Barisan Jenderal TNI & Polri Punya Adik Polisi juga Tentara, Gagah Jabatan Mentereng

Senin, 22 November 2021 11:24 Reporter : Kurnia Azizah
Barisan Jenderal TNI & Polri Punya Adik Polisi juga Tentara, Gagah Jabatan Mentereng Barisan Jenderal TNI dan Polri Punya Adik Jabatan Mentereng. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sejumlah Jenderal TNI dan Perwira Tinggi Polri diketahui memiliki adik yang berkarier di bidang yang tak jauh berbeda atau ada juga yang sama. Bahkan diketahui mereka telah menduduki jabatan mentereng di kesatuan masing-masing.

Karier moncer kakak dan adik membuat mereka menjadi perhatian publik. Apalagi ada juga dari mereka yang orangtua alias ayahnya adalah mantan petinggi di TNI atau Polri, tentu saja hal itu semakin mencuri perhatian publik.

Lantas siapa sajakah kakak beradik tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

2 dari 4 halaman

Karier Moncer Putra Mantan Panglima ABRI Try Sutrisno

barisan jenderal tni dan polri punya adik jabatan mentereng
Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo ©2021 Merdeka.com

Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) Jenderal Purnawirawan Try Sutrisno memiliki dua putra yang berkarier di TNI dan Polri.

Keduanya adalah Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dan Irjen Pol Firman Santyabudi. Karier mereka dapat dibilang moncer.

Mayjen Kunto kini menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad. Ia dilantik oleh Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) kala itu, Jenderal Dudung Abdurrachman pada Juli 2021.

Kunto merupakan lulusan dari Akademi Militer tahun 1992, dari kecabangan Infanteri. Sementara sang adik, Irjen Firman kini menjadi Kepala Korlantas Polri.

barisan jenderal tni dan polri punya adik jabatan mentereng
Irjen Firman ©2021 Merdeka.com

Tak kalah hebat, adiknya ini juga sekian kali dipercaya menduduki berbagai jabatan strategis di kepolisian. Ia pernah menjabat jadi Wadir Lantas Polda Metro Jaya. Lalu, diangkat menjadi Kepala SPN Lido, Polda Metro Jaya pada 2008.

Berselang satu tahun, Irjen Firman ditunjuk menjadi Kapolres Metro Jaksel pada 2009. Beberapa bulan menjabat Kapolres, kemudian Firman dipercaya mengemban amanat sebagai Kasubdit Jianmas Ditlantas Babinkam Polri.

3 dari 4 halaman

Kakak Polisi, Adik Tentara

barisan jenderal tni dan polri punya adik jabatan mentereng
©2021 Merdeka.com

Sosok Brigjen Krishna Murti mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Perwira tinggi Polri ini juga memiliki seorang adik yang bertugas di TNI Angkatan Darat.

Bahkan, sang adik memiliki karier yang tak kalah memukau dengan sang kakak. Diketahui adik Brigjen Krishna pun kini telah Bintang Satu.

Prajurit bernama Mohammad Fadjar ini merupakan lulusan Akademi Militer dari kecabangan Infanteri (Kopassus) tahun 1993. Namanya pun kerap terpampang untuk menjalankan tugas di dalam maupun luar negeri, salah satunya dalam operasi militer di Timor-Timor.

Sejak 9 April 2020, Brigadir Jenderal TNI Mohammad Fadjar mengemban tugas sebagai Danpusdikter Pusterad. Sedangkan jabatan terakhirnya yakni Komandan Korem 031/Wira Bima.

 

4 dari 4 halaman

Adik Panglima TNI Andika Perkasa

Semenjak Jenderal Andika Perkasa resmi dilantik menjadi Panglima TNI, banyak yang menyoroti sosok adik bungsunya. Rupanya adik dari sang Panglima merupakan seorang polisi.

Pria yang bernama Bhirawa Braja Paksa itu merupakan seorang perwira Polisi dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes). Meski dari institusi yang berbeda, tapi sang adik juga tak kalah moncer.

barisan jenderal tni dan polri punya adik jabatan mentereng
©2021 Merdeka.com

Bhirawa merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1993. Sekian kali ia menduduki jabatan strategis di Polri. Sebut saja, ia pernah mengemban amanat sebagai Direktorat Lalu (Ditlantas) Polda Riau.

Kemudian saat masih berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Bhirawa menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tulungagung.

Sebelum ditunjuk menjadi Kabid Propam, Bhirawa pernah menduduki posisi sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Kamsel Korlantas Polri.

Sejak Januari 2021, Kombes Bhirawa diangkat menjadi Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Polda Metro Jaya. Menggantikan Kombes Johannes R.

Selisih usia antara Jenderal Andika dengan adik bungsunya sekira 10 tahun. Bhirawa lahir di Jakarta tanggal 8 Juni 1974. Yang berarti kini ia telah berusia 47 tahun.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini