Antisipasi Corona Covid-19, Ini 6 Cara Aman Berbelanja di Toko dan Online

Kamis, 9 April 2020 15:15 Reporter : Mutia Anggraini
Antisipasi Corona Covid-19, Ini 6 Cara Aman Berbelanja di Toko dan Online Ilustrasi belanja di supermarket. ©Shutterstock.com/l i g h t p o e t

Merdeka.com - Pandemi corona covid-19 menuntut orang agar terus waspada terkait dengan penyebarannya. Beberapa cara yang diimbau Pemerintah adalah tetap menjaga jarak dengan orang lain hingga bekerja dari rumah.

Untuk dapat memenuhi kebutuhannya seperti makanan, publik harus dipaksa untuk berhadapan dengan risiko penularan corona covid-19.

Tidak perlu cemas, simak enam cara berbelanja aman di toko dan online untuk memenuhi kebutuhan Anda selama pandemi corona:

1 dari 6 halaman

Belanja Makanan

ilustrasi belanja kebutuhan rumah tangga

Â2012 Shutterstock/Dmitriy Shironosov

Mengonsumsi bahan makanan yang sehat dan bersih adalah salah satu cara pencegahan dari penularan virus corona. Sebab, dengan mengonsumsi makanan yang sehat, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat guna menangkal virus.

Maka dari itu, cara yang pertama adalah dengan memastikan untuk selalu menjaga kebersihan bahan makanan yang diperoleh, baik secara langsung dari toko maupun online.

Untuk bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan, Anda perlu mencucinya dengan larutan khusus agar tidak ada kuman, bakteri, dan virus yang hinggap.

Cuci sayuran dan buah-buahan Anda minimal selama 3 menit. Hindari penggunaan sabun dalam mencuci buah dan sayuran. Selain sayuran dan buah-buahan, jaga kebersihan bahan makanan Anda dengan menyemprotkan cairan disinfektan pada wadah bahan makanan tersebut.

Anda dapat membuat cairan disinfektan sendiri dari bahan ekonomis apabila Anda tidak memilikinya di rumah Anda.

2 dari 6 halaman

Belanja Barang Online

juga bisa hemat lho

shutterstock

Tidak hanya bahan makanan yang menjadi kebutuhan Anda sehari-hari. Melainkan juga terdapat banyak kebutuhan lain yang diperlukan.

Sebagai langkah antisipasi, Anda dapat membeli barang yang Anda butuhkan secara online.

Untuk mendapatkan barang yang Anda butuhkan, cukup lakukan prosedur pembelian secara online seperti biasa. Lalu, sarankan kepada petugas yang mengantarkan pesanan Anda untuk meletakkannya di depan pintu rumah.

Setelah Anda mendapatkannya, semprot barang yang telah Anda beli tersebut menggunakan cairan disinfektan terlebih dahulu. Kemudian cuci tangan Anda setelah membuka paket dan memegang barang.

Dengan begitu, maka Anda dapat menurunkan risiko terhadap penularan virus corona yang dapat mengancam jiwa Anda maupun anggota keluarga di rumah.

3 dari 6 halaman

Berencana ke Toko

ilustrasi belanja kebutuhan rumah tangga

Shutterstock/Minerva Studio

Apabila Anda memiliki rencana untuk datang langsung ke toko untuk memenuhi kebutuhan, maka Anda dapat pergi ketika tidak banyak orang yang berada di toko tersebut.

Namun, apabila kondisi tidak memungkinkan dan Anda tetap harus berada di toko yang ramai, maka percepatlah durasi Anda untuk berbelanja dan segera pergi dari toko tersebut.

Anda juga dapat mempersiapkan tindakan pencegahan sebelum pergi berbelanja ke toko seperti mencuci tangan dengan bersih, membawa hand sanitizer dan tisu, atau menggunakan sarung tangan.

4 dari 6 halaman

Cara Mengambil Bahan Makanan

ilustrasi belanja buah

shutterstock.com/Kzenon

Cara aman yang selanjutnya adalah dengan mengambil bahan makanan yang sesuai dengan keperluan Anda tanpa perlu sering menyentuh bahan makanan yang tidak akan Anda ambil.

Beberapa tindakan pencegahan lain juga dapat dilakukan pada bahan-bahan makanan yang memiliki wadah. Anda dapat membersihkan wadah dari bahan makanan tersebut dengan menyemprotkan cairan disinfektan sebelum mengambilnya.

Beberapa wadah yang dapat menjadi media penularan adalah kaleng, botol, gelas, logam, plastik, dan toples. Dengan membersihkannya terlebih dahulu, maka risiko penularan virus corona pun akan dapat dicegah dengan maksimal.

5 dari 6 halaman

Pilih Pembayaran Non-Tunai Saat Belanja di Toko

ponsel

2015 Merdeka.com/shutterstock

Uang disinyalir dapat menjadi perantara dari penularan virus corona. Sebab, penelitian mengungkapkan bahwa virus corona dapat bertahan pada permukaan benda seperti kertas hingga lebih dari 24 jam.

Dilansir dari Liputan6, cara aman selanjutnya untuk berbelanja di toko saat pandemi corona covid-19 adalah dengan memilih sistem pembayaran non-tunai.

Dengan begitu, maka Anda dapat menurunkan risiko penularan virus dengan tidak bersentuhan dengan uang tunai.

6 dari 6 halaman

Mencuci Tangan Setelah Berbelanja dari Toko

cuci tangan

2020 Merdeka.com

Hingga saat ini, mencuci tangan dengan menggunakan sabun merupakan tindakan pencegahan yang dipercaya efektif untuk membunuh virus corona. Sebab, kandungan senyawa yang terdapat pada sabun dapat menghancurkan sel virus corona dengan efektif.

Sebab, penelitian menunjukkan bahwa virus corona memiliki kandungan lemak sebagai pelindung di bagian luarnya.

Maka dari itu, segera cuci tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir sesaat setelah sampai di rumah. Jika Anda tidak dapat menemukan sabun, maka Anda juga dapat menjaga kebersihan tangan Anda menggunakan hand sanitizer yang mengandung 60 persen alkohol.

Caranya, ambil setetes atau satu semprot dari botol lalu gosokkan ke seluruh permukaan tangan hingga kering.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini