Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Makmum, Lengkap Disertai Tata Caranya

Senin, 25 April 2022 12:28 Reporter : Mutia Anggraini
Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Makmum, Lengkap Disertai Tata Caranya Salat Idul Fitri 1435 H. ©AFP PHOTO/SONNY TUMBELAKA

Merdeka.com - Bacaan niat sholat idul fitri makmum sesuai anjuran Rasulullah SAW perlu untuk diketahui. Dalam agama Islam, Idul Fitri merupakan hari raya yang paling dinantikan.

Selain identik dengan kue lebaran, silaturahmi, ada salah satu hal yang tak kalah penting untuk menjadi perhatian. Hal tersebut tak lain mengenai sholat Idul Fitri itu sendiri yang dilakukan secara berjamaah.

Secara umum, sholat Idul Fitri merupakan sholat yang memiliki hukum sunnah. Artinya, seorang muslim akan mendapatkan ganjaran lebih dari Allah SWT apabila mengerjakannya.

Terlebih apabila seorang muslim mengerjakan sholat Idul Fitri sesuai dengan tata caranya yang benar. Salah satunya yakni dengan melafalkan bacaan niat sholat Idul Fitri makmum sesuai sunnah Rasulullah SAW.

Lantas, bagaimana sebenarnya bacaan niat sholat Idul Fitri makmum serta imam hingga tata caranya yang perlu diketahui? Melansir dari laman NU Online, berikut ulasan selengkapnya mengenai bacaan niat sholat Idul Fitri makmum.

2 dari 6 halaman

Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri

Sebelum mengetahui bacaan niat sholat Idul Fitri makmum dan imam, penting bagi kita untuk senantiasa memahami beberapa amalan serta sunnah yang dapat dilakukan. Adapun beberapa hal tersebut di antaranya sebagai berikut,

1. Bertakbir

Amalan pertama sebelum menunaikan sholat Idul Fitri yakni bertakbir dan mengagungkan nama Allah SWT. Amalan yang satu ini dapat dikerjakan sejak malam sebelum hari raya hingga menjelang sholat Idul Fitri.

Adapun seorang muslim dapat menambahkan lafal berikut ini di kala mengucap takbir.

Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar. Allahummaghfirlii war hamnii.

Artinya:

"Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku."

ilustrasi mandi

©Shutterstock

2. Membersihkan Diri

Hal yang tak kalah pentingnya dari sholat Idul Fitri ialah menyucikan diri sendiri. Amalan yang satu ini perlu untuk dilakukan untuk membebaskan diri dari hadas besar dan kecil.

Caranya yakni dengan mandi bersih di pagi hari menjelang berangkat sholat Idul Fitri. Disunnahkan pula untuk membasuh kulit kepala atau keramas hingga bersih.

3 dari 6 halaman

3. Mengenakan Pakaian Terbaik

Selain itu, amalan yang dapat dikerjakan sebelum sholat Idul Fitri adalah memilih pakaian terbaik. Disunnahkan bagi setiap muslim untuk mengenakannya di hari raya Idul Fitri.

Meski disunnahkan mengenakan pakaian terbaik, namun hal tersebut tak berarti harus membeli baru. Cukup mengenakan pakaian terbaik untuk bersiap melakukan ibadah hari raya di hadapan Allah SWT.

ilustrasi sholat
©2021 Merdeka.com/pexels-tima-miroshnichenko 

4. Makan Pagi

Sementara itu, makan pagi menjelang keberangkatan juga dianjurkan untuk dilakukan. Sehingga, setelah membersihkan diri, alangkah baiknya bagi setiap muslim untuk menyantap sarapan terlebih dahulu.

Setelah makan pagi, maka seorang muslim dapat mempersiapkan diri untuk menuju ke tempat dilaksanakannya sholat Idul Fitri.

5. Menempuh Jalan Berbeda Saat Pergi & Pulang

Untuk menuju ke tempat ibadah sholat Idul Fitri, seorang muslim dianjurkan untuk berjalan kaki. Ada kemuliaan di hadapan Allah SWT bagi mereka yang mau menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.

Sementara itu, dianjurkan bagi seorang muslim untuk menempuh jalan berbeda antara keberangkatan dengan kepulangan usai sholat Idul Fitri. Sehingga, menghindari jalan yang sama merupakan hal tepat untuk dilakukan.

4 dari 6 halaman

Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Imam

Setelah mengetahui amalan sunnah yang dapat dikerjakan sebelum dan sesudah sholat Idul Fitri, hal selanjutnya yang perlu dipahami dengan baik adalah tata cara sholat Idul Fitri. Selayaknya tata cara sholat lainnya, mengerjakan sholat Idul Fitri pun juga dapat dilakukan seperti biasa.

ilustrasi sholat jumat
tehrantimes.com

Namun, terdapat bacaan niat sholat Idul Fitri yang menjadi pembedanya. Adapun bacaan niat sholat Idul Fitri bagi imam yakni sebagai berikut,

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati ada’an imaman lillahi ta‘ala.

Artinya:

"Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT."

5 dari 6 halaman

Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Makmum

ilustrasi sholat

prayerinislam.com 

Selain imam, umat Islam yang menjadi makmum juga perlu untuk mengetahui bacaan niat sholat Idul Fitri makmum dengan baik. Hampir sama dengan sebelumnya, bacaan niat sholat Idul Fitri makmum yakni berbunyi sebagai berikut,

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati ada’an ma’muman lillahi ta‘ala.

Artinya:

"Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT."

6 dari 6 halaman

Tata Cara Sholat Idul Fitri

ilustrasi sholat jenazah
trtworld.com

Berikut tata cara sholat Idul Fitri yang dilaksanakan dengan 2 rakaat dan ditutup dengan kutbah,

  1. Melafalkan bacaan niat sholat Idul Fitri makmum atau imam.
  2. Melafalkan bacaan dan gerakan takbiratul ihram.
  3. Membaca takbir sebanyak 7 kali dan lafal berikut ini:
  4. Subhanallah wal hamdulillah wa laailaahaillallah wa Allahu Akbar.
  5. Membaca surah Al-Fatihah, yang dilanjutkan dengan membaca surah pendek Alquran.
  6. Melakukan gerakan serta mengucapkan bacaan rukuk.
  7. Melakukan gerakan dan melafalkan bacaan sujud.
  8. Lalu disambung dengan gerakan serta bacaan duduk di antara dua sujud dan seterusnya hingga berdiri lagi memulai rakaat kedua.
  9. Membaca takbir sebanyak 5 kali sambil mengangkat tangan dan di antara setiap takbir disunahkan membaca:
  10. Subhanallah wal hamdulilah wa laailaahaillallah wa Allahu Akbar
  11. Membaca al-Fatihah dan diteruskan membaca surah pendek dari Alquran.
  12. Melakukan gerakan dan bacaan rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, dan tasyahud akhir.
  13. Melakukan gerakan dan melafalkan bacaan salam.
  14. Setelah salam disunahkan untuk mendengarkan kutbah Idul Fitri.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini