Apakah Wanita Tengah Program Hamil Bisa Vaksin? Ini Kata WHO

Jumat, 29 Oktober 2021 22:10 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Apakah Wanita Tengah Program Hamil Bisa Vaksin? Ini Kata WHO Ilustrasi Hamil. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah hingga saat ini masih gencar memberikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Hampir semua elemen masyarakat sudah bisa menerima vaksinasi. Begitu pula bagi ibu hamil ataupun menyusui.

Namun masih banyak ibu hamil yang ragu untuk di vaksin. Apalagi bagi mereka yang sedang berencana untuk hamil alias program hamil. Tidak perlu khawatir, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperbolehkan ibu hamil atau tengah program hamil untuk mendapat vaksin.

Lantas bagaimana kata WHO tentang hal tersebut? Melansir dari akun resmi Instagram whoindonesia, simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Vaksin Covid-19

"Anda bisa menerima vaksin Covid-19 jika sedang hamil atau berencana untuk hamil," jelas WHO.

Bukan tanpa alasan WHO memperbolehkannya. Wanita hamil rupanya memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi Covid-19 yang berat. Dengan melakukan vaksin, para wanita hamil akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dibanding risiko yang menghantuinya.

Meski begitu, para ibu hamil atau sedang program hamil untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Bicarakan mengenai bagaimana mendapatkan vaksin Covid-19 dengan kondisi saat itu.

Lindungi Bayi dalam Kandungan


Bukan hanya itu saja, para wanita juga harus melindungi dirinya dan bayi selama masa kehamilan bahkan hingga persalinan. Berikut beberapa cara melindungi diri dan bayi selama kehamilan serta persalinan:

  1. Hadir di semua jadwal konsultasi dokter
  2. Berikan riwayat kesehatan secara lengkap
  3. Bertanya serta mengikuti anjuran dari tenaga kesehatan
[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini