5 Manfaat Rahasia Lengkuas yang Jarang Diketahui

Selasa, 3 Desember 2019 11:55 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
5 Manfaat Rahasia Lengkuas yang Jarang Diketahui ilustrasi lengkuas. ©2015 Merdeka.com/shesimmers.com

Merdeka.com - Lengkuas merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang berasal dari Asia. Tanaman lengkuas merupakan tanaman rempah anggota keluarga zingiberaceae, bersama jahe. Kebanyakan, lengkuas digunakan untuk penyedap masakan yang populer digunakan di berbagai negara di Asia.

Ternyata, lengkuas mengandung beberapa vitamin dan mineral yang memiliki banyak manfaat. Selain digunakan sebagai penyedap rasa, lengkuas juga dipercaya mampu membantu mengobati infeksi, mengurangi peradangan, dan membantu memerangi kanker.

Berikut merdeka.com merangkum manfaat lengkuas yang jarang diketahui:

1 dari 5 halaman

Sumber Antioksidan

Lengkuas merupakan rempah yang kaya akan kandungan antioksidan, merupakan senyawa yang mampu melindungi sel-sel dari virus radikal bebas. Kandungan polifenol yang ada juga bermanfaat untuk meningkatkan memori, dan menurunkan gula darah serta kolesterol.

2 dari 5 halaman

Melawan Peradangan

Akar lengkuas dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan penyakit.Faktanya, tanaman dari keluarga Zingiberaceae, termasuk lengkuas, tampak mengurangi rasa sakit, gejala peradangan yang umum terjadi

3 dari 5 halaman

Melindungi dari Infeksi

Lengkuas mengandung ekstrak minyak atsiri yang dapat melawan berbagai mikroorganisme. Maka, hal ini yang membuat lengkuas dapat memperpanjang umur simpan makanan tertentu. Juga dapat mengurangi risiko vibriosis, infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Kesuburan Pria

Meski belum ada penelitian lebih lanjut, di lansir dari healthline lengkuas mampu meningkatkan kesuburan pada pria. Dalam sebuah penelitian pada hewan, jumlah dan jumlah sperma meningkat pada tikus yang diberi ekstrak lengkuas

5 dari 5 halaman

Melindungi dari Beberapa Kanker

Lengkuas dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker. Hal ini dikarenakan lengkuas mengandung senyawa aktif yang dikenal dengan galangin yang dapat membunuh sel kanker atau mencegahnya untuk menyebar. Senyawa tersebut diyakini mampu memerangi sel kanker payudara, saluran empedu, hati, dan kulit. Hal ini tentunya perlu dilakukan penelitian tambahan untuk mengetahui manfaat lengkuas lebih dalam.

[khu]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini