5 Makanan Lemak Sehat yang Wajib Dikonsumsi Sekali Seminggu

Selasa, 3 Desember 2019 11:51 Reporter : Billy Adytya
5 Makanan Lemak Sehat yang Wajib Dikonsumsi Sekali Seminggu Ilustrasi makanan lemak sehat. shutterstock

Merdeka.com - Makanan lemak sehat perlu dikonsumsi oleh sebagian wanita. Bagi Anda yang merasa diet, bukan berarti Anda tidak akan mengonsumsi lemak apapun. Paling tidak Anda harus mencukupi lemak baik Anda.

Bukan tidak membutuhkan lemak sama sekali, butuh kita juga perlu asupan lemak, akan tetapi bukan lemak jahat yang perlu kita konsumsi, melainkan sebaliknya. Makan makanan yang berlemak akan selalu membuat Anda gemuk?

Jawabannya adalah tidak, karena itu semua tergantung pada lemak apa yang kita konsumsi selama ini dan berapa jumlahnya. Lemak ini sebenarnya sangat penting bagi tubuh kita, tidak semua lemak baik, namun ada beberapa lemak yang sebenarnya baik dikonsumsi oleh tubuh Anda.

Bukan soal membeda-bedakan lemak yang berasal dari tumbuhan ataupun hewan. Yang menjadi perbedaan adalah jenis lemak tersebut, termasuk lemak jenuh atau tak jenuh. Ada baiknya Anda mengonsumsi lemak yang berasal dari sayuran dan buah karena mengandung lemak tak jenuh.

Bagi Anda yang sedang melakukan proses diet, konsumsilah lemak-lemak yang baik untuk tubuh Anda. Berikut adalah makanan lemak sehat yang wajib Anda konsumsi sekali seminggu yang sudah Merdeka.com rangkum dari berbagai sumber:

1 dari 5 halaman

Ikan berlemak

Ikan yang mempunyai lemak baik seperti salmon sangat baik dan luar biasa untuk kesehatan Anda. Omega-3 yang terkandung dapat mencegah Anda terkena penyakit jantung dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Anda bisa mendapatkan ikan salmon ini di supermarket terdekat, namun ikan ini memang dijual dengan harga sedikit mahal karena khasiatnya yang baik bagi kesehatan.

2 dari 5 halaman

Kacang

Kacang juga memiliki peran penyumbang lemak baik untuk tubuh Anda. Namun jenis kacang apa yang paling baik dikonsumsi? Kacang apa saja boleh Anda konsumsi untuk dijadikan penyumbang lemak baik.

Kacang kenari merupakan kacang yang sangat bagus untuk kesehatan otak dan dapat mencegah masalah penyakit jantung kardiovaskular. Kacang almond mengandung antioksidan yang juga baik untuk kesehatan Anda. Pastika Anda mengonsumsi kacang murni tidak digoreng.

3 dari 5 halaman

Alpukat

Buah satu adalah buah yang dapat Anda dapatkan dengan mudah. Seringkali buah alpukat dijadikan jus. Alpukat ternyata memiliki vitamin dan asam lemak tak jenuh yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Ini sangat bagus untuk dijadikan teman sarapan Anda.

4 dari 5 halaman

Yoghurt Murni

Makanan lemak baik selanjutnya yang harus Anda konsumsi adalah yoghurt murni. Ternyata yoghurt ini memiliki kandungan lemak yang tinggi di dalamnya. Dengan mengonsumsi yoghurt dapat membantu dalam meningkatkan pencernaan karena probiotik sehat. Tidak hanya itu, ini juga dapat membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5 dari 5 halaman

Minyak Kelapa

Minyak kelapa ini juga termasuk makanan dengan kandungan asam lemak baik. Minyak kelapa adalah yang paling sehat dari minyak-minyak lainnya ketika digunakan dalam memasak. Anda bisa menggunakan minyak kelapa ini untuk menggoreng.

Anda bisa mengonsumsi minyak kelapa ini dengan olahan oatmeal agar lebih sehat dan tetap mencukupi kebutuhan lemak yang dibutuhkan tubuh. Minyak kelapa ini juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga tubuh Anda.

Demikianlah makanan lemak yang wajib Anda konsumsi sekali dalam seminggu, karena sangat penting bagi mencukupi lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Semoga bermanfaat bagi kesehatan Anda, selamat mencoba!

[bil]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini