8 Cara Menaikkan Trombosit Secara Alami Saat Demam Berdarah Menyerang

Selasa, 3 Desember 2019 11:01 Reporter : Billy Adytya
8 Cara Menaikkan Trombosit Secara Alami Saat Demam Berdarah Menyerang ilustrasi demam berdarah. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Cara menaikkan trombosit secara alami ini sangat penting dilakukan bagi Anda yang sedang mengalami demam berdarah. Penyakit demam berdarah identik dengan berkurangnya trombosit darah dalam tubuh. Sedangkan trombosit sendiri merupakan kepingan sel yang mengalir di dalam badan.

Sel trombosit ini dapat bekerja dengan cara menutupi pembuluh darah yang luka. Dengan membentuk benang fibrin dan membuat luka menutup secara bertahap. Trombosit ini merupakan sel yang memiliki bentuk kepingan bulat dan diproduksi oleh sumsum tulang belakang.

Tanda bahwa seseorang itu sedang mengalami penurunan trombosit biasanya dapat dilihat ketika dia dalam kondisi memiliki luka kecil ataupun besar. Luka yang ada akan relatif lebih lama masa penyembuhannya. Hal ini dapat diartikan bahwa Anda sedang mengalami penurunan trombosit.

Tak hanya membuat demam berdarah saja, ternyata trombosit yang menurun juga dapat membuat Anda terserang tifus. Maka dari itu Anda harus mengetahui cara menaikkan trombosit kembali secara alami dengan memakan makanan bergizi.

Berikutcara menaikkan trombosit secara alami saat demam berdarah menyerang, dari beberapa sumber:

1 dari 8 halaman

Konsumsi Bayam

Bagi Anda yang ingin menaikkan trombosit, bisa melakukannya secara alami dengan mengonsumsi bayam. Dengan begitu bayam akan membuat trombosit Anda naik, karena bayam memiliki vitamin K yang sangat kaya.

Vitamin K ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Cara menaikkan trombosit adalah dengan mengonsumsi daun bayam yang direbus dan menambahkan dua gelas air. Setelah itu Anda bisa merebusnya hingga air menguap dan tersisa sekitar satu gelas, dan minumlah. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin.

2 dari 8 halaman

Kacang-Kacangan

Cara menaikkan trombosit saat demam berdarah menyerang juga bisa Anda lakukan dengan memakan kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah dan jenis kacang lainnya yang mengandung vitamin K dan vitamin D serta fibrinogen. Itu semua membantu proses penyerapan kalsium sehingga dapat menjadi cara Anda menambahkan trombosit yang menurun.

3 dari 8 halaman

Jambu Biji

Sudah menjadi rahasia umum bagi masyarakat bahwa jambu biji ini memiliki khasiat untuk menambah trombosit yang rendah. Jika ada kerabat dekat atau Anda sendiri sedang menderita penyakit yang berhubungan dengan turunnya trombosit maka orang yang menjenguk akan membawakan Anda jus jambu biji atau buah jambu biji.

Jambu biji ini memiliki kandungan vitamin C yang dipercaya dapat membantu Anda menaikkan trombosit. Konsumsilah jambu biji ini secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

4 dari 8 halaman

Biji-Bijian

Menaikkan trombosit juga bisa Anda lakukan dengan menambahkan biji-bijian ke dalam konsumsi sehari-hari. Karena di dalam biji-bijian sudah terkandung vitamin B9. Ini sangat baik untuk digunakan menambah trombosit pada tubuh Anda.

5 dari 8 halaman

Berhenti Konsumsi Makanan Tak Sehat

Dengan berhenti mengonsumsi makanan tidak sehat misalkan seperti junk food, dapat membantu Anda dalam menambah trombosit Anda kembali. Tidak hanya junk food Anda juga harus menghindari konsumsi sesuatu yang tidak sehat seperti makanan dengan olahan minyak, gula halus berlebihan dan minum-minuman beralkohol serta kafein.

Mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat membuat Anda akan kehilangan trombosit, hal ini disebabkan karena terhambatnya produksi trombosit oleh sumsum tulang.

6 dari 8 halaman

Konsumsi Makanan Mengandung Asam Lemak

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membuat Anda bisa menaikkan trombosit dalam darah. Anda dapat menemukan asam lemak omega-3 ini seperti dalam telur atau jenis ikan. Asam lemak omega-3 juga dapat dikonsumsi dalam bentuk minyak ikan. Tak hanya itu, asam omega-3 ini juga dapat meningkatkan serta menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dan menambah jumlah trombosit yang menurun.

7 dari 8 halaman

Banyak Minum Air Putih

Cara ampuh selanjutnya untuk menambah dan menaikkan kadara trombosit darah adalah dengan meminum air putih, akan tetapi Anda harus menambah porsi konsumsinya. Memperbanyak minum air putih dapat membuat produksi sel darah lebih banyak lagi.

Oleh karena itu dengan meminum air putih juga dapat membantu Anda yang sedang kekurang trombosit dalam darah. Jangan lupa untuk selalu meminum air putih secara rutin setiap harinya, karena selain membantu untuk menaikkan trombosit, air putih ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh Anda.

8 dari 8 halaman

Asam Folat dan Vitamin B12

Cara menaikkan trombosit yang bisa Anda lakukan secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat dan juga vitamin B12, antara lain seperti susu, hati ayam, keju, telur, daging kambing dan yang lainnya. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, akan membantu Anda dalam mengatasi masalah kekurangan trombosit.

Anda bisa melakukan cara alami ini dengan rutin akan tetapi jangan berlebihan juga, karena sesuatu apapun yang berlebihan akan kurang baik untuk diri Anda.

Demikianlah cara menaikkan trombosit secara alami dan sangat mudah membantu Anda ketika sedang terserang penyakit demam berdarah. Semoga bermanfaat bagi kesehatan Anda dan selamat mencobanya.

[bil]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini