Bacaan Menerima Zakat Fitrah dan Artinya, Ketahui Golongan yang Berhak Mendapatkan

Selasa, 11 Mei 2021 09:02 Reporter : Mutia Anggraini
Bacaan Menerima Zakat Fitrah dan Artinya, Ketahui Golongan yang Berhak Mendapatkan Zakat fitrah. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Bacaan menerima zakat fitrah hendaknya diketahui bagi para golongan yang berhak mendapatkannya. Secara umum, bacaan menerima zakat fitrah tentu cukup berbeda dengan bacaan tatkala memberi.

Dalam agama Islam, zakat fitrah sendiri merupakan salah satu amalan yang termasuk rukun Islam. Oleh karena itu, Rasulullah SAW pun mewajibkan para muslimin untuk membayarkan zakat menjelang hari Raya Idul Fitri. Hal itu sebagaimana dalam sebuah hadis yang berbunyi,

"Rasulullah telah mewajibkan mengeluarkan zakat fitrah (pada bulan Ramadan kepada setiap manusia)" (HR. Bukhari dan Muslim).

Bukan sembarang, zakat fitrah tentu terdapat aturan mengenai jumlah hingga golongan yang berhak menerimanya. Bagi mereka yang dapat mengeluarkan zakat fitrah disebut akan memperoleh beberapa keutamaan. Sama halnya bagi mereka yang menerima zakat fitrah, golongan tersebut juga akan mendapatkan rezeki.

Lantas, siapa saja golongan yang berhak mendapatkan dan bagaimana bacaan menerima zakat fitrah sesuai dengan sunnah? Simak ulasan selengkapnya berikut ini seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Selanjutnya: Zakat Fitrah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini