9 Protokol Agar Tetap Aman Nonton Bioskop di Pandemi Covid-19

Jumat, 16 Oktober 2020 16:36 Reporter : Billy Adytya
9 Protokol Agar Tetap Aman Nonton Bioskop di Pandemi Covid-19 Ilustrasi bioskop. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Karramba Production

Merdeka.com - Seluruh gedung bioskop di Indonesia diketahui ditutup sejak Maret lalu guna mencegah penyebaran virus corona atau covid-19. Seiring Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, kini bioskop di Jakarta diizinkan beroperasi kembali.

Namun, izin tersebut tentunya diikuti dengan sejumlah aturan ketat, seperti pengelola gedung bioskop harus mendapatkan persetujuan dari Dinas Pariwisata dan Kreatif Jakarta. Utamanya penerapan protokol kesehatan yang wajib dijalankan oleh pengunjung maupun pengelola gedung. Hal tersebut guna mencegah agar tidak tercipta klaster baru di Indonesia.

Bagi Anda warga Jakarta yang sudah merindukan suasana menonton bioskop, terdapat beberapa protokol kesehatan yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah 9 protokol kesehatan yang harus dilakukan pengunjung maupun pengelola gedung:

1. Batas maksimal pengunjung hanya sebanyak 25% dari kapasitas.

2. Memastikan antrean masuk dan keluar dari fasilitas bioskop dijaga ketat dengan menjaga jarak yang baik minimal 1,5 meter.

3. Pengunjung bioskop memiliki rentang usia yakni di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun. Bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta seperti penyakit jantung atau penyakit imunitas rendah serta paru-paru dilarang bioskop.

4. Pengunjung harus dalam kondisi sehat. Tidak ada gejala batuk, demam lebih dari 38 derajat celcius, sakit tenggorokan, pilek atau flu, bersin, atau sesak napas.

5. Selama menonton pengunjung tidak boleh makan dan minum, serta selalu menggunakan masker dari sejak awal hingga selesai.

6. Petugas gedung diwajibkan untuk mengenakan masker, face shield dan sarung tangan.

7. Pembatasan waktu di dalam ruang bioskop tidak lebih dari dua jam.

8. Memperhatikan jarak antar kursi, untuk menghindari kontak antar pengunjung maupun petugas.

9. Pemesanan tiket tidak dilakukan secara fisik, melainkan dengan online. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah pengecekan data guna keperluan tracing apabila ditemukan kasus.

Itu tadi 9 protokol yang wajib diketahui dan harus dilakukan secara ketat oleh para pengunjung serta pengelola bioskop. Semoga informasi tersebut dapat membantu dan dipahami guna mencegah penularan virus corona atau covid-19. [bil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini