Begini Gestur Kapolri Listyo

Begini Gestur Kapolri Listyo Sigit saat Tak Disalami Jokowi di HUT TNI ke-77

Jumat, 7 Oktober 2022 09:09 Reporter : Thomas Wardhana
Begini Gestur Kapolri Listyo Sigit saat Tak Disalami Jokowi di HUT TNI ke-77 Jokowi Salami Pejabat TNI di HUT TNI. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Momen unik tertangkap kamera saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menyalami Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menimbulkan banyak komentar publik. Bukan hanya aksi Jokowi, publik juga menyoroti gestur dari Listyo yang terlihat kikuk dan salah tingkah karena salamnya dilewati oleh Jokowi.

Momen itu terjadi usai Jokowi menyaksikan defile dan pawai alutsista dalam rangkaian upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI di Istana Merdeka pada Rabu (5/10) kemarin.

Melansir dari kanal Youtube MerdekaDotCom, gestur Listyo membuat publik mencoba membaca apa yang terjadi dari kejadian tersebut. Simak ulasan berikut.

2 dari 6 halaman

Kapolri Tidak Disalami Presiden

Aksi Jokowi yang tidak memberi salam kepada Listyo tentu menimbulkan pertanyaan, padahal momen tersebut terjadi di saat dirinya berdiri persis di sebelah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan pejabat tinggi TNI lain.

begini gestur kapolri listyo
Youtube MerdekaDotCom ©2022 Merdeka.com

Awalnya, Jokowi menyalami Panglima TNI dan disambut dengan salam hormat dan membalas jabat tangan presiden.

Setelah Andika, Jokowi terlihat mendekati Listyo dan memberi sapa. Namun, Jokowi tidak mengulurkan tangan untuk bersalaman dengan Kapolri.

Meski tak diberi salam, memang terlihat gestur Jokowi tetap memberikan sapa dan senyum kepada Listyo meski tanpa bersalaman.

Setelahnya, Jokowi bersalaman ke Kasal Laksamana Yudo Margono dan Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo serta para istri petinggi TNI. Jokowi mengakhiri dengan melambaikan tangan kepada tamu undangan upacara. [thw]

Baca juga:
Dari jadi TNI Hingga Polisi, Tawaran Tak Terduga untuk Para Korban Tragedi Kanjuruhan
Fakta Terbaru Tragedi Kanjuruhan, ini Para Komandan Polisi yang Jadi Tersangka

3 dari 6 halaman

Gestur Listyo Disorot

Bukan hanya Jokowi, banyak yang menyoroti gestur dari Listyo. Listyo tampak canggung, kikuk, dan salah tingkah saat Jokowi memberi sapa namun tidak menyalaminya.

Tampak dari raut wajahnya ia memberikan senyum tipis dan sedikit menunduk setelah Jokowi melangkah dan bersalaman dengan tamu lain.

begini gestur kapolri listyo
Youtube MerdekaDotCom ©2022 Merdeka.com

Setelahnya, Listyo tampak salah tingkah karena gestur tangannya yang seakan menempel di pinggang seperti sudah siap untuk menyalami Presiden.

Selain itu ia tampak menoleh ke arah kiri dan sedikit menggeser posisinya ke kanan untuk membiarkan Jokowi menyalami tamu lainnya. Setelah menoleh, seketika raut wajahnya sedikit berubah dan terlihat canggung.

4 dari 6 halaman

Klarifikasi Istana, Enggak ada masalah

Kejadian tersebut membuat banyak yang mempertanyakan ada apa dengan Jokowi dan Listyo yang tidak bersalaman.

Banyak yang berkomentar dan muncul spekulasi jika Jokowi menunjukan sikap kecewa atas apa yang terjadi di tubuh Polri, mulai dari persoalan Ferdi Sambo sampai terbaru Tragedi Kanjuruhan.

Namun tudingan tersebut langsung dibantah oleh istana dan menjelaskan jika hubungan Presiden dan Kapolri tidak ada masalah.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan Presiden Jokowi tidak ada masalah apapun dengan Kapolri Sigit. Dia bilang, semua tamu maupun pejabat tinggi yang hadir sudah disalami Jokowi sebelum upacara berlangsung.

Menurutnya, Jokowi juga sudah menyapa Sigit ketika momen bersalaman dengan para petinggi TNI.

"Enggak ada masalah, kan di mimbar utama sebelum upacara semua sudah disalamin dan kan yang di video itu Pak Presiden menyapa Pak Kapolri," kata Heru kepada wartawan, Kamis (6/10).

Baca juga:
Dari jadi TNI Hingga Polisi, Tawaran Tak Terduga untuk Para Korban Tragedi Kanjuruhan
Fakta Terbaru Tragedi Kanjuruhan, ini Para Komandan Polisi yang Jadi Tersangka

5 dari 6 halaman

Komentar Bernada Dukungan dari Warganet

Tidak sedikit yang memberikan dukungan kepada Kapolri meski tidak diberikan salam oleh Presiden. Beberapa diantaranya menilai jika seharusnya Presiden tetap memberi salam kepada Listyo meskipun dalam momen ini merayakan HUT TNI Ke-77

Berikut ragam komentar dukungan warganet untuk Kapolri.

"Semangat Pak Kapolri ,Anda org Hebat..Salam Komando," tulis akun @nopal***

"Saya yakin Kapolri Bapak Jendral Listyo Sigit Prabowo orang baik. Tetap semangat Bapak Kapolri. Drajat pangkat biso oncat, jangan menghalalkan segala cara untuk bisa menjabat. Ingat manusia pasti mati menuju akhirat," ujar akun @pra***

"Ya mestinya disalami juga...negarawan ndak boleh begitu....yg baik sama abdinya," tulis akun @Dia***

"Smangat Pak Kapolri, jabatan hanya sementara, bsk klu pensiun nyangkul disawah spt Pak Susno, damai pak👍," komentar @Sudar***

"Mungkin seblmny ud ketemu duluan jd gak salaman lg laa ,kita jg begitu biasanya," kata akun @Regina

6 dari 6 halaman

Video Lengkap

Momen unik tertangkap kamera saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menyalami Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menimbulkan banyak komentar publik.

Bukan hanya aksi Jokowi, publik juga menyoroti gestur dari Listyo yang terlihat kikuk dan salah tingkah karena salamnya dilewati oleh Jokowi.

Simak video selengkapnya.

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini