9 Cara Menghilangkan Varises, Dijamin Ampuh

Kamis, 28 November 2019 13:55 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
9 Cara Menghilangkan Varises, Dijamin Ampuh ilustrasi kaki. ©www.inspirationail.com

Merdeka.com - Cara menghilangkan varises bisa dilakukan dengan berbagai metode. Varises bisa terjadi di seluruh tubuh yang terdapat pembuluh darah vena. Meski bisa muncul di mana saja, kebanyakan varises muncul di area kaki dan betis.

Varises sendiri merupakan pembengkakan pembuluh darah vena yang disebabkan penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut. Varises ditandai dengan pembuluh darah yang tampak menonjol ke permukaan kulit dan berwarna ungu atau biru gelap.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya varises, seperti riwayat keluarga, usia, kehamilan, obesitas, malas bergerak, dan juga jenis kelamin.

Diketahui wanita akan lebih mudah terkena varises, hal ini dikarenakan faktor hormonal yang bisa jadi alasan. Perubahan hormonal saat menstruasi, kehamilan, dan menopause pada wanita dapat mengendurkan dinding pembuluh darah vena.

Berikut merdeka.com rangkum beberapa cara menghilangkan varises, yang ampuh untuk di lakukan :

1 dari 5 halaman

Minyak Zaitun

Minyak ini memiliki sifat anti inflamasi, tinggi asam lemak dan omega-3 yang bagus untuk membantu menghilangkan varises. Karena, akan membantu mengurangi pembuluh darah yang membesar dan membantu mengaktifkan aliran darah vena. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun setiap hari sebelum tidur ke area varises. Lakukan secara rutin selama beberapa bulan

Minyak Esensial

Minyak esensial dipercaya mampu membantu melancarkan aliran darah, dan mengatasi hormon yang tidak seimbang. Jenis minyak esensial yang bagus untuk membantu menghilangkan varises yang biasanya terbuat dari sejenis pohon cemara, biasanya disebut dengan minyak esensial cypress.

Caranya dengan memijat bagian yang terdapat varises dengan lima tetes minyak esensial ini, dua kali sehari dan rutin dilakukan selama beberapa minggu. Hal ini akan membantu meningkatkan sirkulasi dan memperlancar sistem peredaran darah.

2 dari 5 halaman

Olahraga

Salah satu faktor penyebab munculnya varises adalah tubuh yang jarang melakukan aktifitas fisik alias malas gerak. Dengan rutin berolahraga, akan membantu melancarkan aliran darah sekaligus mengurangi pembengkakan yang terjadi di pembuluh darah vena.

Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan, seperti bersepeda, berenang, lari, dan olahraga untuk betis dan kaki. Berbagai olahraga tersebut dapat membantu meregangkan pembuluh darah di sekitar kaki.

Jaga Berat Badan Ideal

Dalam beberapa kasus, varises terjadi pada orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk itu, penting artinya untuk kita menjaga berat badan agar tetap ideal dengan berolahraga dan menjaga pola makan.

Hindari makanan yang banyak mengandung lemak trans, gula, kafein, alkohol dan makanan cepat saji yang dapat menyebabkan kerusakan arteri.

Perbanyak makanan dengan gizi seimbang dan mengandung karbohidrat, protein, serat, dan lemak baik. Penuhi juga asupan vitamin serta mineral dari sayur dan buah-buahan.

3 dari 5 halaman

Laser

Laser dapat membantu menghilangkan varises yang berukuran kecil. Pancaran sinar dari laser akan membuat pembuluh darah perlahan-lahan memudar. Metode ini harus dilakukan beberapa kali agar varises benar-benar menghilang.

Beberapa efek samping yang bisa terjadi seperti kerusakan pembuluh darah, pembekuan darah dan lain-lain. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengatasi kemungkinan efek samping tersebut.

Skleroterapi

Terapi ini dilakukan dengan menyuntikkan bahan kimia ke dalam pembuluh darah kaki. Bahan kimia bernama sklerosant itu efektif untuk membantu menyempitkan pembuluh darah dan memudarkan varises.

Prosedur ini juga tentunya memiliki efek samping seperti kemungkinan terjadi pembengkakan dan memar di area suntik.

Phlebectomy

Prosedur ini dilakukan dengan memberikan sayatan kecil pada kulit. Di kutip dari hellosehat, dokter bedah vaskular sekaligus direktur Stony Brook Vein Center di Stony Brook Medicine, New York, Antonios Gasparis, MD, mengungkap phlebectomy dapat menghilangkan varises secara permanen.

4 dari 5 halaman

Endoskopi vena

Prosedur ini biasanya dilakukan untuk kasus varises yang parah hingga menyebabkan luka. Dokter akan membuat sayatan di bagian varises, kemudian dilakukan proses pengangkatan dan penutupan pembuluh darah vena yang terkena varises.

Pengelupasan vena

Penanganan dengan metode ini dilakukan dengan mengikat pembuluh vena yang terkena varises sebelum menjalar ke pembuluh vena lainnya. Jika tidak bisa, dokter akan mengeluarkan vena melalui sayatan kecil di kulit.

Biasanya pasien akan diberikan obat bius total selama penanganan dengan prosedur ini

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Varises

Lakukan aktivitas fisik untuk memperlancar aliran darah

Jaga berat badan ideal

Hindari menggunakan pakaian ketat agar tidak membuat varises semakin buruk

Jangan duduk dan berdiri terlalu lama

Bisa menggunakan stocking kompresi untuk membantu melancarkan sirkulasi darah yang lancar

[khu]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini