Bacaan Doa Dimudahkan dalam Bersedekah & Niatnya, Bisa Jadi Bekal Setelah Tiada

Jumat, 18 Maret 2022 11:21 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Bacaan Doa Dimudahkan dalam Bersedekah & Niatnya, Bisa Jadi Bekal Setelah Tiada Ilustrasi sedekah . alalam.ir

Merdeka.com - Banyak amalan-amalan agama Islam yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh para muslim dan muslimah. Salah satunya amalan berkaitan dengan sosial. Bahkan, amalan sosial ini mempunyai porsi penilaian lebih banyak jika dibanding dengan amalan pribadi.

Alasannya adalah adanya unsur mendorong sesama makhluk ciptaan Allah SWT untuk lebih berdaya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan bersedekah. Bagi umat Islam, bersedekah tentu bukan menjadi hal yang asing selama menjalani kehidupannya.

Sudah banyak dari umat Islam pun yang bersedekah ke sesama. Mengingat amalan bersedekah akan memberikan begitu banyak manfaat. Mulai dari memperlancar rezeki, menangkal marabahaya hingga mencegah terkena suatu penyakit. Selain itu, sedekah juga bisa menjadi bekal nantinya di akhirat.

Akan tetapi, banyak yang masih belum mengetahui bacaan doa dimudahkan dalam bersedekah. Lantas bagaimana bacaan doa dimudahkan dalam bersedekah dan niatnya agar bisa menjadi bekal setelah tiada?

Melansir dari berbagai sumber, Jumat (18/3), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 4 halaman

Doa Dimudahkan dalam Bersedekah

Adapun bacaan doa dimudahkan dalam bersedekah yang bisa diamalkan oleh Umat Islam adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ وَحُبَّ الْمَسَاكِينِ وَأَنْ تَغْفِرَ لِى وَتَرْحَمَنِى وَإِذَا أَرَدْتَ فِتْنَةَ قَوْمٍ فَتَوَفَّنِى غَيْرَ مَفْتُونٍ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَحُبَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُ إِلَى حُبِّكَ

Allahumma inni as aluka fi'lal khoirat wa tarkal munkarati wa hubbal masakin wa an taghfirli wa tarhamni wa idza aradta fitnata qowmin fatawaffani ghoira maftunin. Allahumma inni as aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wa hubba 'amalin yuqorribu ila hubbika.

Artinya:
"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran serta aku memohon pada-Mu supaya bisa mencintai orang miskin, ampunilah (dosa-dosa)ku dan juga rahmatilah aku. Jika Engkau hendak menguji suatu kaum, maka wafatkanlah aku dalam keadaan tidak tenggelam dalam ujian. Ya Allah, aku memohon agar dapat mencintai-Mu, mencintai orang-orang yang mencintai-Mu dan mencintai amal yang dapat mendekatkan diriku kepada cinta-Mu." [tan]

Baca juga:
Lagi Latihan TNI Ini Enggak Fokus Berbaris, Akhirnya Kena Selang Pelatih
Tak Terima Ditegur Oleh Sang Guru, Siswa Ini Ngambek Pukul Pintu

3 dari 4 halaman

Niat Bersedekah

Setelah mengetahui bacaan doa dimudahkan dalam bersedekah, kini beralih kepada niat bersedekah. Berikut bacaan niat bersedekah yang bisa dihafalkan dan diamalkan:

نَوَيْتُ التَّقَرُّبَ اِلَى اللهِ تَعَالَى وَاتِّقَاءَ غَضَبِ الرَّبِّ جل جلاله وَاتِّقَاءَ نَارِ جَهَنَّمَ وّالتَّرَحُّمَ عَلَى الاخْوَانِ وَصِلَةَ الرَّحِمِ وَمُعَاوَنَةَ الضُّعَفَاءِ وَمُتَابَعَةَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم وَاِدْخَالَ السُّرُوْرِ عَلَى اْلاِخْوَانِ وَدَفْعِ البَلاَءِ عَنْهُ وَعَنْ سَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلاِنْفاَقَ مِمَّا رَزَقَهُ الله وَقَهْرَ النَّفْسِ وَالشَّيْطَانِ

Nawaitut taqoruba ilallahi ta'ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma 'ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu'awanatadh dlu'afai wa mutaba'atan nabiyyi shallallahu 'alaihi wa sallama wa idkholas sururi 'alal ikhwani wa daf'il balai 'anhu wa 'an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

Artinya"
"Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahannam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturrahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi Saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rizki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan."

4 dari 4 halaman

Doa Usai Bersedekah

Tak hanya bacaan doa dimudahkan dalam bersedekah dan niatnya saja. Terdapat bacaan doa yang dianjurkan untuk dibaca usai melakukan sedekah. Adapaun bacaan doa usai bersedekah adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Rabbana taqabbal minna innaka antas sami'ul alim.

Artinya:
"Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Baca juga:
Lagi Latihan TNI Ini Enggak Fokus Berbaris, Akhirnya Kena Selang Pelatih
Tak Terima Ditegur Oleh Sang Guru, Siswa Ini Ngambek Pukul Pintu



Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini