7 Makanan dan Minuman Ini Bikin Kulit Rusak, Harus Dihindari

Selasa, 19 November 2019 16:11 Reporter : Billy Adytya
7 Makanan dan Minuman Ini Bikin Kulit Rusak, Harus Dihindari Kebiasaan tidak sehat di kantor. thehealthsite.com

Merdeka.com - Makanan dan minuman tak semuanya aman kita konsumsi dengan jumlah banyak, karena akan mempengaruhi kondisi kesehatan kulit salah satunya. Beberapa makanan dan minuman yang menurut kita aman dikonsumsi ternyata belum tentu aman bagi kesehatan.

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling menonjol, memiliki kulit sehat, mulus tentunya menjadi keinginan semua orang. Namun waspadalah, Anda perlu melacak jika tiba-tiba kulit sudah tidak sehat bahkan rusak. Ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi kerusakan kulit tanpa disadari.

Salah satu faktor negatif yang selama ini belum diketahui adalah pola makan yang buruk. Hal ini menyangkut dengan apa saja yang Anda konsumsi, baik makanan maupun minuman. Jika pola makan yang buruk tetap Anda lakukan, dapat berdampak langsung bagi kesehatan kulit.

Makanan dan minuman yang terlihat enak dan lezat bahkan selama ini Anda mengira itu sangat aman dikonsumsi, justru sebenarnya adalah makanan dan minuman yang sangat berbahaya. Untuk mengetahuinya, berikut 6 makanan dan minuman yang dapat merusak kulit:

1 dari 6 halaman

Garam

Garam merupakan penyebab utama dehidrasi kulit terjadi. Sedangkan garam selalu kita temukan dihampir semua makanan yang kita makan. Jika Anda tidak ingin terjadi kerusakan pada kulit Anda, dan ingin menjaganya agar selalu tetap sehat, mulailah untuk mengurangi konsumsi garam mulai sekarang.

Jika Anda memasak, gunakan bumbu resep bebas garam untuk makanan Anda, atau jika sedang makan di luar, Anda bisa pesan pada koki restoran untuk tidak menambahkan garam dalam masakan yang dipesan.

2 dari 6 halaman

Daging olahan

Daging olahan memiliki kadar lemak dan juga natrium sangat tinggi. Hal ini bisa menjadi sangat berbahaya bagi kulit. Natrium ekstra menyebabkan retensi air, pada akhirnya dapat menyebabkan pembengkakan pada wajah.

Sebuah penelitian baru juga menunjukkan, natrium nitrat yang ditemukan dalam banyak cara pengolahan akan menyebabkan kolagen dan elastisitas. Hal tersebut dapat menyebabkan penuaan dini.

3 dari 6 halaman

Makanan pedas

Hingga saat ini memang para peneliti belum mendeteksi mengapa makanan pedas dapat membuat kondisi kulit memerah. Tetapi mereka sudah melakukan penelitian melalui kondisi seperti jerawat dan rosacra.

Kondisi ini bisa menjadi indikasi terlalu banyak rasa panas pada sistem tubuh Anda. Ketika mengonsumsi makanan pedas akan semakin memperburuk kondisi ini.

Jika Anda memiliki masalah kulit, sebaiknya sudah menghindari makanan pedas dengan cara apapun. Dengan begitu, kulit Anda tidak akan tersiksa.

4 dari 6 halaman

Air Mineral Botol

Dengan mengonsumsi air mineral botol terlalu sering juga menjadi salah satu penyebab rahasia di balik timbulnya jerawat. BPA atau bahan kimia yang digunakan dalam mengeraskan wadah makanan atau minuman plastik, pada dasarnya adalah estrogen sintesis yang dapat bertindak menjadi hormone dalam tubuh, sehingga menyebabkan masalah pada kulit terkait hormon.

5 dari 6 halaman

Kopi

Banyak sekali orang selalu mengawali harinya dengan secangkir kopi di saat pagi. Ritual ini ternyata sebenarnya dapat membahayakan kulit Anda. Kopi dapat menguras seluruh hidrasi dalam tubuh Anda, termasuk pada kulit Anda.

Hal ini akan menyebabkan garis-garis halus pada wajah akan terlihat, sehingga akan terlihat penuaan terjadi. Jika Anda tidak bisa meninggalkan kebiasaan Anda di pagi hari itu, maka selalu imbangi dengan segelas air putih untuk menggantikan bagian hidrasi yang hilang.

Minuman beralkohol

Minuman beralkohol juga salah satu penyebab kulit Anda rusak, karena dia akan menyebabkan kulit mengalami hidrasi. Hal ini membuat kulit Anda terlihat cekung dan kehilangan cairan karena dehidrasi. Akan tetapi dengan mencampurkan sedikit air atau lainnya dalam minuman beralkohol, akan sedikit mengurangi resiko mendapat efek kulit kering yang berbahaya bagi kulit.

6 dari 6 halaman

Nasi putih

Tahukah Anda nasi putih sebenarnya memiliki dampak bahaya bagi kulit? Ya hal ini disebabkan karena nasi putih menempati peringkat tinggi pada indeks glikemik dan sangat tinggi gula. Kandungan gula yang sangat tinggi membuat sisa-sisa zat yang tidak diambil oleh hati akan berakhir pada kolagen Anda. Hal ini menyebabkan terjadinya peradangan kulit yang intens.

Itu tadi merupakan makanan dan minuman yang sebenarnya berbahaya bagi kesehatan kulit Anda.

[bil]
Topik berita Terkait:
  1. Makanan Dan Minuman
  2. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini