5 Tips Aman Saat Ambil Uang di ATM, Dijamin Aman

Jumat, 22 November 2019 15:29 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
5 Tips Aman Saat Ambil Uang di ATM, Dijamin Aman Ilustrasi ATM. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Di era modern sekarang ini, masyarakat pasti tidak bisa lepas daripenggunaan ATM atau Anjungan Tunai Mandiri. Sebab, membawa uang cash terlalu banyak tentu tidak aman jika dibawa bepergian. Untuk itu, biasanya orang menyimpan uang nya di bank dan mengandalkan mesin ATM untuk mengambil uang sesuai keperluannya setiap saat.

Tetapi, sekarang ini orang-orang yang bertransaksi di mesin ATM lebih berpotensi jadi sasaran pelaku kejahatan. Kejadian seperti ini kerap terjadi beberapa tahun belakangan ini.

Untuk menghindari hal itu, berikut tips aman saat mengambil uang di mesin ATM :

1 dari 5 halaman

Ambil Uang di Mesin ATM yang Ada Petugas Keamanan

di mesin atm yang ada petugas keamanan rev2

Melakukan transaksi di mesin ATM yang berlokasi di dekat bank meminimalisir kita menjadi sasaran kejahatan. Hal ini di karenakan biasanya ada petugas keamanan yang berjaga selama 24 jam di area bank. Mengambil uang di mesin ATM yang berada di dalam Supermarket juga mengurangi potensi kejahatan yang bisa terjadi.

2 dari 5 halaman

Tutupi Tombol Nomor PIN

nomor pin rev2

Saat mengambil uang di mesin ATM usahakan untuk selalu menutupi papan nomor dengan tangan agar tidak terlihat orang lain. Jika ada orang yang mengaku sebagai petugas dari pihak bank dan meminta nomor PIN, jangan pernah percaya dan memberikan kode PIN tersebut.

3 dari 5 halaman

Ganti nomor PIN secara berkala

Mengganti PIN secara berkala merupakan tindakan antisipatif yang ampuh. Berikut langkah untuk mengganti PIN di mesin ATM :

  • Masukkan kartu ATM ke mesin
  • Masukkan PIN
  • Pilih menu Transaksi Lainnya
  • Pilih menu Ubah PIN
  • Masukkan 6 digit PIN baru
  • Setelah itu, nanti muncul di layar kalau ubah PIN berhasil
4 dari 5 halaman

Ketahui Nomor Call Center Bank

call center bank rev1

Ketika terjadi masalah dengan mesin ATM yang sedang digunakan, yang harus di lakukan pertama ialah menghubungi call center bank yang nomornya biasa tertera di mesin ATM. Jangan percaya dengan siapapun yang menawarkan bantuan saat ATM tertelan atau terjadi masalah. Lebih baik hubungi dulu call center dan minta solusi terbaik.

5 dari 5 halaman

Ajak Teman

Apabila akan mengambil uang dalam jumlah yang banyak, usahakan untuk meminta bantuan teman untuk menemani. Hal ini lebih aman di bandingkan anda mengambil uang sendirian.

[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini