6 Minuman Penurun Risiko Diabetes yang Jarang Diketahui

Senin, 9 Desember 2019 14:26 Reporter : Billy Adytya
6 Minuman Penurun Risiko Diabetes yang Jarang Diketahui Diabetes. © Urbanpost.it

Merdeka.com - Minuman penurun risiko diabetes ini memang jarang diketahui. Pada dasarnya semua orang memiliki risiko terkena diabetes, karena penyakit ini tidak memandang usia, baik tua maupun muda, baik yang memiliki keturunan maupun tidak.

Diabetes dapat menyerang siapa saja termasuk Anda. Faktanya, seseorang dapat terkena diabetes jika memiliki pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Untuk itu, Anda sebaiknya mulai menjaga pola hidup dan makan Anda.

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi saat pankreas tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah cukup, atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang sudah dihasilkannya. Jadi ada beberapa cara sebenarnya untuk mengolah diabetes maupun meminimalisir risiko terkena diabetes.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan diet sehat dan mengonsumsi minuman dengan kandungan kalori rendah, ini sangat disarankan juga bagi Anda yang menderita diabetes. Minuman dengan rendah kalori ini sangat disarankan karena mampu mencegah melonjaknya kadar gula dalam tubuh Anda. Hal itu telah disampaikan oleh The American Diabetes Association.

Berikut merupakan rangkuman Merdeka.com tentang minuman penurun risiko diabetes yang jarang diketahui, untuk Anda:

1 dari 6 halaman

Teh Akar Manis

Minuman penurun risiko diabetes yang pertama adalah teh akar manis. Dilansir dari Boldsky.com, teh ini dikenal sebagai ramuan yang memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk menurunkan kadar gula darah.

Mengonsumsi ekstrak akar manis memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi risiko diabetes, hal ini telah ditunjukkan pada suatu penelitian.

2 dari 6 halaman

Kopi

Kopi juga dapat Anda konsumsi agar mengurangi risiko terkena diabetes. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang meminum dua hingga tiga cangkir kopi per hari, dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Komponen aktif seperti asam kuinat, asam klorogenat, lignan secoisolariciresinol dan trigonelin yang terkandung dalam kopi dipercaya dapat meningkatkan metabolisme glukosa dalam tubuh Anda. Tentu saja ketika mengonsumsi kopi, jangan menambahkan gula atau pemanis lainnya.

3 dari 6 halaman

Air Putih

Tidak diragukan lagi betapa kaya khasiatnya air putih bagi tubuh manusia. Bagi Anda penderita diabetes memang sangat diharuskan untuk meminum air putih yang cukup untuk membantu menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin.

Penelitian mengungkapkan dengan meminum air putih dalam jumlah yang lebih banyak akan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Untuk wanita dianjurkan meminum 9 gelas air dan pria meminum air putih sebanyak 13 gelas, hal ini telah dianjurkan oleh Institute of Medicine.

4 dari 6 halaman

Susu

Sebuah penelitian telah dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition dan menemukan hasil, mengonsumsi susu ketika di usia remaja dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Hal ini membuat susu dapat Anda konsumsi untuk penurun risiko diabetes. Konsumsilah susu secara teratur, agar Anda dapat terhindar dari bahaya diabetes tipe 2.

5 dari 6 halaman

Teh Hijau

Minuman penurun risiko diabetes selanjutnya adalah teh hijau. Teh ini memang dikenal sebagai teh yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit secara alami. Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hijau ini dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena anti-oksidan polifenol yang terkandung di dalamnya. Bagi Anda penderita diabetes disarankan untuk meminum teh hijau ini karena membantu fungsi sistem metabolisme agar menjadi lebih baik.

6 dari 6 halaman

Infused Water

Air putih yang di dalamnya diisi dengan irisan buah seperti jeruk, lemon atau beri biasa kita kenal dengan infused water. Ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan memiliki nol kalori. Sebuah studi menunjukkan, menambahkan lidah buaya ke dalam air dapat bermanfaat bagi Anda penderita diabetes, karena lidah buaya mempunyai sifat anti-diabetes.

[bil]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini