acuh dengan corona.

"Mungkin ini suatu gerakan yang kita harapkan jadi kebiasaan baru, momen adanya Covid ini menjadi suatu pencetus atau suatu ide yang luar biasa yang tadinya mungkin belum terlalu membudaya, kita harapkan dengan momen Covid ini menjadi suatu kebiasaan baru yang lebih membumi dan bisa menggerakkan segenap masyarakat," jelasnya.

[kur]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini