6 Khasiat Buah Delima bagi Kesehatan, Bantu Kurangi Kolesterol Jahat & Cegah Kanker

Kamis, 17 Februari 2022 10:01 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
6 Khasiat Buah Delima bagi Kesehatan, Bantu Kurangi Kolesterol Jahat & Cegah Kanker Ilustrasi buah delima. Shutterstock/tab62

Merdeka.com - Berbagai macam khasiat buah delima bisa dirasakan oleh tubuh. Khasiat buah delima tidak perlu diragukan lagi. Buah dengan nama latin Punica granatum ini mempunyai begitu banyak nutrisi penting bagi tubuh. Mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K hingga folat.

Selain itu, buah delima juga memiliki kandungan mineral seperti magnesium, kalium, tembaga, zinc, antioksidan polifenol termasuk kantosianin. Buah berwarna merah ini adalah salah satu jenis buah yang masuk dalam kelompok berry. Karena rendah kalori dan lemak, buah delima relatif aman dikonsumsi setiap harinya. Terlebih mengingat berbagai macam khasiat buah delima yang bisa diperoleh untuk kesehatan tubuh.

Lantas apa saja khasiat buah delima bagi kesehatan tubuh? Melansir dari berbagai sumber, Kamis (17/2), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 7 halaman

Meningkatkan Daya Ingat

buah delima

©2012 naturalposts.com

Khasiat buah delima yang pertama adalah mampu membantu meningkatkan daya ingat. Sebuah studi yang dilakukan pada pasien bedah menunjukkan, 2 gram ekstrak buah delima mampu membantu mencegah penurunan memori pasca operasi.

Sementara itu, studi lain dilakukan pada 28 orang dewasa di kelompok usia senja dengan keluhan mengalami penurunan daya ingat. Hasilnya, 8 ons atau 237 ml jus buah delima yang dikonsumsi setiap hari terlihat mampu meningkatkan penanda memori verbal dan visual secara signifikan.

Kemudian, terdapat sebuah studi yang dilakukan terhadap tikus. Hasilnya juga menunjukkan buah delima mampu membantu tikus melawan penyakit Alzheimer.

3 dari 7 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

Khasiat buah delima yang kedua yaitu membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat memicu penyakit lain yang lebih serius. Bahkan, hipertensi atau tekanan darah tinggi ini merupakan salah satu pemicu utama serangan jantung dan stroke.

Sebuah penelitian dilakukan terhadap pasien hipertensi. Setelah mengonsumsi 5 ons atau 150 ml jus buah delima setiap hari selama dua minggu, tampak terjadi penurunan tekanan darah yang signifikan.

Penelitian lain juga menemukan efek serupa. Khususnya terhadap tekanan darah sistolik yang merupakan angka yang lebih tinggi dalam pembacaan tekanan darah. [tan]

Baca juga:
Potret Cantik Ellaine Dhany Istri AKBP Dhany Aryanda, Mertuanya Pensiunan Jenderal
Mendengar Anak Buahnya Diancam Pakai Pistol, Bus PO Haryanto Ngamuk 'Gua Buru'

4 dari 7 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

Melansir dari Alodokter, khasiat buah delima yang ketiga adalah membantu mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi minimal 200 ml jus buah delima setiap hari selama 3 bulan mampu menurunkan gejala iskemia akibat penyempitan pembuluh darah jantung.

Tak hanya itu, buah delima juga bagus bagi kesehatan jantung. Hal ini karena buah delima mampu membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, buah delima juga dapat membantu mencegah pembentukan sumbatan pada pembuluh darah.

Dengan mengonsumi buah delima, aliran darah dari dan ke jantung akan tetap lancar. Aliran darah pada pembuluh darah di seluruh tubuh juga akan tetap lancar.

5 dari 7 halaman

Mencegah Penyakit Kanker

ilustrasi pohon buah delima

©Shutterstock/Shchukin Igor

Buah delima dipercaya mampu menghambat tumbuhnya sel kanker. Khususnya kanker kulit, kanker paru, kanker payudara dan kanker prostat. Hal ini mengingat buah delima mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Bukan hanya untuk melawan radikal bebas, antioksidan tersebut juga mampu memperbaiki serta mencegah kerusakan DNA. Di mana hal itu dapat memicu munculnya sel kanker dalam tubuh.

Jus buah delima mampu memberikan dampak positif terhadap kesehatan tubuh. Apalagi dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Akan tetapi jika jus buah delima dikonsumsi secara rutin serta diimbangi dengan diet seimbang.

Baca juga:
Potret Cantik Ellaine Dhany Istri AKBP Dhany Aryanda, Mertuanya Pensiunan Jenderal
Mendengar Anak Buahnya Diancam Pakai Pistol, Bus PO Haryanto Ngamuk 'Gua Buru'

6 dari 7 halaman

Mengurangi Risiko Radang Sendi

Buah delima dipercaya mampu mengatasi peradangan pada sendi karena mempunyai efek antiradang. Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak buah delima memiliki kandungan senyawa yang mampu melawan kerusakan sendi. Khususnya pada pasien penderita osteoarthritis.

Meski begitu, hasil tersebut masih sebatas penelitian terhadap binatang. Sehingga masih membutuhkan studi atau penelitian lebih lanjut.

Agar mendapatkan tubuh yang sehat, tentu mengonsumsi buah delima saja tidak lah cukup. Sangat dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan sehat. Selain itu juga diimbangi dengan rajin olahraga dan pengelolaan stres yang baik.


7 dari 7 halaman

Mengurangi Kolesterol Jahat

Khasiat buah delima yang selanjutnya adalah membantu mengurangi kolesterol jahat. Kandungan antioksidan dalam buah delima inilah yang berperan penting dalam mengurangi kolesterol jahat.

Sejumlah penelitian menyatakan, buah dan sayur yang mengandung antioksidan serta serat yang tinggi mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Namun, beberapa penelitian masih belum menunjukkan data yang konsisten dalam mengkaji khasiat buah delima untuk menurunkan kolesterol. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk bisa membuktikan validitasnya.

Baca juga:
Potret Cantik Ellaine Dhany Istri AKBP Dhany Aryanda, Mertuanya Pensiunan Jenderal
Mendengar Anak Buahnya Diancam Pakai Pistol, Bus PO Haryanto Ngamuk 'Gua Buru'

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini