6 Manfaat Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh, Cocok Dikonsumsi saat Pandemi Covid-19

Minggu, 24 Mei 2020 10:11 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
6 Manfaat Kiwi Bagi Kesehatan Tubuh, Cocok Dikonsumsi saat Pandemi Covid-19 Ilustrasi kiwi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Manfaat kiwi bagi kesehatan tubuh ada beragam. Buah yang memiliki kulit berwarna cokelat ini mengandung sejumlah vitamin serta senyawa lainnya yang baik bagi tubuh. Mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam folat, asam amino hingga antioksidan.

Kiwi kini telah menjadi salah satu buah favorit masyarakat. Buah yang menyerupai sawo ini memberikan sensasi menyegarkan dengan tekstur yang lembut. Terlebih dengan adanya beragam vitamin, buah kiwi mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Melansir dari beberapa sumber, simak ulasan informasi manfaat kiwi bagi kesehatan tubuh berikut ini.

1 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi dalam Membantu Pencernaan

Manfaat kiwi yang pertama yakni mampu membantu pencernaan. Sebab, buah kiwi mengandung serat yang cukup tinggi di dalamnya. Selain itu, buah kiwi juga mengandung enzim proteolitik yang disebut dengan aktinidin. Enzim ini dikenal memiliki sifat pelarutan protein.

ilustrasi sakit perut

©iStockphoto

Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak buah kiwi mampu meningkatkan pencernaan serta menjaga dari masalah pencernaan. Menariknya, dengan mengonsumsi buah kiwi mampu membantu kalian yang tengah menjalankan program diet secara efektif. Ya, diet dengan buah kiwi dipercaya efektif dan ampuh dalam menurunkan berat badan, menjaga tetap stabil hingga mencegah obesitas.

2 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi dalam Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kiwi rupanya juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan vitamin C di dalam buah kiwi. Vitamin C sendiri dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga bisa membantu tubuh dalam menangkal suatu penyakit.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Jurnal Fisiologi dan Farmakologi Kanada menunjukkan, buah kiwi mampu memperkuat kekebalan. Selain itu, buah yang berbentuk seperti sawo ini juga bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit flu atau pilek.

3 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi dalam Mengatasi Insomnia

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Nutrisi Klinis Asia Pasifik mengungkapkan, buah kiwi terbukti mampu mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Hal ini lantaran buah kiwi mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Menurut Taipe Medical University, kandungan antioksidan serta serotonin pada buah kiwi juga mampu menenangkan pikiran dari stres. Sehingga seseorang bisa lebih mudah untuk terlelap.

9 penyebab insomnia dan gejalanya

©2020 Merdeka.com

Jika kalian kerap kali mengalami insomnia, ada baiknya mulai mengonsumsi buah kiwi secara rutin. Baik di pagi hari maupun di malam hari sebelum tidur. Jus buah kiwi bisa menjadi salah satu alternatif kalian untuk bisa tidur terlelap tanpa adanya efek samping.

4 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi dalam Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kiwi berikutnya yakni mampu mengurangi penyakit jantung. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah kiwi inilah yang bisa berperan dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Buah kiwi juga mampu menjaga keseimbangan elektrolit dengan menangkal efek natrium.

Sebab, buah kiwi memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi. Bisa dikatakan, buah kiwi dikenal secara efektif sebagai salah satu buah yang berguna sebagai pengencer darah alami. Karena, buah kiwi mampu mengurangi terjadinya penggumpalan darah.

5 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi dalam Mengobati Asma

Buah kiwi juga bermanfaat dalam mengatasi penyakit asma. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada buah kiwi inilah yang membuatnya mampu mengobati asma. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang menderita asma sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah kiwi. Sebab, buah yang berbentuk seperti sawo ini akan memberikan efek menguntungkan pada fungsi paru-paru.

ilustrasi asma

©Shutterstock/Ilike

Dalam sebuah studi lainnya pada tahun 2000 mengungkapkan, seseorang yang rajin mengonsumsi buah segar termasuk buah kiwi secara teratur mampu merasakan dampak positif pada paru-paru. Itulah mengapa buah kiwi dapat membantu mengurangi mengi pada anak-anak yang terkena asma.

6 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi Bagi Penderita Diabetes

Manfaat buah kiwi juga bisa dirasakan oleh para penderita diabetes. Penyakit diabetes merupakan sebuah kondisi di mana tubuh kehilangan kemampuan dalam mengendalikan kadar gula darah. Kadar gula yang tidak stabil justru dapat membahayakan kesehatan tubuh. Maka dari itu, para penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengatur pola makannya. Tujuannya agar kadar gula darah tidak mengalami kenaikan yang drastis.

Mengatur pola hidup sehat bisa dengan memulai kebiasaan untuk mengonsumsi sayur dan buah. Salah satu buah-buahan yang dianjurkan bagi penderita diabetes yakni buah kiwi. Sebab, buah kiwi memiliki indeks glikemik yang rendah. Sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita. Selain itu, buah kiwi juga tidak akan membuat kadar gula darah meningkat dengan cepat.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini