8 Cara Mengamankan Akun Media Sosial dari Hacker, Ampuh Lindungi Data Pribadi

Selasa, 5 Mei 2020 11:18 Reporter : Mutia Anggraini
8 Cara Mengamankan Akun Media Sosial dari Hacker, Ampuh Lindungi Data Pribadi Illustrasi media sosial. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Bagi sebagian orang, media sosial kini telah menjadi bagian terpenting yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Sebab, media sosial dianggap sebagai media yang dapat memudahkan penggunanya untuk saling menyapa.

Semakin mudahnya berkomunikasi dengan orang lain juga akan semakin meningkatkan risiko pelanggaran terhadap privasi seperti munculnya hacker. Tidak perlu cemas, simak cara mengamankan akun media sosial yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 8 halaman

Password yang Kuat

password

©2014 Merdeka.com

Cara mengamankan akun media sosial yang pertama yaitu dengan memperhatikan kombinasi serta pengaturan password. Sebab, password adalah hal penting pertama yang dapat melindungi data dan privasi Anda di media sosial.

Untuk membuat password media sosial Anda, pastikan untuk tidak menggunakan kombinasi dari kata-kata yang mudah ataupun tanggal lahir Anda. Mungkin saja hal tersebut ingin Anda lakukan lantaran mudah untuk diingat.

Namun, hal itulah yang justru dapat membuat data pada akun media sosial Anda mudah untuk dicuri. Usahakan untuk menggunakan kombinasi huruf dan angka serta huruf kapital untuk memperkuat password Anda.

Dan hal yang patut untuk diperhatikan adalah jangan pernah memberitahukan password Anda kepada siapapun. Sebab, hal tersebut akan meningkatkan risiko akun media sosial Anda untuk di-hack.

2 dari 8 halaman

Penggunaan Password

password

©2014 Merdeka.com

Cara mengamankan akun media sosial yang lain yaitu dengan tetap memperhatikan penggunaan password. Untuk meningkatkan keamanan data pribadi dan privasi Anda pada akun media sosial, ganti password secara berkala.

Dengan melakukan hal ini, maka para hacker akan sulit untuk menembus password yang Anda ganti secara berkala tersebut.

3 dari 8 halaman

Pemilihan Aplikasi dan Website

sosial

©2016 Merdeka.com

Cara mengamankan media sosial yang kedua yakni dengan memilih aplikasi dan website yang terpercaya. Tentu saja hal ini tidak dapat diacuhkan begitu saja.

Sebab, aplikasi dan website yang tidak terpercaya dapat menimbulkan berbagai masalah pada data dan privasi Anda. Selain itu, aplikasi dan website yang tidak terpercaya pada umumnya masih memiliki sistem pengamanan yang belum cukup tinggi untuk melindungi data penggunanya.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan aplikasi dan website yang akan digunakan. Dalam pemilihannya, Anda pun juga harus mampu memahami sistemnya seperti fitur pesan yang sudah terenkripsi dengan baik ataukah belum.

4 dari 8 halaman

Verifikasi Dua Langkah

ilustrasi password

©Shutterstock.com/ Valerie Potapova

Cara mengamankan media sosial berikutnya yakni dengan menggunakan fitur verifikasi dua langkah. Namun, dalam hal ini masih terdapat beberapa media sosial yang belum menambahkan fitur ini sebagai pengamanan data pribadi penggunanya.

Maka dari itu, memilih aplikasi menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Kendati demikian, beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook, Gmail, dan Whatsapp memiliki fitur pengamanan yang satu ini.

Fitur verifikasi dua langkah ini memungkinkan Anda untuk melakukan verifikasi ke akun media sosial setiap kali Anda login. Apabila fitur ini aktif, biasanya kode verifikasi akan dikirimkan melalui sms ataupun email.

5 dari 8 halaman

Penggunaan Perangkat Terpercaya

ilustrasi password

©shutterstock.com/pokchu

Cara mengamankan media sosial selanjutnya yakni dengan memilih serta menggunakan perangkat terpercaya untuk login. Beberapa kasus hack sering terjadi di kala seseorang melakukan login di tempat-tempat publik seperti warnet.

Sebaiknya, hindari untuk melakukan login pada PC yang sering diakses oleh banyak orang. Sebab, dengan login media sosial di tempat publik akan meningkatkan risiko untuk terkena hack lantaran lupa untuk melakukan logout.

Hal lain yang patut dihindari yakni jangan pernah untuk mencentang kotak dialog yang berisikan Ingat Password Ini?. Apabila terpaksa untuk melakukannya, maka hal pertama yang dapat Anda lakukan yaitu ubah password sesegera mungkin.

6 dari 8 halaman

Waspada dengan Pesan dari Orang Asing

ilustrasi email

©Shutterstock.com/ mtkang

Cara mengamankan media sosial keenam yaitu dengan selalu waspada terhadap berbagai pesan yang dikirimkan oleh orang asing. Terlebih, jika isi pesan tersebut berupa link atau URL dengan perintah untuk segera melakukan klik.

Biasanya, link tersebut juga berisi perintah untuk mengirimkan ID beserta password akun media sosial Anda. Hal ini sering dilakukan para hacker untuk mengelabui dengan cara mendesain email palsu yang mirip dengan tampilan email resmi.

7 dari 8 halaman

Log-Out dari Perangkat Umum

ilustrasi komputer

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/gyn9037

Menggunakan perangkat umum adalah salah satu hal yang tidak dapat dihindari. Maka dari itu, cara mengamankan media sosial berikutnya yakni dengan selalu melakukan logout usai menggunakan perangkat umum.

Sebab, para hacker dapat mencuri data pribadi dan privasi Anda dengan mudah lantaran fasilitas umum tersebut dipakai oleh banyak orang yang otomatis akan mengunjungi banyak situs website.

8 dari 8 halaman

Waspada dengan Jaringan

ilustrasi email

©shutterstock.com/ra2 studio

Cara mengamankan media sosial yang terakhir yaitu dengan mewaspadai jaringan yang digunakan sewaktu Anda mengakses internet. Jika memungkinkan, cobalah untuk selalu menggunakan jaringan yang aman.

Hindari untuk melakukan login dengan memasukkan ID dan password saat terhubung dengan hotspot yang rentan disusupi oleh para hacker.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini